Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Doctor men
Ditinjau oleh
DR. AHMAD MUHLISIN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Berbagai Obat Sariawan Terbukti Paling Ampuh, Alami dan Obat Medis

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 6 menit
Berbagai Obat Sariawan Terbukti Paling Ampuh, Alami dan Obat Medis

Sariawan termasuk penyakit yang sering terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Meski kadang jadi penyakit 'langganan', sayangnya belum banyak yang tahu obat sariawan apa yang benar-benar ampuh untuk menghilangkan sariawan dalam waktu cepat. Bagi Anda yang mengalaminya, Anda tentu tahu betul seperti apa rasanya tersiksa akibat sariawan sebab jadi susah makan hingga berbicara. Yuk, simak berbagai pilihan obat sariawan berikut ini!

Tips perawatan untuk mengobati sariawan

Kebanyakan sariawan di mulut sebetulnya tidak membutuhkan perawatan khusus, karena biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 10-14 hari. Namun karena rasanya cukup mengganggu, Anda tentu ingin sariawan tersebut segera sembuh lebih cepat, bukan?

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

SP Troches digunakan untuk kondisi: radang tenggorokan, faringitis, tonsilitis, dan stomatitis. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Sebelum mencoba berbagai obat sariawan, Anda juga bisa mengobati sariawan denagn hal-hal sederhana yang dilakukan di rumah. Terlebih jika Anda terkena sariawan ringan, maka coba dulu cara mengobati sariawan secara alami berikut ini:

  • Gunakan sikat gigi yang lembut saat menggosok gigi.
  • Berkumur-kumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, setidaknya sehari 3 kali selama 1 menit.
  • Hindari makanan yang bertekstur keras, kasar, atau taja, dan makanan atau minuman yang pedas dan asam hingga sariawan sembuh. Sebaliknya beralihlah dengan mengonsumsi makanan lunak yang lebih mudah untuk dikunyah dan tidak menimbulkan risiko perlukaan.
  • Hindari hal-hal atau makanan yang diduga menjadi pemicu timbulnya sariawan.
  • Kurangi stres, karena ini dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga bisa membuat seseorang menjadi rentan terkena sariawan. Selain itu, stres juga dapat memperlambat proses penyembuhan sariawan. Oleh karena itu, cobalah melakukan hobi-hobi favorit Anda seperti mendengarkan musik atau pergi jalan-jalan supaya pikiran lebih rileks.

Baca Juga: Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

Tidak semua sariawan bisa sembuh sendiri tanpa obat. Jika sariawan yang Anda alami disebabkan oleh hal-hal fisik seperti gigi tajam, pemakaian kawat gigi alias behel, atau karang gigi, segera periksakan diri ke dokter gigi. Dokter akan membantu mengatasi masalah-masalah fisik tersebut, kemudian masalah sariawan Anda akan sembuh secara bertahap.

Obat sariawan yang terbukti manjur

Ada banyak pilihan obat sariawan yang tersedia, baik yang dijual di apotek maupun yang membutuhkan resep dokter. Keseluruhan obat tersebut memiliki fungsi yang umumnya sama, yakni meringankan rasa sakit, perih, ketidaknyamanan, atau bahkan pembengkakan akibat sariawan.

Bagi Anda yang tidak sempat periksa ke dokter, ada obat sariawan yang dijual bebas di apotek sehingga Anda tak perlu resep dokter. Kalau masih bingung, Anda bisa menanyakan pada apoteker mengenai obat sariawan mana yang cocok untuk kondisi Anda. Pasalnya, ada beberapa obat yang tidak boleh digunakan oleh anak-anak, wanita hamil, hingga ibu menyusui karena alasan keamanan.

Berikut ini beberapa obat sariawan yang ampuh dan terbukti manjur, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

1. Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah obat yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. Obat sariawan jenis ini dapat membantu meredakan rasa nyeri dan membantu menyembuhkan sariawan lebih cepat.

Kortikosteroid tersedia dalam berbagai bentuk, yaitu obat kumur, semprotan, hingga krim. Kortikosteroid berbentuk krim digunakan dengan cara dioleskan langsung ke area mulut yang terdapat sariawan, khususnya untuk sariawan sudut bibir dan sariawan di lidah.

Perlu diketahui bahwa obat sariawan jenis kortikosteroid tidak dianjurkan untuk penggunaan jangka panjang.

2. Obat kumur antimikroba

Obat kumur antimikroba berfungsi untuk membantu membunuh bakteri, virus, atau jamur penyebab sariawan. Dengan penggunaan rutin, obat sariawan jenis ini dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Chlorhexidine glukonat adalah obat kumur yang paling sering diresepkan, meskipun ada pula yang bebentuk gel dan semprotan. Chlorhexidine glukonat biasanya digunakan sebanyak 2 kali sehari.

3. Betadine obat kumur

Produk Betadine memang lebih awam dikenal sebagai antiseptik untuk mengobati luka bakar. Tak hanya itu, sekarang juga tersedia Betadine dalam bentuk obat kumur yang bisa Anda gunakan sebagai obat sariawan.

Iklan dari HonestDocs
Beli SP Troches Melon via Pengiriman Obat HonestDocs

SP Troches digunakan untuk kondisi: radang tenggorokan, faringitis, tonsilitis, dan stomatitis. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Screen shot 2019 04 10 at 17.23.43

Betadine obat kumur memiliki kandungan utama povidone iodine 1%, yaitu jenis iodine kompleks yang bertugas untuk membunuh bakteri, virus, jamur, protozoa, hingga jamur. Bagi Anda yang sedang mencari obat sariawan yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, maka Betadine obat kumur bisa jadi pilihannya. 

4. Borax Glyserin

Borax glyserin adalah obat golongan antiseptik atau desinfektan yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri, bahkan sebagai obat sariawan. Tak hanya itu, obat ini juga bisa diandalkan untuk para ibu menyusui yang mengalami luka pada puting susu. Contoh merek dagang Borax Glyserin adalah GOM.

5.  Gentian Violet 1%

Gentian Violet 1% adalah cairan berwarna biru keunguan (violet) yang mengandung kristal violet. Obat ini sering digunakan untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan sariawan.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan cara mengoleskan pada mulut yang sakit atau yang terkena sariawan beberapa kali sehari. Tapi ingat, jangan ditelan, ya!

6. Efisol

Efisol adalah salah satu obat yang mampu meredakan infeksi dan luka pada lapisan mukosa mulut, lidah, gusi, hingga tenggorokan. Selain itu, obat sariawan bisa diandalkan untuk membantu mengatasi amandel, lho!

Efisol mengandung kombinasi utama antiseptik dequalinium dan thymol yang mampu melawan bakteri dan jamur. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk membentuk kolagen dan mempercepat pemulihan sariawan.

Ada 2 bentuk Efisol yang bisa Anda pilih, yakni permen hisap (lozenge) dan obat kumur. Pastikan untuk selalu mengikuti dosis dan aturan penggunaan obat yang tertera pada kemasan.

7. Enkasari

Enkasari tak hanya bisa digunakan sebagai obat sariawan ampuh, tapi juga menyegarkan mulut hingga mengurangi bau mulut tak sedap. Mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak daun saga, ekstrak daun sirih, dan ekstrak kayu manis yang aman bagi kesehatan.

8. Bufacomb

Bagi Anda yang lebih mudah menggunakan salep, maka Bufacomb bisa jadi pilihan terbaik. Bufacomb adalah obat sariawan berbentuk salep yang dapat dioleskan pada sariawan di bibir atau mulut.

Dilihat dari kandungannya, Bufacomb mengandung triamcinolone acetonide yang bersifat imunosupresif dan anti-inflamasi. Kedua sifat tersebut bekerja bersama-sama untuk mengatasi luka pada mulut dan bibir.

Karena cara penggunaannya dioles, maka pastikan Anda sudah mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengoleskan Bufacomb. Hal ini bertujuan supaya tangan lebih higienis dan mencegah kontaminasi bakteri pada sariawan.

9. Aloclair Plus

Aloclair Plus tersedia dalam 3 bentuk, yakni gel, semprotan (spray), dan obat kumur. Aloclair Plus berfungsi untuk mengurangi nyeri akibat sariawan, luka tergigit, hingga iritasi mulut lainnya. Cocok digunakan oleh semua usia, termasuk bayi dan anak-anak.

Ada 6 kandungan utama yang ada di dalam Aloclair Plus, antara lain:

  • Ekstrak lidah buaya, baik untuk mengurangi peradangan pada luka mulut.
  • Sodium hyaluronate, mencegah gesekan pada luka mulut.
  • Glycyrrhetic acid, membantu mengatasi peradangan dan infeksi pada permukaan kulit, khususnya sariawan dan luka di mulut.
  • Polyvinylpyrrolidone, membentuk lapisan pelindung pada luka sehingga sariawan bisa cepat sembuh.
  • Ekstrak akar manis, mampu menghilangkan rasa sakit karena bersifat antiradang.
  • Kayu manis, mampu melawan sariawan dan penyakit lainnya akibat infeksi bakteri H. pylori.

Aloclair Plus diformulasikan dengan sangat ringan dan memiliki rasa yang manis. Oleh karena itu, Anda tak perlu khawatir jika anak-anak tak sengaja menelan cairan obat sariawan ini. 

Baca Juga: Penyebab Sariawan Pada Anak dan Obatnya

10. Kuldon Sariawan

Anda mencari obat sariawan yang dibuat dari bahan-bahan alami? Kuldon Sariawan bisa jadi pilihan tepat.

Pasalnya, Kuldon Sariawan mengandung bahan alami seperti daun saga, bunga krisan, dan alang-alang yang bermanfaat untuk mengatasi sariawan, panas dalam, dan sakit tenggorokan. Cara penggunaannya bisa diminum langsung atau dikunyah dulu.

Obat sariawan alami

Selain dengan obat-obatan yang ada di apotek atau resep dokter, sebetulnya ada beberapa bahan alami yang bisa membantu meringankan gejala sariawan. Bahkan, beberapa di antaranya sudah ada di dapur Anda.

Berikut pilihan obat sariawan alami, antara lain:

1. Baking soda

Baking soda mengandung alkalin yang dapat menetralisir zat asam yang mengiritasi sariawan. Selain itu, baking soda juga bisa membantu mempercepat penyembuhan sariawan.

Untuk memanfaatkan obat sariawan yang satu ini, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan setengah gelas air hangat. Kumur-kumur dengan larutan baking soda selama beberapa kali sehari sampai sariawannya sembuh.

2. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai tanaman sejuta khasiat. Salah satunya, lidah buaya dipercaya mampu mempercepat penyembuhan bahkan mendinginkan sariawan yang terasa menyiksa.

Pertama-tama, keringkan area mulut yang terdapat sariawan dengan kapas. Kemudian oleskan sedikit gel lidah buaya pada sariawan. Ulangi cara ini beberapa kali sampai gejala sariawannya mereda.

3. Kantong teh celup

Jangan buru-buru membuang bekas kantong teh celup ke tempat sampah setelah Anda membuat secangkir teh. Bahan yang satu ini bisa Anda manfaatkan sebagai obat sariawan ampuh, lho!

Para ahli menduga bahwa kantong teh celup memberikan kesan mendinginkan dan meredakan nyeri pada sariawan. Caranya, tempelkan kantong teh celup pada area sariawan selama 5 menit dan lakukan berulang kali.

Yang harus diperhatikan saat menggunakan obat sariawan

Saat minum obat sariawan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Hindari menggunakan pasta gigi dengan kandungan sodium lauryl sulfate (SLS).
  • Selalu gunakan obat sariawan sesuai dosis dan aturan penggunaan yang dianjurkan.
  • Jika sariawan tak juga sembuh dalam waktu 2 minggu, segera konsultasikan ke dokter.

Nah, sekarang Anda tak perlu bingung lagi untuk memilih obat sariawan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Namun kalau masih tidak yakin, jangan ragu untuk menanyakan pada dokter. Begitu juga sebelum Anda mencoba obat sariawan alami, perhatikan reaksi efek samping yang mungkin muncul. Jika rasanya mengganggu, segera hentikan dan konsultasikan pada dokter.

Baca Juga: Obat Sariawan untuk Anak dan Bayi

24 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit