Kesehatan Mulut dan Gigi

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Feb 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 16, 2019 Waktu baca: 4 menit
Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mengalami bau pada mulut Anda? Bagaimana yang ada rasakan ketika Anda memiliki bau mulut? Pasti tidak nyaman bukan? Nah, bau mulut sendiri tidak mengenal usia, jenis kelamin, dan ras atau keturunan tertentu. 

Bau mulut merupakan salah satu gejala yang umum terjadi di masyarakat luas, tanpa pandang bulu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Meski bukan masalah medis yang gawat, bau mulut sering menyebabkan seseorang kehilangan kepercayaan diri dan merasa khawatir bau mulut yang dialami akan mengganggu orang lain. 

Jika Anda mengalami masalah serupa, memahami penyebab dan cara menghilangkan bau mulut bisa membantu mengembalikan rasa percaya diri Anda.

Apakah penyebab bau mulut?

Kesehatan Mulut yang Kurang Terjaga
Jika tidak dibersihkan secara rutin bakteri tersebut akan menyebabkan pembentukan plak dan juga senyawa berbau khususnya jika makanan yang dikonsumsi mengandung protein dan sulfur.

Makanan dan Minuman
Beberapa jenis makanan dan minuman diketahui sebagai pemicu timbulnya masalah bau mulut. Makanan dengan kadar sulfur yang tinggi seperti bawang merah dan bawang putih kopi dan alkohol yang juga diketahui mampu merangsang aktivitas bakteri penyebab bau dalam mulut.

Merokok
Rokok mengandung banyak senyawa kimia terutama tar dan nikotin yang menjadi penyebab bau mulut. Senyawa kimia dalam rokok dapat merangsang timbulnya plak pada gigi dan menyebabkan gingivitis atau peradangan pada gusi.

Pengobatan
Obat tertentu yang dikonsumsi sindroma-metabolik menyembuhkan beberapa penyakit dapat mengurangi produksi saliva atau air liur dalam mulut dan menyebabkan bau mulut berlebihan seperti golongan obat nitrat yang digunakan untuk mengobati penyakit jantung, obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi, dan juga beberapa jenis obat seperti amphetamine, disulphiram, phenothiazines,dan chloral hydrate.

Penyakit atau Kelainan pada Organ Tubuh
Beberapa penyakit yang menjadi penyebab bau mulut diantaranya adalah amandel (tonsillitis), kanker, diabetes, sindrom metabolisme tertentu, dan lain sebagainya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Diet dan Puasa
Diet ketat dan puasa juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Saat tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang lama dan kekurangan karbohidrat, tubuh akan mulai membakar lemak dan menggunakannya sebagai penghasil energi.

Mulut Kering
Mulut kering atau yang disebut xerostomia adalah kondisi mulut kering karena kelenjar saliva tidak menghasilkan air liur, juga merupakan penyebab utama masalah bau mulut. Air liur berfungsi sebagai zat yang melembabkan mulut, menetralkan asam, menghilangkan bakteri, dan menyapu sel kulit mati pada lidah, gusi dan pipi di sekitar rongga mulut.

Bagaimana cara mengatasi bau mulut?

Mencegah lebih baik daripada menyembuhkan bukan? Lakukan hal berikut jika Anda tidak ingin masalah bau mulut datang kembali.

Menyikat Gigi secara Teratur
Membersihkan gigi dan gusi dengan cara menyikatnya secara teratur dua kali sehari dapat meminimalisir pembetukan senyawa penyebab bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Jangan lupa juga untuk mengganti sikat gigi Anda dua atau tiga bulan sekali.

Gunakan Benang Gigi
Benang gigi menjadi alat yang sering dilupakan. Padahal benang gigi dapat membantu Anda untuk menjangkau sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Penggunaan benang gigi akan membantu menghilangkan karang gigi penyebab bau mulut.

Membersihkan Lidah
Tidak hanya gigi dan gusi, lidah Anda juga bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Saat menggosok gigi jangan lupa juga untuk membersihkan atau menggosok lidah Anda terutama bagian bawahnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hindari Makanan pemicu Bau Mulut
Hindari makanan yang dapat memicu bau mulut Anda seperti bawang-bawangan dan sayuran kubis serta beberapa jenis makanan yang mengandung protein dalam kadar tinggi. 

Sebaliknya makanan sehat seperti wortel, apel dan buah berry yang kaya antioksidan dan serat dapat membantu mengatasi masalah bau mulut Anda jika dikonsumsi secara rutin.

Pilih Produk Sugar Free         
Hindari makanan manis jika tidak mau bau mulut Anda semakin bertambah parah karena bakteri sangat menyukainya.

Hindari kebiasaan merokok dan minum alkohol
Merokok dan minum alkohol adalah dua kebiasaan yang tidak hanya bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung tetapi juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. 

Selain menyebabkan bau mulut, rokok dan alkohol akan menimbulkan warna kuning pada gigi Anda dan membuat penampilan Anda terlihat tidak menarik.

Konsumsi cukup air
Mulut kering adalah penyebab masalah bau mulut yang cukup parah sehingga sangat penting menjaga hidrasi atau kelembaban dalam mulut. Salah satu cara untuk menjaga kelembaban dalam mulut adalah dengan mengkonsumsi atau meminum air putih secara rutin minimal delapan gelas setiap hari.

Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet adalah salah satu aktifitas sehat yang tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi tetapi juga mampu merangsang produksi air liur dalam mulut Anda. 

Dengan diproduksinya air liur secara teratur, Anda bisa menjaga kondisi lembab dalam mulut dan mengatasi mulut kering yang merupakan salah satu penyebab bau mulut. Pastikan Anda mengunyah permen karet yang tidak mengandung gula.

Periksa kesehatan mulut secara rutin
Bau mulut bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah atau gangguan kesehatan yang sedang terjadi dalam tubuh. Jika tidak yakin mulut Anda mengelurkan bau tidak sedap, Anda bisa mengeceknya ke dokter dan mengetesnya dengan alat yang disebut halimeter. 

Dokter akan memeriksa kondisi dan menyarankan Anda apa yang harus dilakukan untuk mengatasi gangguan kesehatan sekaligus mengatasi bau mulut yang ditimbulkannya.

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bad breath. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/bad-breath/)
Bad Breath Causes. MouthHealthy. (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/b/bad-breath)
Bad breath: What causes it and what to do about it Blog Publishing. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/bad-breath-what-causes-it-and-what-to-do-about-it-2019012115803)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app