HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Kesehatan Fisik

Jenis-Jenis Enzim Pencernaan Serta Fungsinya

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Mar 9, 2020 Waktu baca: 2 menit

Semua jenis makanan yang anda konsumsi akan dicerna oleh bermacam enzim pencernaan

Enzim-enzim pencernaan tersebut mempunyai tugas penting dalam proses pengolahan makanan dan penyerapan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Berguna untuk mengatasi infeksi jamur kulit dan kuku, yang disebabkan dermatofit, candida dan jamur. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Fungiderm cr 5g 1

Enzim pencernaan tersebut diproduksi secara natural oleh sistem pencernaan yang ada dalam tubuh. Enzim-enzim tersebut bertugas untuk memecah komponen makanan contohnya lemak, karbohidrat, dan protein. 

Hal ini bertujuan agar nutrisi yang berasal dari makanan bisa diserap ke dalam aliran darah sehingga menunjang fungsi sel-sel tubuh.

Jenis-jenis Enzim Pencernaan Serta Fungsinya

Tubuh anda memproduksi berbagai jenis enzim pencernaan yang digunakan untuk memecah nutrisi di dalam makanan yang anda konsumsi sehingga dengan mudah dapat diserap. 

Berbeda jenis nutrisi yang masuk, berbeda pula jenis enzim pencernaannya. Berikut sejumlah jenis enzim pencernaan yang ada di tubuh:

  • Amilase
    Enzim amilase dihasilkan di kelenjar liur, pankreas, serta usus halus. Enzim ini berperan untuk mengubah zat pati atau karbohidrat menjadi gula (glukosa). Ketika makanan yang mengandung karbohidrat dikunyah, maka kelenjar liur yang ada di dalam mulut akan menghasilkan amilase.
  • Protease
    Enzim protease merupakan enzim pencernaan yang berperan untuk mengubah protein dalam makanan menjadi asam amino. Enzim ini dihasilkan di lambung, pankreas, serta usus halus. Ada sejumlah jenis enzim protase, antara lain pepsin (enzim pencernaan utama yang ada di lambung), tripsin, dan kimotripsin.
  • Lipase
    Lipase merupakan enzim yang mempunyai tugas untuk mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol (zat gula yang mengandung alkohol). Organ tubuh yang bertugas untuk memproduksi enzim ini adalah pankreas dan lambung. Enzim lipase juga dihasilkan di dalam ASI yang fungsinya adalah untuk membantu bayi mencerna molekul lemak ketika menyusu.
  • Maltase
    Enzim ini dihasilkan oleh usus halus. Enzim maltase memiliki tugas untuk menghancurkan maltosa. Zat gula maltosa ini umum ditemukan pada jenis tumbuhan, contohnya  biji-bijian, gandum dan ubi.
  • Laktase Laktase
    merupakan jenis enzim pencernaan yang bertugas untuk mengubah gula laktosa. Gula ini  dihasilkan di dalam susu dan makanan atau minuman yang berasal dari susu. Orang dengan intoleransi laktosa acap kali dianjurkan untuk mengonsumsi enzim laktase tambahan ketika mengonsumsi susu.
  • Sukrase Sukrase
    merupakan enzim yang dihasilkan oleh usus halus. Fungsi enzim sukrase ini adalah untuk mengubah sukrosa menjadi gula sederhana, contohnya fruktosa dan glukosa. Gula sukrosa biasa ditemukan pada tanaman, contohnya tebu, sorgum, dan bit gula. Sukrosa juga bisa diperoleh dari madu, hanya saja dalam jumlah yang sedikit.

Setelah tertelan, makanan itu akan diproses lebih lanjut di usus halus oleh enzim amilase yang diproduksi di pankreas. 

Di dalam usus, amilase kemudian memecah molekul zat pati sampai menjadi glukosa. Glukosa tersebut nantinya akan diserap ke dalam sirkulasi darah lewat dinding usus halus.

Tugas enzim pencernaan sangat penting untuk proses pencernaan dalam tubuh anda. Meski demikian, kinerja enzim pencernaan bisa terhambat jika anda sedang demam atau sakit, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau sedang menjalani diet khusus. 

Disamping itu, radang pankreas (pankreatitis), penyakit Gaucher, dan fenilketonuria juga bisa mengakibatkan fungsi enzim pencernaan menjadi ikut terganggu.

Bila anda mengalami penyakit tersebut, anda perlu menambah suplemen enzim pencernaan. Disamping untuk membantu proses pencernaan, suplemen ini juga mampu membantu meringankan keluhan yang kaitannya dengan gangguan enzim pencernaan. Tetapi sebaiknya pastikan anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Stomach (Human Anatomy): Picture, Function, Definition, Conditions, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/digestive-disorders/picture-of-the-stomach)
Trypsin Function: A Proteolytic Enzyme Vital for Good Health. Healthline. (https://www.healthline.com/health/trypsin-function)
Enzymes: Function, definition, and examples. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319704.php)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app