Pengobatan

Obat Herbal Tradisional Radang Tenggorokan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Mei 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Obat Herbal Tradisional Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering diderita banyak orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Penyebab radang tenggorokan dapat diakibatkan infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, GERD ataupun tumor. 

Untuk menyembuhkan radang tenggorokan, obat radang tenggorokan yang paling sering digunakan adalah Dexamethasone. Selain menggunakan antibiotik, Anda juga dapat menggunakan obat sakit tenggorokan alami seperti dari obat dari tumbuh-tumbuhan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Alternatif obat radang tenggorokan alami biasanya digunakan oleh mereka yang takut minum obat-obatan yang sifatnya kimiawi, atau terdapat kontraindikasi karena memiliki penyakit tertentu misalnya gangguan fungsi hati, dan lain sebagainya sehingga tidak diperbolehkan minum obat radang tenggorokan tertentu misalnya parasetamol.

Obat tradisional untuk radang tenggorokan tergolong relatif aman dan alami, dalam arti perawatan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan umumnya ada di rumah.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan

1. Berkumur air garam

Beberapa studi membuktikan berkumur air hangat dicampur garam beberapa kali sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak dan bakteri.

Cara membuat larutan air garam:

  • Sediakan satu gelas air hangat (250 ml), kemudian tambahkan 1 sendok teh garam dapur. Aduk sampai rata.
  • Kumur selama 30-60 detik dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan.
  • Secara perlahan semburkan udara dari tenggorokan sehingga berbunyi "grok, grok" seperti orang ngorok. Hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran napas.
  • Lakukan 3 kali dalam sehari.

2. Perbanyak minum

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting, apalagi saat sedang sakit, khususnya radang tenggorokan. Minum yang cukup sehingga air kencing anda berwarna kuning jernih atau bening.

Hal ini akan membuat selaput mukosa pada tenggorokan dan sekitarnya selalu lembab serta lebih mudah melawan bakteri dan iritan. Selain itu membuat tubuh mampu melawan gejala flubatuk, atau demam yang mungkin menyertai.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

3. Minum teh

Segelas teh hangat dapat meredakan rasa tak nyaman akibat radang tenggorokan dengan cepat. Teh dipercaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi. Teh boleh dicampur dengan lemon dan madu. Di mana semuanya bagus untuk mengobati radang tenggorokan.

4. Sup ayam

Sup ayam adalah makanan biasa, namun sup ayam ternyata memiliki manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, karena kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki bersifat anti peradangan sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan.

Selain itu, kita ketahui bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan, oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan nutrisi pun bisa tercukupi dan membuat daya tahan tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi tadang tenggorokan.

5. Madu

Madu terbukti memiliki sifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit saluran pernafasan bawah. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu, bukanlah sesuatu yang baru jika madu digunakan untuk mengobati radang tenggorokan.

Campurkan 1 sendok makan madu dalam air hangat kemudian minum selagi hangat. Tidak hanya menenangkan tenggorokan, ini akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi.

6. Air lemon

Tahukah Anda jika lemon mengandung astringent yang bisa mengempiskan pembekakan pada jaringan tenggorokan sehingga bisa mematikan bakteri penyebab iritasi. Cara membuat air perasan lemon juga sangat mudah, Anda tinggal campurkan 1 sendok teh jus lemon ke dalam secangkir air hangat lalu kumur dalam beberapa detik. Maka bisa mengobati radang tenggorokan yang sedang menyerang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

7. Gunakan cuka apel

Jika Anda sudah tidak tahan dengan sakit radang tenggorokan, maka Anda bisa mencoba kumur menggunakan cuka apel dicampur dengan garam. Cara membuat cuka apel sebagai obat radang tenggorokan sangatlah mudah, Anda tinggal mengambil 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam, kemudian campur dengan air hangat agar bisa dipakai untuk berkumur.

8. Mandi Pakai Air Hangat

Jika Anda biasa mandi pakai air dingin, maka saat sedang sakit radang tenggorokan, Anda bisa mengganti kebiasaan mandi dengan air hangat. Mengapa air hangat bisa jadi obat radang tenggorokan? Sebab uap yang dihasilkan oleh air hangat saat Anda mandi dapat meringankan sakit tenggorokan. Dengan begitu Anda tidak perlu bingung mencari obat radang tenggorokan, bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan baru.

Obat radang tenggorokan alami tersebut memang cukup manjur. Namun jika radang tenggorokan semakin parah dan diikuti tanda-tanda berikut sebaiknya berobat ke dokter:

  • Susah bernapas
  • Susah menelan
  • Air liur berlebihan, karena tak dapat menelan
  • Radang tenggorokan yang parah atau berlangsung lebih lama dari seminggu
  • Kesulitan membuka mulut
  • Nyeri sendi
  • Sakit telinga
  • Ruam pada kulit
  • Demam tinggi lebih dari 38,3 °C
  • Darah dalam air liur atau dahak
  • Radang tenggorokan sering berulang
  • Terdapat benjolan di leher
  • Suara serak lebih dari 2 minggu

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Sore Throat Remedies & Treatment: How To Get Rid of A Sore Throat. WebMD. (https://www.webmd.com/allergies/sinus-nose-tool/soothe-sore-throat)
Sore Throat: Treatment, Causes, Diagnosis, Symptoms & More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/sore-throat)
Sore throat: Diet and home remedies. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/315937.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app