Kesehatan Mulut dan Gigi

Ketahui 9 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Dipublish tanggal: Mar 11, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Mar 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 9 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut merupakan masalah umum yang dapat terjadi pada siapa saja, meski terlihat sepele tetapi hal ini menjadi masalah penting dalam kesehatan. Jika Anda pernah merasa nafas tidak begitu segar misalnya saat berkencan, saat melakukan wawancara kerja, ataupun saat Anda berbicara dengan teman, jangan berkecil hati. Sebuah studi menunjukkan bahwa 50% orang dewasa pernah memiliki masalah bau mulut atau dalam istilah kedokteran dikenal dengan halitosis.

3 Jenis bau mulut (halitosis)

Dalam menangani bau mulut, tenaga ahli kesehatan terutama untuk kesehatan gigi dan mulut memiliki berbagai pedoman pengobatan sendiri yang terbagi menjadi:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Genuine-halitosis

Genuine-halitosis terbagi menjadi 2 jenis:

  • Halitosis fisiologis terjadi akibat proses pembusukan makanan yang mengendap di rongga mulut serta kurangnya kedisiplinan seseorang dalam merawat kebersihan gigi. Hal ini hanya bersifat sementara dan dapat diatasi 
  • Halitosis patologis, terjadi akibat adanya infeksi atau masalah kesehatan pada rongga mulut atau berasal dari luar rongga mulut yang cukup serius seperti gangguan pencernaan, gangguan pernapasan, atau gangguan pada organ tubuh lainnya

Pseudo-halitosis

Pseudo-halitosis atau halitosis palsu yang merupakan suatu kondisi di mana seseorang yang merasa memiliki bau mulut walaupun sebenarnya tidak. Namun saat berkonsultasi dengan dokter gigi dan terbukti bahwa tidak ada masalah kesehatan yang menimbulkan bau mulut, orang tersebut tetap merasa bahwa mereka memiliki masalah nafas tidak segar.

Halitophobia

Halitophobia yaitu suatu kondisi di mana penderita yang telah menjalani perawatan gangguan halitosis genuine dan halitosis pseudo tetap merasa bau mulut sehingga dikategorikan sebagai Halitophobia.

9 Cara menghilangkan bau mulut

Secara umum, cara untuk mengatasi bau mulut tergolong mudah dan perlu diterapkan sehari-hari. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gejala bau mulut, antara lain:

1. Rajin sikat gigi dan gunakan benang gigi

Adanya plak atau penumpukan sisa makanan yang menempel pada gigi dapat menimbulkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut yang utama adalah sikat gigi setidaknya dua kali sehari (pagi dan malam) serta membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (flossing) setidaknya sekali sehari. Jangan menggosok gigi terlalu keras karena dapat merusak gigi. 

Baca juga: Cara Sikat Gigi yang Benar

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Bilas dengan obat kumur

Selain menyegarkan napas, obat kumur juga mampu menambah perlindungan yang lebih baik dalam menyingkirkan bakteri dan menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Rasa mint yang terkandung juga bisa membuat Anda merasa lebih segar. Tetapi pastikan obat kumur yang Anda pilih berfungsi membunuh kuman penyebab bau mulut, tidak hanya untuk menutupi bau sementara waktu.

3. Bersihkan dan gosok bagian lidah

Lapisan yang terbentuk pada lidah juga dapat menjadi sumber bakteri penyebab bau mulut. Untuk mengatasi bau mulut, gosok lidah dengan lembut menggunakan gosok gigi. Jika sikat gigi sulit menjangkau bagian belakang lidah, Anda dapat menggunakan bantuan alat scraper yang dirancang untuk memberikan tekanan merata di permukaan lidah dan berfungsi untuk mengangkat bakteri dari sisa makanan.

4. Hindari makanan penyebab bau mulut

Segala jenis bawang, termasuk bawang putih dapat menjadi penyebab bau mulut dan tidak mudah hilang walaupun Anda menyikatnya setelah makan. Sehingga satu cara mencegah bau mulut adalah dengan menghindari makanan penyebab bau mulut, seperti junk food, telur, serta daging merah. Kopi, alkohol, maupun rokok pun dapat menyebabkan bau mulut.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Selain menyebabkan kanker, kandungan tembakau pada rokok juga dapat menyebabkan kerusakan gusi, membuat gigi menguning, serta menimbulkan bau mulut. Sehingga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut serta kesehatan secara keseluruhan, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan merokok.

6. Konsumsi permen karet

Jika Anda suka mengunyah permen, ada baiknya untuk mencoba permen karet tanpa gula. Karena bakteri di mulut dapat berkembang jika terdapat gula yang mungkin berasal dari permen yang Anda konsumsi tersebut. Gula ini digunakan untuk membuat asam dan dapat menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut.

7. Menjaga kesehatan gusi

Penyebab bau mulut lainnya dapat terjadi akibat penyakit gusi di mana bakteri menumpuk pada dasar gigi. Untuk mengatasi bau mulut ini Anda perlu mendapatkan bantuan dari periodontis yang berfokus pada perawatan gusi. Selain itu, sisa makanan yang menumpuk dapat menimbulkan bakteri sehingga terjadi karang gigi dan gigi berlubang yang menjadi penyebab bau mulut.

8. Cukupi kebutuhan air putih

Minum air putih yang banyak tidak hanya baik bagi kesehatan secara keseluruhan dan mencegah dehidrasi, tetapi juga penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain itu, jumlah air liur yang cukup juga dapat menghindari kondisi mulut menjadi kering, membantu mencegah kerusakan gigi dan bau mulut.

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih dan Jumlah yang Disarankan

9. Periksa gigi rutin ke dokter gigi

Selain untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, salah satu cara menghilangkan bau mulut adalah dengan melakukan perawatan ke dokter gigi secara teratur. Periksa gigi secara rutin juga dapat membantu Anda mengetahui lebih jelas mengenai penyebab bau mulut, apakah diakibatkan oleh kondisi medis tertentu atau hanya faktor eksternal.

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2017). Dental Health and Dry Mouth. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/dental-health-dry-mouth)
WebMD (2018). Dental Health and Bad Breath. (https://www.webmd.com/oral-health/guide/bad-breath)
Patil, S. Medscape (2016). Halitosis. (https://emedicine.medscape.com/article/867570-overview)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit