Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. VINA SETIAWAN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Cara Paling Optimal untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Cara Paling Optimal untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Merawat mulut dan gigi dengan baik merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang sepanjang hidupnya, hal ini dapat membantu Anda mencegah masalah pada gigi dan mulut seiring bertambahnya usia. 

Merawat gigi biasanya dengan menyikat gigi, flossing (merupakan kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss) setiap hari dan kontrol ke dokter gigi secara teratur, setidaknya enam bulan sekali.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Mulut dan gigi yang sehat sangat penting untuk dirawat dan dijaga. Setiap hari Anda menggunakan mulut untuk makan, tersenyum, berbicara, dan masih banyak lagi. Kesehatan mulut yang buruk dapat mempengaruhi salah satu atau semua aspek yang telah disebutkan sebelumnya. 

Kesehatan mulut yang baik tidak sulit untuk dicapai, tetapi hal ini membutuhkan kedisiplinan. Banyak orang yang memiliki masalah gigi dan mulut karena tidak disiplin dalam menjaga atau merawat kesehatan gigi dan mulutnya. Gunakan tips-tips dibawah ini untuk merawat dan menjaga secara optimal kesehatan mulut dan gigi Anda.

Ada beberapa cara sederhana untuk menjaga gigi dan mulut tetap kuat dan sehat sejak kecil hingga usia tua. Begini caranya:

1. Mulai pada fase anak-anak

Perawatan gigi harus dimulai segera setelah gigi pertama anak muncul, biasanya gigi baru muncul sekitar enam bulan pertama umur anak. Gigi bayi yang baru tumbuh dapat dibersihkan dengan kain bersih atau kain lembab atau sikat yang sangat lembut. 

Pada usia anak 2 tahun, Anda dapat membiarkan anak Anda mencoba untuk menyikat gigi mereka sendiri, meskipun penting bagi orang tua untuk selalu mengawasi.

Berikut cara yang lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anda:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Bersihkan gigi bayi Anda yang baru tumbuh setiap hari, lakukanlah secara lembut dan perlahan. Saat gigi anak Anda tumbuh lebih besar, gunakanlah sikat gigi khusus untuk anak.
  • Anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak boleh menggunakan pasta gigi. Sebagai gantinya, gunakan air untuk menyikat gigi anak Anda.
  • Jangan biarkan bayi Anda tidur dengan botol susu. Hal ini dapat menyebabkan susu tertinggal di gigi dan menyebabkan gigi berlubang.
  • Ajak dan ajari anak Anda untuk mengkonsumsi lebih banyak makan camilan yang rendah gula, seperti buah-buahan, keju, dan sayuran. Hindari memberi anak Anda permen yang lengket dan kenyal.
  • Ajari anak Anda cara menyikat gigi dengan benar dan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulutnya.
  • Bawa anak-anak Anda ke dokter gigi secara teratur. Asosisasi Gigi di Amerika merekomendasikan agar anak-anak mengunjungi dokter gigi mulai pada usia 1 tahun.

2. Fase Remaja dan Dewasa

Merawat mulut dan gigi Anda dengan baik akan membantu Anda memiliki napas yang segar, senyuman yang manis, dan sedikit kemungkinan terjadinya lubang di gigi. 

Jika Anda memiliki masalah dengan gigi atau kekhawatiran tentang masalah mulut Anda, kunjungi dokter atau dokter gigi segera. Berikut beberapa hal bermanfaat yang dapat Anda lakukan:

  • Sikat gigi Anda setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride.
  • Bersihkan sela-sela gigi Anda setidaknya sekali sehari.
  • Jangan merokok atau mengunyah tembakau, yang dapat mengotori gigi Anda, dan memberi Anda bau mulut, dan hal ini dapat menyebabkan kanker pada mulut Anda.
  • Kenakan pelindung kepala yang sesuai saat berolahraga yang berhubungan dengan kontak pada wajah atau kepala.
  • Jika Anda memiliki riwayat penggunaan obat sebelumnya, tanyakan kepada dokter apakah obat-obatan yang Anda konsumsi memiliki efek samping  yang dapat merusak gigi Anda. (Misalnya, beberapa obat dapat menyebabkan mulut kering.)
  • Lihatlah kondisi dalam mulut Anda secara teratur untuk luka yang tidak sembuh, gusi yang terganggu, atau perubahan lainnya pada mulut AndaTemui dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi dan mulut Anda.
  • Pilihlah minuman Anda konsumsi dengan bijak. Apa yang Anda minum dapat memengaruhi kesehatan gigi Anda. Minuman seperti minuman bersoda dan minuman manis lainnya telah ditargetkan sebagai penyebab kerusakan gigi. Minumlah lebih sedikit soda dan lebih banyak air, susu dan jus segar, hal ini dapat membantu melindungi kesehatan gigi dan mulut Anda.

Kapan Anda harus menemui dokter?

Jika Anda memiliki sakit mulut atau gigi, jangan diabaikan. Kunjungilah segera dokter atau dokter gigi. 

Semakin lama Anda menunggu, semakin buruk kemungkinan untuk kesehatan mulut dan gigi Anda. Anda juga harus mengunjungi dokter gigi setiap dua kali dalam setahun untuk membersihkan gigi Anda agar tetap sehat dan terawat.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The 8 best practices for healthy teeth and gums. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324708.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit