Asam Urat : Penyebab,Gejala,dan Pengobatannya

Update terakhir: Apr 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 451.932 orang

Bagi orang dengan berat badan berlebih, apalagi sering sekali makan daging, kacang-kacangan lalu sewaktu-waktu orang tersebut mengalami bengkak di kaki, khususnya di daerah jempol kaki, pasti orang awam sekalipun akan bilang “oh ini seperti gejala asam urat, coba cek asam uratnya pasti tinggi”. 

Namun apakah yang di maksud dengan asam urat itu sendiri? Dalam istilah medis asam urat yang dimaksud oleh masyarakat luas adalah penyakit arthritis pirai atau gout.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Arthritis pirai atau gout adalah suatu proses inflamasi yang terjadi karena deposisi kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi. Gout juga suatu istilah yang dipakai untuk sekelompok gangguan metabolik yang ditandai dengan meningkatnya konsentrasi asam urat ( hiperurisemia). 

Nah jadi yang dimaksud dengan asam urat (uric acid dalam bahasa inggris) itu bukan nama penyakit, melainkan suatu kandungan dalam darah yang bila terbentuk berlebih akan membentuk kristal dan tersimpan di persendian, khususnya jari-jari kaki dan mengakibatkan pembengkakan, sehingga menimbulkan nyeri yang amat sangat.

Kalsifikasi Gout dibagi menjadi primer maupun sekunder.

  •  Gout primer merupakan akibat langsung pembentukan asam urat tubuh yang berlebihan atau ekskresi asam urat yang berkurang akibat makanan, pemakaian alkohol berlebihan dan sindroma metabolik
  • Gout sekunder berhubungan dengan obt-obatan dan beberapa kondisi tertentu seperti
  • Penyakit myeloproliferative
  • Pemberian obat yang meningkatkan kejadian hiperurisemia
  • Gagal ginjal
  • Gangguan renal tubular
  • Keracunan
  • Gangguan kulit yang berproliferasi berlebihan
  • Gangguan enzim tertentu

 

Ada sejumlah faktor yang agaknya mempengaruhi timbulnya penyakit gout, termasuk diet, berat badan, dan gaya hidup.

Arthritis pirai (gout) adalah penyakit yang sering ditemukan dan tersebar diseluruh dunia. Artitis pirai merupakan kelompok penyakit heterogen sebagai akibat deposisi Kristal monosodium urat pada jaringan atau akibat kadar asam urat yang terlalu tinggi di luar sel (ekstraseluler) dengan kata lain gout adalah penyakit degeneratif yang menyerang persendian . 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Manifestasi klinis deposisi urat meliputi

  • Nyeri sendi terutama jempol kaki,
  • akumulasi kristal pada jaringan yang merusak tulang
  •  batu asam urat pada saluran kemih atau empedu
  •   gagal ginjal. 

Gangguan metabolisme yang mendasarkan gout adalah hiperurisemia yang didefinisikan sebagai peninggian kadar asam urat lebih dari 7,0 ml/dl  pada pria dan lebih dari  6,0 mg/dl pada wanita.

Gout merupakan penyakit dominan pada pria dewasa dan wanita setelah menopause

Gout lebih sering dijumpai pada pria dewasa, hal ini terjadi karena pria tidak mempunyai hormon estrogen yang dapat membantu pembuangan asam urat, sedangkan pada wanita mempunyai hormon estrogen yang dapat membantu pembuangan asam urat lewat urin. 

Di indonesia penyakit asam urat pertama di teliti oleh dokter Belanda yang bernama Dr. Van Den Horst pada tahun 1935. Dia menemukan bahwa terdapat 15 pasien yang menderita penyakit asam urat berat pada masyarakat yang kurang mampu di pulau Jawa.

Terjadi peningkatan penderita gout dari tahun ke tahun. Pada tahun 1990 dilaporkan prevalensi gout di Amerika Serikat adalah 2,9/1000 sedangkan pada tahun 1999 prevalensinya naik menjadi 5,2/1000 orang. 

Prevalensi gout bertambah dengan meningkatnya taraf hidup, dan umumnya terjadi pada orang-orang diatas umur 75 tahun, namun tidak menutup kemungkinan gout menyerang pada kaum muda walaupun kemungkinannya kecil. 

Prevalensi diantara pria African American lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok pria Caucasian.

sedangkan di Indonesia di perkirakan 1,6-13,6/100.000 orang, prevalensi tersebut meningkat seiring meningkatnya usia. Hasil riset kesehatan dasar pada tahun 2013 menunjukkan bahwa penyakit sendi di Indonesia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan sebesar 11.9% dan berdasarkan diagnosis dan gejala sebesar 24.7%.

WHO mendata penderita gangguan sendi di Indonesia mencapai 81% dari populasi, yang pergi ke dokter hanya 24% sedangkan yang langsung mengkonsumsi obat pereda nyeri yang di jual secara bebas hanya 71%. 

Angka tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara tertinggi menderita gangguan sendi apabila di bandingkan dengan negara lain. Apabila di dalam negeri penyakit asam urat menjadi ancaman tertinggi maka dari itu untuk skala Internasional berdasarkan survei WHO, Indonesia merupakan negara terbesar di dunia yang penduduknya menderita penyakit asam urat 

Berikut ini pengertian Gout dari beberapa ahli, diantaranya:

  • Artritis pirai ( Gout ) adalah kelompok penyakit heterogen sebagai akibat deposisi kristal monosodium urat pada jaringan atau akibat supersaturasi asam  urat didalam cairan ekstraselular. ( Edward Stefanus, 2010 )
  • Gout merupakan kelainan metabolisme purin bawaan yang ditandai dengan peningkatan kadar asam urat serum dengan akibat penimbunan kristal asam urat di sendi.( Syamsuhidayat dan Wim de Jong, 2004 )
  • Arthritis pirai atau gout adalah suatu proses inflamasi yang terjadi karena deposisi kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi. ( Misnadiarly, 2009 )
  • Arthritis gout adalah penyakit dimana terjadi penumpukan asam urat ( uric acid ) dalam tubuh secara berlebihan. ( VitaHealth, 2007  

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit