ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Pakai Paracetamol untuk Mengempukkan Daging, Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Dipublish tanggal: Jan 22, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 20, 2020 Waktu baca: 3 menit
Pakai Paracetamol untuk Mengempukkan Daging, Ini Bahayanya Bagi Tubuh

Daging sapi mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh, terutama protein dan zat besi. Selain harus dicuci sampai bersih, daging harus dimasak dengan benar agar empuk dan tidak alot saat disantap. Orang zaman dulu banyak yang percaya bahwa mencampurkan obat sakit kepala atau paracetamol bisa membantu mengempukkan daging dengan cepat dan ternyata memang terbukti. Tetapi yang jadi pertanyaan, apakah ini aman bagi kesehatan? Baca terus ulasan berikut untuk menemukan jawabannnya.

Kenapa mencampurkan obat sakit kepala bisa bikin daging empuk?

Pernah mendengar gosip di masyarakat bahwa obat sakit kepala atau paracetamol bisa bikin daging empuk? Desas-desus ini sudah menjadi warisan turun-temurun sejak zaman dahulu, bahkan tidak sedikit orang yang sudah membuktikannya secara langsung dan melakukannya hingga saat ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Sebelum mengetahui efek paracetamol bagi tubuh, Anda harus tahu dulu penyebab daging sapi alot atau keras. Pada dasarnya, daging sapi terdiri dari lemak dan protein yang membentuk ikatan-ikatan protein (peptida). Peptida inilah yang membentuk serat-serat daging sehingga tekstur daging jadi alot.

Agar daging jadi lebih empuk, serat-serat tadi harus dihancurkan atau didegradasi. Salah satunya dengan cara memasak daging dengan suhu tinggi. Semakin tinggi suhu air, maka akan semakin mudah untuk memecah ikatan peptida pada daging sapi.

Sayangnya, titik didih air hanya mencapai maksimal pada suhu 100 derajat Celsius. Namun, jika air dicampurkan dengan suatu zat tertentu, maka titik didih air bisa bertambah.

Hal inilah yang terjadi pada saat Anda menambahkan obat sakit kepala atau paracetamol saat memasak daging. Paracetamol dapat meningkatkan titik didih air sehingga ikatan peptida lebih gampang dipecahkan. Alhasil, daging sapi yang semula alot jadi lebih empuk.

Baca Juga: Makan Daging Kambing Bikin Darah Tinggi, Mitos Atau Fakta?

Pakai paracetamol untuk mengempukkan daging, amankah?

Perlu ditekankan bahwa apa pun yang masuk ke dalam tubuh Anda akan memengaruhi kesehatan. Sama seperti saat Anda mencampurkan paracetamol untuk mengempukkan daging.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Meski bisa bikin daging cepat empuk, paracetamol tetaplah tidak diperuntukkan sebagai bahan tambahan masakan. Hal ini disampaikan oleh National Agency for Food and Drug Administration and Control (NAFDAC) dalam situs resminya.

Saat digunakan untuk memasak daging, paracetamol akan dipecah menjadi 4-aminophenol yang bersifat toksik. Zat racun tersebut tidak akan ikut menguap seperti air, tapi justru meresap ke dalam daging.

Ketika dimakan, maka racun yang tersimpan dalam daging akan diserap oleh organ-organ pencernaan. Bila terus dibiarkan, hal ini dapat meningkatkan risiko kerusakan hati hingga gagal ginjal

Memasukkan satu tablet paracetamol ke dalam panci mungkin tidak langsung memberikan efek apa pun. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa obat sakit kepala tidak hanya mengandung paracetamol saja, tapi juga phenylephephrine HCl dan dextromethorpan.

Kandungan dextromethorpan dalam dosis tertentu bisa memicu kantuk. Tak hanya itu, bahan yang satu ini juga dapat menimbulkan efek samping lainnya berupa mual, muntah, sembelit, diare, hingga gatal-gatal. Belum lagi dengan risiko kecanduan yang bisa terjadi kapan saja.

Baca Juga: Paracetamol: Efek Samping dan Aturan Minum yang Benar

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tips saat masak daging agar cepat empuk

Paracetamol memang bisa membantu menaikkan titik didih air, sehingga daging bisa cepat matang. Namun, paracetamol bukan satu-satunya cara untuk mengempukkan daging. Menambahkan bumbu-bumbu lainnya seperti merica, garam, dan santan juga akan memberikan efek serupa.

Pada prinsipnya, kunci untuk membuat daging empuk adalah memecah jaringan kolagen dan otot daging. Hal ini bisa diterapkan dengan menggunakan zat asam, bisa dengan asam jawa atau perasan lemon.

Lebih sederhananya lagi, Anda dapat menggunakan garam meja untuk mengempukkan daging. Rendam daging di dalam air garam selama 30 menit, setelah itu cuci daging dengan bersih sebelum dimasak. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati karena kebanyakan garam juga tidak baik bagi tubuh.

Ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memasak daging sampai cepat empuk, yaitu:

  1. Potong daging menjadi kecil-kecil sehingga lebih cepat matang.
  2. Rendam daging dengan cuka, perasan lemon, atau asam jawa sebelum dimasak.
  3. Marinasi daging dengan nanas, kiwi, jahe, atau daun pepaya agar daging cepat lunak. Daging pepaya mengandung enzim papain yang dapat memutuskan ikatan peptida dalam protein, sehingga daging akan empuk.
  4. Masak daging dengan panci presto.

Baca Juga: Cara Tepat Menyimpan Daging Agar Tahan Lama Sampai Berbulan-bulan

Daripada pakai paracetamol, beberapa cara di atas lebih aman untuk mengempukkan daging. Paracetamol lebih cocok digunakan sebagai obat pereda nyeri untuk sakit kepala, sakit gigi, nyeri haid, nyeri sendi, hingga nyeri pada tubuh saat terkena flu - bukan untuk masak daging agar empuk.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Amadou, Issoufou & Diadie, Halima & Samna Soumana, Oumarou & Balla, Abdourahamane. (2019). Status of Some Food Quality Prevalent in Niger: A Review. Modern Applied Science. 13. 135. 10.5539/mas.v13n6p135.. ResearchGate. (Accessed via: https://www.researchgate.net/publication/333487998_Status_of_Some_Food_Quality_Prevalent_in_Niger_A_Review)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Biar Suka Makan Sayur, Ini 4 Resep Masakan Olahan Sayur yang Wajib Dicoba
Biar Suka Makan Sayur, Ini 4 Resep Masakan Olahan Sayur yang Wajib Dicoba

Untuk mengatasi hal ini, pengolahan yang tepat dari beragam sayuran menjadi cara yang tepat agar anak ataupun anda lebih doyan makan sayuran. Berikut ini telah kami rangkum empat resep olahan sayuran terenak dan sederhana yang bisa anda coba di rumah.

Buka di app