Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Ponstan: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 11, 2019 Tinjau pada NOV 11, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.368.765 orang

Mengenai Ponstan

Golongan:

Obat bebas

Kemasan:

Tablet

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Kandungan:

Asam mefenamat (Golongan obat NSAID)

Indikasi Penggunaan Ponstan

Ponstan ialah salah satu merek obat yang termasuk kategori golongan obat OAINS dan umumnya berbentuk tablet salut selaput atau film coated tablet yang biasanya memiliki fungsi dalam mengobat rasa sakit atau nyeri yang ringan dan sedang yang dirasakan oleh seseorang. 

Selain itu, obat ponstan juga diteliti mampu untuk mengobati berbagai penyakit radang karena obat ini pun termasuk ke dalam golongan obat OAINS yang artinya ialah obat ini ialah obat antiinflamasi non stereoid dan mampu dipakai untuk mengatasi dan meredakan rasa nyeri dan bengkak pada beberapa area tubuh yang mengalami radang

Biasanya obat dengan merek ponstan ini banyak dipakai dan dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai obat pereda sakit dan nyeri saat menstruasi, sakit gigi, keseleo, cidera otot, sakit kepala, sakit setelah melahirkan, nyeri otot dan lain lain.

Kandungan utama yang terdapat dalam obat merek ponstan ini ialah asam mefenemat. Setiap 1 tablet obat ponstan mengandung asam mefenemat aktif sebanyak 500 mg.  

Asam mefenemat sendiri sebenarnya termasuk pada kategori obat non steroidal anti inflammatory drug atau NSAID yang juga berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan peradangan pada tubuh manusia.  Asam mefenemat memiliki cara kerja dengan menghambat proses pembentukan zat kimia tubuh atau prostaglandin. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Prostagaldin bisa dihasilkan oleh tubuh saat terjadi cidera pada jaringan tubuh sehingga menyebabkan bagian tubuh tersebut mengalami peradangan dan pembengkakkan sehingga dengan meminum obat ponstan, maka prostagaldin akan dihambat proses pembuatannya dan radang serta bengkak pun dapat terasa menjadi lebih ringan. 

Namun perlu diingat pengkonsumsian obat ponstan ialah hanya untuk meredakan rasa sakit dan gejala nyeri yang terasa di beberapa bagian tubuh seseorang tanpa menyembuhkan atau mengobati sumber penyakit dari rasa sakit orang tersebut.

Dosis dalam mengkonsumsi Obat Ponstan

Dosis dalam mengkonsumsi obat ponstan sebenarnya sudah tertera di balik kemasan bungkusan obat ponstan yaitu 1 tablet ponstan yang harus langsung diminum dengan air putih yang banyak dan dapat diminum 3 kali sehari

Namun perlu diingat bahwa setelah meminum obat ponstan, jangan langsung mengubah posisi tubuh menjadi tiduran atau berbaring. 

Berikan waktu setidaknya 10 menit sampau obat sampai ke bagian lambung sehingga kerja obat dapat lebih maksimal. Ingat juga untuk mengkonsumsi obat ponstan setelah makan sehingga tidak terjadi iritasi pada bagian lambung.

Efek samping konsumsi Obat Ponstan

Sama seperti obat lainnya, pengkonsumsian obat ponstan pun juga bisa membawa efek samping bagi para penggunanya walaupun tidak semua konsumen akan merasakan efek samping obat ponstan ini. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Adapun beberapa efek samping yang bisa dirasakan oleh para pengguna obat ponstan ialah diare, sembelit, konstipasi, pusing dan sakit kepala, terjadi gatal dan ruam merah di beberapa area kulit, mual dan muntah serta sakit pada bagian perut. 

Bila terjadi efek samping lainnya seperti sesak nafas, tubuh semakin membengkak dan adanya pendarahan di saluran pencernaan maka diharapkan segera berkonsultasi ke dokter dan menghentikan pengkonsumsian obat ponstan.

Interaksi Obat

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya, termasuk:

  • Obat antikoagulan
  • Penghambat ACE, seperti captropil, lisinopril
  • Valsartan
  • Losartan
  • Obat diuretic seperti furosemide
  • Siklosporin
  • Methotrexate 
  • Obat golongan steroid
  • Obat golongan NSAIDs lainnya

Peringatan 

Untuk ibu hamil dan ibu menyusui, sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ponstan terlebih dahulu kecuali atas ijin dan saran dokter karena belum adanya penelitian yang menyatakan bahwa obat ponstan aman bagi janin yang sedang dikandung maupun bagi ASI yang diproduksi bagi bayi.

Untuk Anda yang mempunyai riwayat penyakit atau memang masih mengidap penyakit ginjal, maag, asma, tukak lambung dan penyakit jantung, diwajibkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum meminum obat ponstan karena dikhawatrikan akan membawa resiko dan efek samping yang kurang baik bagi kondisi kesehatan penyakit pasien tersebut.

Untuk Anda yang mempunyai alergi pada obat aspirin, obat anti alergi, obat antiinflamasi OAINS, obat ibuprofen, naproxen, diclofenac dan meloxicam maka sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ponstan karena kandungan asam mefenemat di dalam obat ponstan dapat menyebabkan alergi kambuh kembali.

Obat ponstan ialah obat yang diberikan kepada mereka yang berusia diatas 14 tahun dan dibawah usia 65 tahun.  

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
ponstan obat ponstan ponstan obat apa obat ponstan untuk ibu menyusui ponstan obat