Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Karbohidrat Kompleks Yang Tak Banyak Orang Tahu

Ditinjau dari komponen penyusun maupun jenisnya, berikut ini adalah manfaat karbohidrat kompleks bagi kesehatan:
Dipublish tanggal: Agu 26, 2019 Update terakhir: Mar 24, 2020 Tinjau pada Mar 24, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tidak semua karbohidrat itu jahat. Ya di antara Anda, mungkin banyak yang belum tahu kalau karbohidrat sebenarnya terbagi menjadi 2 jenis: kompleks dan sederhana. Sebenarnya keduanya sama-sama penting karena merupakan sumber energi.

Sekilas tentang jenis karbohidrat

Sesuai namanya, karbohidrat sederhana mengandung gula dasar yang sifatnya mudah dicerna. Hanya saja karena kebanyakan karbohidrat sederhana sudah melalui proses dan bahkan banyak yang ditambahi gula, ini membuatnya kurang menyehatkan kalau dikonsumsi berlebihan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Contoh karbohidrat sederhana yang kurang sehat ialah:

  • Makanan berbahan dasar tepung seperti kue kering, roti
  • Puding
  • Jus
  • Roti
  • Soda
  • Berbahan dasar gula seperti permen, jus, sirup

Sedangkan sumber karbohidrat sederhana alami dan sehat adalah buah atau sayuran.

Lain halnya dengan karbohidrat kompleks yang susunan kimiawinya lebih rumit karena terdiri dari rentetan molekul gula yang panjang. Dibanding yang sederhana, karbohidrat kompleks juga lebih kaya serat, vitamin, serta mineral.

Karbohidrat kompleks juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna sehingga baik bagi penderita diabetes dan pelaku diet. Contoh sumber karbohidrat kompleks ialah whole grains, sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, serta nasi merah.

Pada dasarnya, karbohidrat kompleks terdiri dari 2 jenis: serat dan pati. Selain serat, beberapa sumber karbohidrat kompleks ternyata memuat lebih banyak pati, misalnya seperti nasi, sereal, gandum, jagung, kentang, serta polong.

Manfaat karbohidrat kompleks

Ditinjau dari komponen penyusun maupun jenisnya, berikut ini adalah manfaat karbohidrat kompleks bagi kesehatan:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Sumber serat

Seperti kita ketahui bersama, serat sangat penting untuk melancarkan fungsi pencernaan. Selain itu, serat juga membantu mengatur kadar kolesterol serta bisat membuat perut kenyang lebih lama sehingga baik juga untuk program diet. 

Keuntungan lain bila berat badan terjaga adalah risiko terkena penyakit jantung atau diabetes tipe 2 jadi lebih rendah. Di samping itu, serat jugalah yang berperan aktif untuk meredakan gangguan pencernaan seperti konstipasi maupun kembung.

2. Sumber energi

Salah satu alasan penting mengapa Anda tidak boleh puasa karbohidrat adalah karena jenis makanan ini merupakan sumber energi. Kekurangan karbohidrat hanya akan membuat tubuh lelah dan lemas sepanjang waktu.

Jadi bila ingin diet, lebih baik makanlah sumber karbohidrat kompleks di pagi hari dan biarkan tubuh menghabiskan waktu sepanjang hari untuk mencernanya.  

Karbohidrat dari whole grains misalnya, biasanya dilepas perlahan ke dalam pembuluh darah sehingga tidak ada status ‘on-off’ seperti yang terjadi akibat mengonsumsi kafein atau gula.

3. Mengoptimalkan metabolisme

Bila energi dalam tubuh tercukupi, maka metabolisme akan optimal. Inilah yang sering disalah-mengerti kebanyakan orang. Mereka berpikir diet rendah karbohidrat efektif untuk menurunkan berat badan karena bisa memperbaiki metabolisme. Padahal kebenarannya adalah sebaliknya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Memang sih berat badan bisa turun akibat diet low-carb, tapi itu malah membuat sistem metabolisme menderita dan bertambah lambat. Karenanya, tetaplah konsumsi karbohidrat kompleks untuk mengoptimalkan energi, program diet, dan metabolisme.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Beberapa sumber karbohidrat seperti oatmeal, labu, ubi manis, pisang, dan beras coklat sarat akan asam amino triptofan yang dapat merilekskan tubuh sehingga tidur jadi lebih nyenyak. Oatmeal juga membantu tubuh memproduksi melatonin, hormon yang meregulasi tidur. 

Ini artinya, mengonsumsi sedikit karbohidrat kompleks di malam hari sebelum tidur bisa meningkatkan kualitas tidur dan membantu Anda terlelap lebih cepat.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kurang karbohidrat atau tidak berenergi ternyata menjadi salah satu alasan mengapa seseorang sulit konsentrasi, tidak mood, sakit kepala, serta pelupa. Karenanya jangan menghindari karbohidrat sama sekali supaya otak dapat berfungsi maksimal.

6. Meningkatkan fungsi sistem saraf

Tak seperti gula yang memicu kegelisahan, karbohidrat kompleks justru meredakannya. Inilah alasan mengapa stres jadi berkurang setelah mengonsumsi semangkuk oatmeal, ubi manis, atau pisang. 

Makanan tersebut membantu tubuh memproduksi reaksi enzimatik sehingga terjadi keseimbangan dalam sistem saraf.

7. Sumber vitamin dan mineral

Seperti disebutkan tadi, karbohidrat kompleks juga kaya vitamin dan mineral. Kedua nutrisi ini penting agar sistem dalam tubuh dapat berfungsi normal, misalnya soal keseimbangan hormon, kesehatan sistem reproduksi, mata, dan kulit, hingga pertumbuhan kuku serta rambut.

Lebih dari itu, sayuran dan buah tinggi serat seperti berry dan kubis juga kaya antioksidan yang penting untuk membantu mencegah kanker. Lain lagi dengan whole grains selaku sumber vitamin B yang berperan aktif untuk menguatkan otot.

Kita sudah menyimak apa saja manfaat karbohidrat kompleks itu. Karenanya, mari bijak memilih jenis karbohidrat yang baik untuk tubuh agar manfaat maksimal dapat kita petik. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Low Carb, High Carb, Bad Carb: How Much is Best?. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/news/20180907/low-carb-high-carb-bad-carb-how-much-is-best)
Carbohydrates: Uses, health benefits, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/161547.php)
Function of Carbohydrates: Are They Healthy?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/function-of-carbohydrates)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Artikel selanjutnya
Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat?
Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Karbohidrat?

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian Anda untuk mencegah efek samping yang mungkin dapat muncul jika Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan RDA. Diet rendah karbohidrat, bila ditambah dengan peningkatan asupan protein, seringkali efektif untuk menurunkan berat badan.

Buka di app