9 Obat Asam Urat yang Alami & Tradisional

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 4 menit
9 Obat Asam Urat yang Alami & Tradisional

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Gejala asam urat ditandai dengan nyeri sendi, sering disertai dengan sendi bengkak dan memerah.
  • Zat asam dari cuka apel dan jus lemon dapat membantu menetralkan kelebihan asam urat sehingga mengurangi nyeri sendi.
  • Madu dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu melawan peradangan, termasuk di persendian.
  • Mengoleskan pasta baking soda atau pasta karbon aktif dapat membantu menurunkan kadar asam urat.
  • Buah ceri, pisang, hingga apel mampu menetralkan asam urat dan mengeluarkannya lewat urine.
  • Selalu konsultasikan dulu dengan dokter. Sembarang minum obat asam urat alami bisa memicu efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Obat Asam Urat Yang Alami 

Asam urat merupakan gangguan yang cukup banyak dikeluhkan oleh orang dewasa, terutama lansia. Pasalnya, penyakit yang dikenal sebagai gout arthritis ini memberikan rasa sakit luar biasa pada persendian, bahkan tak jarang disertai dengan pembengkakan dan kemerahan pada sendi. Jangan buru-buru minum obat, sebaiknya coba dulu berbagai obat asam urat alami ini yang tak kalah manjur dengan obat medis.

1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel telah lama diketahui sebagai bahan alami yang menyimpan segudang khasiat. Selain bisa membantu mengatasi sakit kepala dan asam lambung, cuka apel juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat dan rematik. Zat asam dari cuka sari apel akan membantu mengurangi rasa sakit akut. Lebih baik lagi bila ditambahkan madu, karena madu memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu melawan peradangan

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Cara membuatnya: Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah dengan segelas air, lalu tambahkan sedikit madu. Minum larutan ini 2-3 kali sehari hingga sendi Anda membaik. Jika larutan ini memberikan efek postiif, Anda dapat meningkatkan dosis cuka sari apel hingga 2 sendok makan.

Baca Juga: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

2. Baking Soda

Mencari obat asam urat yang alami tak perlu jauh-jauh, karena beberapa di antaranya ada di dapur Anda. Salah satunya dengan baking soda yang biasa Anda gunakan sebagai pengembang kue. Baking soda dapat membantu menurunkan kadar asam urat hingga mengurangi rasa sakit. 

Cara membuatnya: Campurkan setengah sendok teh baking soda dalam segelas air. Aduk rata. Minum campuran ini 4 kali sehari (tidak boleh lebih). Lakukan selama 2 minggu. Bagi Anda yang berusia di atas 60 tahun, larutan ini tidak boleh diminum lebih dari 3 kali sehari. Hati-hati penggunaannya jika Anda memiliki riwayat darah tinggi. 

3. Jus Lemon

Jus lemon tak hanya bisa melegakan dahaga, tapi juga bisa mengobati asam urat. Pasalnya, lemon dapat membantu menetralkan kelebihan asam urat daam darah sehingga turut meringankan rasa sakit.

Cara membuatnya: Masukkan 1,5 sendok teh baking soda ke dalam segelas jus lemon, lalu biarkan sampai busa menghilang. Campur dalam segelas air dan segera minum. Selain dengan jus lemon, Anda juga dapat menggunakan buah-buahan lain yang kaya vitamin C untuk memperkuat jaringan tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asam Urat via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 43

4. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi sehingga banyak digunakan untuk mengobati asam urat, khususnya peradangan sendi gout

Cara membuatnya: Potong jahe menjadi kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam panci berisi air. Rebus air sampai mendidih. Tuang rebusan air jahe ke dalam gelas, lalu tunggu sampai agak hangat. Minum air jahe setidaknya 2 kali sehari. Selain dengan membuat air jahe, Anda juga dapat membuat pasta jahe dengan mencampurkan bubuk jahe dan air. Bubuhkan pasta pada bagian tubuh yang sakit dan biarkan selama 30 menit. Cukup lakukan 1 kali sehari dan rasakan manfaatnya.

5. Madu Hitam

Walau rasanya pahit, madu hitam menyimpan khasiat yang sangat bagus bagi tubuh, bahkan lebih dari madu biasa. Madu hitam diketahui mampu mengobati asam urat tinggi secara alami tanpa merusak fungsi ginjal maupun organ tubuh lainnya.

Baca Juga: Meski Pahit, Khasiat Madu Hitam Sungguh Luar Biasa

6. Ceri

Buah ceri, entah itu yang rasanya manis atau asam, juga bisa digunakan untuk mengobati asam urat karena memiliki sifat antioksidan. Tak hanya itu, buah kecil berwarna merah ini juga mengandung antosianin, senyawa yang dapat mengurangi peradangan hingga mencegah asam urat kambuh.

Baca Selengkapnya: 5 Cara Jitu Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Cara termudahnya, Anda cukup makan sekitar 15-20 buah ceri setiap hari. Bisa juga dengan minum segelas ceri hitam setiap hari untuk merasakan manfaatnya.

7. Pisang

Pisang ternyata dapat digunakan sebagai obat asam urat karena mengandung kalium tinggi. Asupan kalium dapat mengubah kristal asam urat yang mengendap di sendi menjadi cair, lalu nantinya dikeluarkan oleh tubuh lewat urin. Di samping itu, pisang juga kaya akan vitamin C yang penting untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit. Makanlah 1-2 buah pisang setiap hari, lalu rasakan sendiri perubahannya.

8. Apel

Pernah mendengar pepatah "An apple a day keeps the doctor away" yang artinya makan satu buah apel sehari bisa menjauhkan kita dari dokter"? Pepatah ini ternyata benar adanya. Melakukan kebiasaan sehat setiap hari bisa mencegah penyakit, salah satunya dengan makan apel untuk mengobati asam urat.

Para ahli menyarankan para penderita asam urat untuk rutin mengonsumsi apel setelah makan. Ini karena kandungan asam malat dalam apel dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh.

Kalau Anda tidak suka makan apel secara langsung, Anda bisa mengolahnya menjadi segelas jus apel segar. Dengan demikian, rasa nyeri sendi akibat asam urat berangsur-angsur membaik.

9. Karbon Aktif

Karbon aktif (arang aktif) dapat menyerap asam urat. Karena itulah, karbon aktif termasuk aman digunakan sebagai pengobatan asam urat. Pengobatan asam urat ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi asam urat di pergelangan kaki atau area kaki.

Cara penggunaannya: Campurkan setengah cangkir bubuk arang dengan air sampai membentuk pasta. Oleskan ke bagian tubuh yang nyeri. Bisa juga dengan memasukkan pasta karbon aktif ke dalam bak mandi dan tambahkan lebih banyak air. Rendam bagian tubuh yang terkena asam urat selama minimal 30 menit.

Cara mengatasi asam urat dengan air putih

Selain kesembilan bahan alami tadi, air dingin juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, contohnya saja bisa digunakan untuk menangani bengkak akibat trauma. Bahan sederhana ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri di persendian akibat asam urat.

Cara penggunaannya : Rendam area sendi yang bengkak dalam air dingin selama 10-15 menit. Ulangi cara ini beberapa kali sehari sampai sendi tubuh terasa lebih nyaman. Anda juga dapat menggunakan kompres es. Bungkus es batu dengan handuk atau kain bersih, lalu tempelkan di persendian selama 15 menit. Lakukan setidaknya 2 kali sehari dan jangan berlebihan karena malah bisa memicu kristalisasi asam urat.

Baca Juga: Memilh Obat Asam Urat Generik yang Manjur

Bagi Anda yang kerap terganggu dengan gejala asam urat (gout), pengobatan asam urat alami di atas bisa menjadi pertimbangan. Meskipun dari bahan-bahan alami, waspadai efek samping yang mungkin terjadi. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencobanya.

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Arthritis & Rheumatism. Cherry consumption and decreased risk of gout attacks. (https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/art.34677). 28 September 2012.
International Journal of Scientific & Technology Research. Effect of red ginger compress to decrease scale of pain gout arthritis patients. (http://www.ijstr.org/final-print/oct2017/Effect-Of-Red-Ginger-Compress-To-Decrease-Scale-Of-Pain-Gout-Arthiris-Patients.pdf). Oktober 2017.
PLoS One. Association between dietary magnesium intake and hyperuricemia. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4633057/). 4 November 2015.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app