Chlorhexidine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 7, 2019 Update terakhir: Des 10, 2021 Tinjau pada Apr 5, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Chlorhexidine adalah agen antiseptik yang banyak digunakan dalam berbagai keperluan medis untuk membunuh mikroorganisme;
  • Chlorhexidine termasuk golongan obat bebas yang tersedia dalam kemasan obat kumur dan cairan pembersih antiseptik;
  • Chlorhexidine adalah bahan obat kumur atau pasta gigi yang bisa digunakan untuk mengobati radang gusi serta menjaga kebersihan mulut;
  • Dosis penggunaan Chlorhexidine untuk mengatasi masalah mulut adalah 10 ml yang dikumur selama 1 menit. Lalukan sebanyak 2 kali sehari;
  • Klik untuk membeli produk dengan kandungan Chlorhexidine secara online di HDmall. Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Chlorhexidine adalah agen antiseptik. Chlorhexidine berbeda dengan antibiotik yang hanya menargetkan golongan bakteri tertentu. Chlorhexidine memiliki fungsi yang sama dengan pemutih dalam membasmi mikroorganisme. Akan tetapi tidak seperti pemutih, Chlorhexidine aman digunakan pada kulit dan permukaan tubuh lainnya.

Chlorhexidine telah lama digunakan dan tersedia untuk penggunaan medis di lingkungan rumah sakit dan untuk umum. Produk Chlorhexidine digunakan untuk melindungi pasien terhadap infeksi dan mencegah penyebaran organisme, seperti Methicillin-resistant Staphylococcus Aureus (MRSA). 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Mengenai Chlorhexidine

Golongan

Obat bebas

Kemasan

Obat kumur, cairan obat luar

Kandungan

Antiseptik

Manfaat Chlorhexidine

Chlorhexidine digunakan dalam berbagai prosedur yang berkaitan dengan menetralisir kulit seperti persiapan operasi, kebersihan tangan (sabun), akses vaskular (membersihkan penutup ujung kateter, pembalutan luka), serta membersihkan mulut yang terpasang ventilator. 

Anda atau orang yang Anda kenal mungkin pernah diresepkan obat kumur atau pasta gigi oleh dokter gigi yang mengandung Chlorhexidine. Chlorhexidine adalah bahan umum yang ditemukan di dalam obat kumur atau pasta gigi yang digunakan untuk mengobati radang gusi (gingivitis) atau menjaga kebersihan mulut. Sebagian orang juga diresepkan obat kumur Chlorhexidine setelah menjalani operasi mulut besar atau untuk mengobati masalah gigi lainnya. 

Penggunaan Chlorhexidine yang umum lainnya mungkin digunakan sebagai produk kulit atau kosmetik. Chlorhexidine juga sering digunakan sebagai pembersih tangan, sampo atau krim kulit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Beberapa pasien yang sedang menjalani prosedur pembedahan mungkin dianjurkan juga untuk mandi dengan menggunakan campuran Chlorhexidine sebelum menjalani prosedur untuk mencegah kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh operasi.

Seberapa efektif penggunaan Chlorhexidine untuk mencegah infeksi?

Chlorhexidine efektif seperti antibiotik dalam membasmi bakteri, tetapi tidak seperti antibiotik, Chlorhexidine juga efektif terhadap hampir semua bakteri dan jamur. Chlorhexidine tidak bekerja secepat alkohol untuk disinfeksi, tetapi bekerja dalam 20 detik dan berlangsung lebih lama. 

Karena alasan ini, Chlorhexidine sering digunakan dalam kombinasi dengan alkohol dalam mensterilkan kulit. Dalam dunia medis, Chlorhexidine telah terbukti menjadi salah satu komponen yang tahan lama dan efektif untuk mengurangi infeksi.

Apakah resistensi terhadap Chlorhexidine mungkin terjadi?

Yang dimaksud dengan resistensi adalah saat bakteri menjadi kebal terhadap penggunaan suatu obat tertentu. Pada penggunaan Chlorhexidine, Karena Chlorhexidine bekerja pada tingkat mikrobiologi, organisme tidak mungkin membangun resistensi terhadap Chlorhexidine seperti mereka resisten terhadap antibiotik. 

Chlorhexidine bekerja secara universal melawan semua jenis bakteri dan jamur dengan menghancurkan dinding sel dan membunuh sel. Selama 60 tahun terakhir, tidak ada organisme yang resisten terhadap Chlorhexidine.

Dosis Chlorhexidine

Chlorhexidine adalah obat antiseptik yang tersedia dalam dosis sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1
  • Larutan, oral untuk kumur: dengan kandungan sebanyak 0.12%
  • Cair, topikal: dengan kandungan sebanyak 0.5%, 2%, 4%

Dosis penggunaan Chlorhexidine yang mengandung 0,2% chlorhexidine untuk mengatasi masalah rongga mulut adalah dengan takaran 10 ml, kumur selama 1 menit, lalukan sebanyak 2 kali sehari. 

Sedangkan penggunaan Chlorhexidine dalam bentuk antiseptik dan disinfeksi pada kulit sebagai cairan obat luar dapat langsung digunakan pada kulit yang ingin dibersihkan.

Efek samping Chlorhexidine

Chlorhexidine bersifat ototoxic, artinya jika larutan Chlorhexidine dimasukkan ke dalam saluran telinga yang mengalami kebocoran pada gendang telinga dapat menyebabkan tuli. Selain itu, chlorhexidine juga dapat menimbulkan beberapa efek samping sebagai berikut;

  • Iritasi pada mulut dan tenggorokan
  • Mulut kering
  • Plak keras pada gigi meningkat
  • Perubahan rasa
  • Iritasi pada area yang terkena
  • Warna obat membekas pada lidah atau gigi

Perhatian

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan Chlorhexidine, di antaranya:

  • Walau sangat jarang terjadi, hentikan penggunaan dan segera cari bantuan medis jika mengalami iritasi atau reaksi alergi
  • Jangan gunakan Chlorhexidine untuk mengobati luka lebih dalam dari lapisan luar kulit
  • Tidak boleh digunakan pada kulit kepala atau wajah, alat kelamin, atau pada meninges
  • Chlorhexidine hanya digunakan untuk pemakaian luar, jangan sampai tertelan
  • Pemakaian pada bayi berusia kurang dari 2 bulan sebaiknya dikonsultasikan ke dokter terlebih dahulu

Artikel terkait:


15 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
WebMD (2018). Chlorhexidine Gluconate Mouthwash. (https://www.drugs.com/mtm/chlorhexidine-gluconate-oral-rinse.html)
MIMS Indonesia (2018). Chlorhexidine. (http://www.mims.com/indonesia/drug/info/chlorhexidine/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app