Payudara Terasa Sakit Apa Penyebabnya?

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Payudara Terasa Sakit Apa Penyebabnya?

Payudara memberikan kesempurnaan bentuk tubuh pada wanita. Kesehatan payudara wanita juga perlu dijaga karena bagian tersebut juga rentan menimbulkan gejala terutama nyeri. Nyeri pada payudara dapat terjadi di beberapa bagian payudara bergantung dari gejalanya. 

Penyebab Payudara Terasa Sakit

Rasa sakit dapat timbul secara langsung dan disertai gejala lain yang memicu suatu penyakit. Payudara yang sakit tentu didasari oleh faktor penyebab. Penyebab payudara sakit dapat timbul dari dalam atau dari luar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

1. Infeksi

Infeksi pada daerah payudara menyerang kelenjar getah bening dan kelenjar rambut yang dapat menimbulkan bengkak dan nyeri. Nyeri di payudara akibat infeksi juga dapat terjadi bersamaan dengan keluarnya cairan di puting susu akibat perkembangan infeksi. 

Contoh penyakit yang disebabkan infeksi payudara yaitu mastitis. Ini terjadi karena air susu ibu yang tidak keluar dari payudara. Gejala lain yang timbul yaitu demam, cepat lelah, dan kemerahan pada payudara. 

2. Menstruasi

Masa menstruasi merupakan masa penting untuk menilai kesuburan organ pada wanita. Tetapi masa menstruasi ternyata dapat menimbulkan gejala nyeri terutama daerah perut dan payudara. 

Efek ini disebabkan adanya peningkatan kadar hormon pemicu menstruasi. Ini merupakan keadaan normal yang terjadi pada beberapa wanita. Untuk mengurangi rasa nyeri pada perut dan payudara dapat diberikan obat pereda nyeri.

3. Pakaian dalam yang terlalu ketat

Pakaian dalam atas wanita atau bra juga turut menjadi sumber nyeri payudara bila ukuran bra yang digunakan tidak sesuai dengan ukuran payudara anda.

Selain ukuran yang terlalu sempit, bahan yang digunakan juga mempengaruhi kualitas  bra sehingga pada beberapa kondisi nyeri pada puting susu dan permukaan luar payudara inilah yang disebabkan karena bra yang kurang nyaman.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

4. Alergi

Alergi yang dimaksud merupakan alergi yang terjadi saat penggunaan produk perawatan tubuh seperti sabun body lotion, tabir surya, dan pelembab kulit.. Alergi pada produk badan dapat menimbulkan gatal, kemerahan, dan nyeri pada permukaan kulit payudara dan puting susu. 

Alergi kulit juga disebabkan oleh pencucian pakaian atasan yang kurang bersih dan masih menyisakan sabun detergen yang terpapar kulit payudara sehingga menimbulkan reaksi alergi

5. Hamil

Masa kehamilan berdampak dengan perkembangan payudara untuk memproduksi air susu kolustrum. Pada kehamilan awal akan terjadi peningkatan hormon estrogen yang menyebabkan pembesaran kelenjar susu sehingga payudara menjadi lebih sensitif dan mudah nyeri. 

6. Obat-obatan

Obat-obatan ternyata memicu rasa nyeri pada payudara karena efek farmakologi dalam menyembuhkan suatu penyakit. Obat-obatan yang dapat memicu rasa sakit pada payudara yaitu:

  • Obat kontrasepsi hormonal
  • Obat Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI)
  • Obat antidepresi
  • Obat diuretik
  • Metildopa
  • Klorpromazin

7. Kanker payudara

Penyakit satu ini mengancam wanita muda dengan gejala berupa muncul benjolan yang keras dari perabaan di payudara. Benjolan ini dapat terasa nyeri dan disertai adanya darah atau carian lendir yang keluar dari puting susu. 

Nyeri pada payudara akibat kanker tidak didasari oleh masa menstruasi. Kondisi ini perlu pemeriksaan lebih lanjut seperti mamografi atau USG untuk mendeteksi lokasi dan ukuran sel kanker. Sel kanker stadium 4 akan menjalar ke getah bening dekat ketiak yang juga dapat menimbulkan benjolan dan bengkak. 

8. Kostokondritis

Kostokondritis merupakan artritis atau peradangan sendi dan tulang dada. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa terbakar pada bagian dada dan payudara. Radang sendi dan tulang sering ditemukan pada pria dan wanita tua dengan postur tubuh dan nutrisi yang kurang baik. 

9. Trauma

Trauma yang mengenai daerah dada dan payudara menimbulkan nyeri akibat adanya luka. Trauma sendiri biasanya diakibatkan oleh kecelakaan, tersenggol, dan terjatuh. Nyeri akibat trauma akan menghilang sendiri tanpa pengobatan. Kecuali luka yang terlalu dalam dan memerlukan perawatan. 

10. Olahraga Berlebihan

Bagi wanita yang suka berolahraga, rasa nyeri juga dapat dirasakan akibat aktivitas yang berlebih seperti push up dan angkat beban. Nyeri juga dirasakan apabila pemakaian bra yang tidak cocok dengan aktivitas olahraga seperti saat berlari dan lompat tali.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin E fact sheet for consumers. National Institutes of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-Consumer/.
Rikers A.Breast Disease:Comprehensive Management. New York, N.Y.: Springer; 2015: 79.
Rodden AM. Common breast concerns. Primary Care: Clinics in Office Practice. 2009;36:103.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app