Makanan dan Diet Sehat

Manfaat Asam Jawa dan Resep Kreasi yang Lezat

Dipublish tanggal: Sep 5, 2019 Update terakhir: Agu 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Asam Jawa dan Resep Kreasi yang Lezat

Asam jawa sering diolah ke dalam berbagai jenis masakan atau untuk membuat jamu. Tidak banyak orang yang tahu bahwa asam jawa juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Hal ini tentu tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi asam jawa yang baik bagi tubuh. Memangnya, apa saja manfaat asam jawa bagi kesehatan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas tentang asam jawa

Asam jawa atau tamarind adalah salah satu tanaman tropis yang habitat asalnya dari India. Pohon asam jawa ini menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi atau dimanfaatkan sebagai campuran bahan masakan dan  racikan minuman di seluruh dunia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Dapatkan Obat Mata Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 12

Asam jawa sendiri memiliki buah polong yang berwarna cokelat dengan bunga berwarna kuning. Buah asam biasanya memiliki jumlah biji yang bervariasi, dari 2 hingga 5 biji yang ditutupi kulit. 

Walaupun rasanya masam, namun buah ini diyakini memiliki beragam senyawa yang baik untuk tubuh, seperi vitamin B, vitamin C, zat besi, mineral, hingga beta karoten.

Manfaat asam jawa bagi kesehatan

Pada dasarnya, asam jawa tergolong aman untuk dikonsumsi dan diolah ke berbagai masakan maupun jamu. Berbagai manfaat asam jawa bagi kesehatan antara lain: 

1. Sebagai obat mata kering

Ekstrak biji asam jawa dipercaya bisa dimanfaatkan sebagai obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. Sejumlah peneliti meyakini asam jawa memiliki bahan kimia yang mirip dengan mucin pada mata, yaitu protein yang melapisi permukaan bola mata. Mucin pada mata berfungsi untuk melindungi dan membuat permukaan kornea mata tetap basah.

2. Mengobati sembelit atau susah BAB

Manfaat asam jawa juga dapat membantu mengatasi sembelit alias susah BAB. Pasalnya, asam jawa mengandung beragam zat yang memiliki khasiat sebagai pencahar (laksatif), juga melawan jamur dan bakteri tertentu.

3. Penurun tekanan darah

Khasiat asam jawa dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, buah masam ini juga mempunyai efek anti radang dan anti diabetes sehingga cocok bagi para penderita diabetes. Hal itu disebabkan karena asam jawa memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Dapatkan Obat Mata Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 12

4. Mengoptimalkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian menyatakan bahwa asam jawa mengandung senyawa polifenol, salah satunya flavonoid. Hal ini membuat manfaat asam jawa sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Di balik manfaat tersebut, perlu diketahui juga bahwa asam jawa juga memiliki kalori tinggi bila dibandingkan dengan buah lainnya. Bila Anda sedang diet rendah kalori atau mengontrol asupan kalori, sebaiknya hindari konsumsi asam jawa. 

Asam jawa juga tidak disarankan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, asam jawa juga sebaiknya tidak dikonsumsi selama 2 minggu menjelang operasi. Hal ini dapat mengganggu kadar gula darah selama dan setelah operasi dilakukan.

Baca Juga: 17 Khasiat Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Resep masakan berbahan asam jawa

Setelah Anda mengetahui beragam manfaat asam jawa, maka kini Anda bisa mengolahnya ke dalam berbagai masakan. Salah satunya dengan resep berikut ini.

Tahu Kari Panggang Campur Saus Asam Pedas

Bahan-bahan:

  • 2 buah tahu besar, potong-potong
  • 1 mangkuk sari asam jawa
  • 10 buah kurma, cincang kasar
  • 1 sendok teh (sdt) parutan jahe
  • ½ sdt jintan, haluskan
  • ¼ sdt cabai
  • 1 sdt bubuk kari
  • ¼ sdt lada hitam
  • Garam secukupnya
  • 1 sdt minyak

Cara membuat:

  1. Panaskan alat panggang.
  2. Blender asam jawa, kurma, jahe, jintan, garam, dan cabai sampai halus untuk membuat saus.
  3. Lumuri tahu dengan minyak, bubuk kari, garam, dan lada hitam.
  4. Panggang tahu sampai seluruh bagian matang.
  5. Hidangkan tahu dengan saus di atasnya.

Asam jawa bisa dimanfaatkan untuk berbagai hidangan atau minuman. Namun, sebelum Anda mengandalkan manfaat asam jawa sebagai obat, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau ahli gizi.

Khususnya bila asam jawa hendak dikonsumsi bersamaan dengan obat medis. Hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi yang bisa terjadi akibat mengonsumsi asam jawa. Alih-alih meraup manfaat asam jawa, malah bisa memicu penyakit lain yang tak diinginkan.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Benefits of Tamarind, a Diabetes-Friendly Sweet Food. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/benefits-of-tamarind-1087442)
Tamarind: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-819/tamarind)
What Is Tamarind? A Tropical Fruit With Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/tamarind)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app