Kesehatan Anak

Obat Radang Tenggorokan Anak yang Manjur dan Aman

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Mei 28, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Obat Radang Tenggorokan Anak yang Manjur dan Aman

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Radang tenggorokan pada anak mirip seperti sakit flu biasa, ditandai dengan demam, sakit kepala, dan susah menelan.
  • Beberapa penyebab radang tenggorokan pada anak meliputi infeksi virus, infeksi bakteri, penyakit gigi, infeksi amandel, hingga sinusitis.
  • Penggunaan obat radang tenggorokan anak harus lebih hati-hati mengingat kondisi fisiknya yang lebih sensitif terhadap jenis obat dan dosisnya.
  • Obat radang tenggorokan anak yang sering diresepkan antara lain obat analgesik (ibuprofen atau pracetamol), obat tetes hidung NaCl, atau antibiotik.
  • Berikan anak minuman hangat dan makanan yang lunak agar tenggorokannya terasa lebih nyaman. 
  • Dokter kami telah menjawab pertanyaan seputar radang tenggorokan pada anak usia 2,5 tahun pada kolom Tanya Dokter di Honestdocs. Klik untuk info lebih lanjut.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering menjangkiti anak-anak. Tidak seperti dewasa, penggunaan obat radang tenggorokan anak harus lebih hati-hati mengingat kondisi fisiknya yang lebih sensitif terhadap jenis obat dan dosisnya. Oleh karena itu, perhatikan dulu keamanan obat sebelum mulai memberikannya pada anak.

Sekilas tentang radang tenggorokan pada anak

Tenggorokan merupakan organ tubuh yang termasuk dalam saluran pernapasan dan pencernaan. Karena letaknya di atas dan dekat dengan mulut dan hidung yang merupakan pintu masuk bagi mikroorganisme, maka organ ini sangat rentan untuk mengalami peradangan terutama yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Baca Juga: Ciri-Ciri dan Gejala Radang Tenggorokan yang Harus Diwaspadai

Radang tenggorokan pada anak dan balita dapat menyerupai penyakit flu biasa, sepeti demam, sakit kepala dan gangguan susah menelan. Biasanya, sakit tenggorokan pada anak dapat sembuh dalam kurang dari satu minggu.

Karena bisa sembuh sendiri, tidak sedikit orang yang menyepelekan penyakit ini. Padahal, radang tenggorokan sudah pasti akan mengganggu aktivitas dan menghilangkan nafsu makan karena rasa sakit yang ditimbulkannya pada saat menelan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan radang tenggorokan, antara lain:

1. Virus flu dan pilek

Penyakit dengan nama ilmiah faringitis ini umumnya terjadi akibat infeksi virus flu dan pilek. Radang tenggorokan akibat pilek dan flu akan hilang dengan sendirinya seiring dengan sembuhnya penyakit tersebut. 

2. Infeksi bakteri

Penyebab radang tenggorokan juga bisa karena infeksi bakteri. Sumber infeksi yang utama dapat berasal dari 3 hal, yaitu kesehatan mulut dan gigi, amandel dan sinusitis.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berbeda dengan virus, pada kasus yang disebabkan oleh bakteri maka diperlukan obat radang tenggorokan anak yang berupa antibiotik. 

Baca Juga: Antibiotik Radang Tenggorokan

3. Gigi busuk atau gigi berlubang

Gigi yang busuk atau gigi berlubang merupakan tempat berkumpulnya kuman. Kuman tersebut kemudian masuk ke dalam tenggorokan dan menyebabkan infeksi

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut dan ggi. Apabila ada gigi yang busuk atau berlubang, harus segera ditangani dengan cara ditambal atau dicabut. 

4. Infeksi amandel

Amandel pada anak usia 4-10 tahun sebenarnya sangat berfungsi sebagai pertahanan tubuh terutama terhadap infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Namun, amandel yang sudah tidak berfungsi lagi dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

5. Sinusitis

Sinusitis juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Pada sinusitis kronis, lendir akan terus menerus mengalir dibelakang tenggorokan dan hidung hingga menimbulkan iritasi ke di tenggorokan dan menyebabkan radang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Pada keadaan tersebut radang tenggorokan hanya dapat disembuhkan apabila penyebab atau sumber infeksinya dihilangkan dan cara mengatasinya sebaiknya dilakukan dengan berkonsultasi dengan dokter ahli yang berkaitan.

Cara mengobati radang tenggorokan Pada anak

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak yaitu :

  • Berikan anak minuman hangat dan makanan yang lunak.
  • Biasakan anak berkumur dengan air garam atau obat kumur antiseptik
  • Bila anak demam beri anak minum yang cukup dan kompres hangat pada kepala dan ketiak
  • Hindari anak dari memakan makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin
  • Hindari anak dari menghirup asap terutama asap rokok

Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan

Pilihan obat radang tenggorokan untuk anak

Selain dengan beberapa langkah tadi, dokter juga dapat meresepkan obat radang tenggorokan anak sebagai berikut :

  • Obat analgesik: seperti ibuprofen dan paracetamol, untuk menangani sakit tenggorokan serta demam dengan dosis yang sesuai petunjuk dokter.
  • Obat tetes hidung NaCl: dapat digunakan apabila anak mengalami hidung tersumbat
  • Obat antibiotik: hanya digunakan apabila radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri streprokokus atau jenis bakteri lainnya. Penggunaan antibiotik harus dilakukan secara hati-hati dan harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Cara mencegah radang tenggorokan pada anak

Pencegahan terhadap radang tenggorokan juga merupakan hal yang penting dilakukan agar anak tidak mengalami radang kembali. Cara mencegah radang tenggorokan pada anak yang bisa dilakukan adalah:

  • Hindari anak dari penderita batuk pilek
  • Hindari anak dari penderita influenza atau infeksi bakteri
  • Berikan minum air putih yang banyak
  • Biasakan anak menyikat gigi dan menjaga kesehatan mulut
  • Biasakan anak beristirahat dengan waktu yang cukup
  • Berikan anak makanan bergizi yang baik untuk kesehatan.

Jika saat mengalami radang tenggorokan, anak Anda mengalami demam dengan suhu tubuh hinga mencapai lebih dari 38,5 derajat Celsius, cenderung susah menelan, mengeluarkan banyak air liur, terdapat bintik berwarna putih atau terdapat luka pada tenggorokan yang warnanya kemerahan, sakit di bagian leher, dan suara serak selama 2 minggu, maka segera bawa si kecil ke dokter anak terdekat. Dokter akan memeriksa dan memberikan obat radang tenggorokan anak yang sesuai dengan kondisi anak Anda.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
15 natural remedies for a sore throat: Marshmallow root and more. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318631.php)
10 Ways to Help a Sore Throat. Healthline. (https://www.healthline.com/health/cold-flu/help-sore-throats)
Sore Throat Remedies & Treatment: How To Get Rid of A Sore Throat. WebMD. (https://www.webmd.com/allergies/sinus-nose-tool/soothe-sore-throat)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app