Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Dental calculus - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: SEP 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.032.531 orang

Karang gigi atau kalkulus adalah plak gigi yang mengeras. kalkulus terbentuk akibat pengendapan mineral dari air liur dan cairan crevicular gingiva (GCF) yang dihasilkan oleh plak pada gigi. Proses pengendapan ini bertujuan untuk membunuh sel-sel bakteri pada plak gigi, tetapi permukaan kasar dan keras yang terbentuk menyediakan permukaan yang ideal untuk pembentukan plak lebih lanjut. Hal ini menyebabkan pembentukan karang gigi, yang membahayakan kesehatan gingiva (gusi).

Kalkulus terdiri dari komponen anorganik (mineral) dan organik (seluler dan matriks ekstraseluler). Proporsi mineral kalkulus berkisar dari sekitar 40-60%, tergantung pada lokasinya di gigi, kristal kalkulus sebagian besar tersusun atas "kalsium fosfat".

Apa penyebab pembentukan karang gigi?

Kalkulus disebabkan oleh pembentukan plak yang mengeras. Sedangkan plak terbentuk ketika air liur, makanan, dan cairan bergabung dalam mulut Anda, dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan bakteri tumbuh dan mengendap pada garis pertemuan antara gigi dan gusi

Makanan yang paling sering menimbulkan munculnya plak adalah makanan yang mengandung karbohidrat, atau gula, seperti sukrosa dan zat pati, yang ditemukan dalam minuman ringan dan permen.

Makan makanan yang mengandung tinggi gula seperti kue, permen, dan buah-buahan dapat menyebabkan peningkatan plak akibat pertumbuhan bakteri. Plak akibat bakteri dapat menyebabkan gingivitis, karies dan penyakit gusi lainnya, sehingga penting untuk mengambil langkah-langkah perawatan dan pencegahan.

Plak bersembunyi di antara gigi dan gusi. Tidak ada cara untuk menghindari pembentukan plak sepenuhnya, sehingga penting untuk menjaga kebersihan mulut agar plak tidak menumpuk dan membentuk kalkulus.

Pembentukan kalkulus juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan merokok. Kandungan Tar dalam rokok memicu timbulnya penumpukan plak dan pembentukan kalkulus.

Gejala apa saja yang dapat ditimbulkan jika Anda memiliki karang gigi?

Jika Anda memiliki karang gigi, ada beberapa gejala yang mungkin Anda alami selain pembentukan karang itu sendiri. Diantaranya:

  • Rongga: asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat menyebabkan tingkat pH rendah dan dapat menggerogoti lapisan terluar gigi Anda.
  • Gingivitis atau pembengkakan pada gusi akibat peradangan
  • Bau mulut: Penumpukan plak karena kebersihan gigi yang buruk juga dapat menyebabkan napas Anda berbau tidak sedap.

Bagaimana cara mencegah timbulnya karang gigi?

  • Pasta gigi yang mengandung zinc sitrat telah terbukti dapat mengurangi akumulasi plak secara signifikan, tetapi beberapa kalkulus dapat terbentuk bahkan tanpa didahului oleh pembentukan plak terlebih dahulu.
  • Anda perlu mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan. Orang dewasa yang mengunjungi dokter gigi secara teratur cenderung memiliki penyakit gigi yang disebabkan oleh plak.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda menggunakan dental floss setiap hari untuk mencegah penumpukan plak dan gosok gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi anti-plak berfluorida.
  • Ganti sikat gigi Anda secara berkala
  • Hindari merokok untuk mengurangi risiko peningkatan plak dan karang gigi.
  • Gunakan obat kumur

Bagaimana cara mengatasi karang gigi?

Diagnosa
Untuk mengetahui jika Anda memiliki karang gigi atau tidak, Anda sebaiknya memeriksakan kondisi Anda ke dokter gigi. Dokter akan melakukan pemeriksaan inspeksi dengan mengobservasi seluruh permukaan gigi dan mengamati jika terjadi pembentukan karang gigi. Tidak ada pemeriksaan khusus yang perlu dilakukan untuk mendiagnosa terbentuknya karang gigi pada gigi seseorang.

Pengobatan

  • Dental Plaque dan Tartar Removal Adalah dua metode utama untuk menghilangkan plak pada gigi Anda: penggunaan bahan anti bakteri untuk membasmi bakteri berlebih pada rongga mulut penyebab terbentuknya plak dapat membantu menjaga agar karang gigi tidak tumbuh kembali.
  • Sikat gigi secara rutin: Sikat gigi adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan plak. Pastikan untuk menyikat setidaknya selama 2 menit, dua kali sehari, setiap hari.
  • Rutin menggunakan dental floss: Sangat mudah bagi makanan untuk tersangkut di gigi Anda, dan jika Anda tidak membersihkannya setiap hari, bakteri dapat berkembang, dan plak dapat tumbuh. Menyikat gigi saja tidak bisa menjangkau setiap ruang di mulut Anda, jadi pelajari cara menggosok gigi dengan benar.
  • Gunakan pasta gigi anti-plak. Pasta gigi anti-plak fluoride adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sistem pertahan gigi Anda dalam melawan plak.
  • Bilas dengan obat kumur yang dapat membantu melawan plak. Obat kumur membantu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan plak kembali.
  • Penumpukan karang gigi yang terikat kuat pada lapisan email gigi harus dibersihkan oleh dokter gigi. Oleh karena itu lebih baik mencegah terjadinya pembentukan karang gigi. Karena ketika karang gigi sudah terbentuk, satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan scalling.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit