Betadine Obat Kumur: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.132.953 orang

Anda pasti tidak asing dengan obat Betadine, Betadine adalah Povidone Iodine yang merupakan antiseptik. Povidone Iodine adalah iodine kompleks, yang  berfungsi membunuh mikro-organisme seperti bakteri, jamur, virus, protozoa dan jamur

Oleh karena itu, Povidone Iodine dapat digunakan untuk mengobati infeksi akibat mikro-organisme.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jika Anda tidak asing dengan Betadine yang sering diberikan pada luka, apakah Anda pernah mendengar tentang Povidone Iodine kumur? Povidone Iodine kumur digunakan untuk mengobati infeksi pada mulut dan tenggorokan, seperti gingivitis (radang gusi) dan bisul mulut

Povidone Iodine juga digunakan untuk mencegah infeksi sebelum, selama dan setelah operasi gigi dan mulut .

Dosis dan cara penggunaan Betadine Obat Kumur

Jika Betadine yang sering Anda gunakan saat Anda terluka mengandung 10% Povidone Iodine, berbeda dengan Betadine obat kumur yang hanya mengandung Povidone Iodine sebanyak 1%. Cara menggunakan Betadine obat kumur:

  • Encerkan 1 mL sampai 20 mL dengan air menggunakan ukuran yang disediakan dan berkumur selama 30 detik.
  • Jangan ditelan.
  • Ulangi setiap 3 hingga 4 jam jika perlu.
  • Betadine obat kumur tidak boleh digunakan untuk anak-anak kurang dari 6 tahun

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan dari penggunaan Betadine obat kumur?

Setiap Obat-obatan pasti memiliki efek samping bagaimanapun cara penggunaannya. Walaupun efek samping jarang terjadi, kemungkinan terjadinya efek samping dapat berbeda dari satu orang dengan yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang diketahui muncul akibat penggunaan obat ini. Walaupun demikian tidak berarti bahwa semua orang yang menggunakan obat ini akan mengalami efek samping seperti dibawah ini.

  • Iritasi pada lapisan mulut dan tenggorokan
  • Efek samping akibat iodine terlalu banyak diserap oleh tubuh. Gejalanya dapat meliputi gejala pada orang dengan hipertiroidisme seperti jantung berdebar, berkeringat, lemas dan lain-lain.
  • Kelebihan yodium dapat menyebabkan gondok akibat hipotiroidisme atau hipertiroidisme. Efek seperti itu kadang-kadang terlihat dengan penggunaan  Povidone Iodine yang ekstensif atau berkepanjangan. Efek lain yang telah dilaporkan adalah asidosis metabolik dan gagal ginjal akut.

Efek samping yang tercantum di atas mungkin tidak termasuk semua efek samping yang dilaporkan oleh produsen obat, untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat pada tiap-tiap kemasan atau menghubungi dokter atau apoteker Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Peringatan penggunaan dari Betadine Obat Kumur

Jika gejala menetap selama lebih dari 14 hari, segera periksa ke dokter gigi untuk mengetahui kondisi Anda yang sesungguhnya. Obat ini harus digunakan sesuai petunjuk, yaitu digunakan untuk berkumur selama 30 detik dan bilas setelahnya. Betadine obat kumur tidak boleh ditelan.

Penggunaan obat ini tidak boleh digunakan setiap hari secara terus menerus, terutama pada orang dengan gangguan tiroid (lihat di bawah), karena penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan iodine diserap terlalu banyak ke dalam tubuh. 

Jangan gunakan selama lebih dari 14 hari. Selain itu ada beberapa kondisi dimana betadine obat kumur tidak boleh digunakan, yaitu :

  • Riwayat alergi terhadap iodine
  • Anak-anak di bawah enam tahun
  • Gangguan tiroid seperti gondok koloid nodular, gondok endemik atau tiroiditis Hashimoto (jangan digunakan terlalu sering jika mengalami kondisi ini)
  • Obat ini tidak boleh digunakan jika Anda alergi terhadap salah satu bahan-bahan yang terkandung di dalam Betadine obat kumur. Harap beri tahu dokter atau apoteker Anda jika sebelumnya Anda pernah mengalami alergi semacam itu.

Jika saat menggunakannya Anda merasa mengalami reaksi alergi, hentikan penggunaan obat ini dan segera beri tahu dokter atau apoteker Anda.

Apakah ibu hamil dan Menyusui dapat menggunakan obat ini?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan selama kehamilan atau menyusui. Namun, obat-obatan lain mungkin aman digunakan selama masa kehamilan atau menyusui. 

Jika Anda adalah seorang wanita hamil dan ingin menggunakan betadine obat kumur, pertimbangkan manfaat dan risikonya. Selalu beri tahu dokter Anda jika Anda hamil atau merencanakan kehamilan, sebelum menggunakan obat apa pun.

Obat ini tidak boleh digunakan secara teratur saat hamil atau menyusui. Penggunaan obat ini harus dibatasi hanya untuk satu sesi perawatan saja. Mintalah saran medis dari dokter Anda.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp