Kesehatan Mulut dan Gigi

Obat Cataflam Untuk Sakit Gigi Yang Membandel

Update terakhir: Mar 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 528.381 orang

Obat Cataflam Untuk Sakit Gigi Yang Membandel

Sakit gigi adalah rasa nyeri menusuk yang muncul di sekitar gigi. Kondisi ini menandakan ada yang tidak beres dengan gigi atau gusi. Rasa sakitnya bisa bervariasi, mulai dari ringan, sedang, hingga nyeri parah tak tertahankan. Untungnya beragam obat sakit gigi kini dapat dengan mudah diperoleh. Salah satunya adalah obat Cataflam untuk sakit gigi yang membandel.

Mengapa bisa muncul sakit gigi?

Beragam kondisi dapat memicu munculnya sakit gigi, yang paling umum adalah gigi berlubang. Lubang di gigi meskipun kecil harus di rawat dengan baik. Membiarkan gigi berlubang akan memicu munculnya infeksi yang kemudian menyebabkan abses di gusi sekitar gigi berlubang.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Beberapa penyebab lain munculnya sakit gigi adalah gigi sensitif, tumbuh gigi bungsu, atau penyakit gusi. Ketiga penyebab ini umumnya tidak menyebabkan nyeri yang terlalu parah dan jika ditangani dengan benar akan mudah reda.

Sakit gigi juga bisa dipicu oleh penyakit lain yang tidak berhubungan dengan gigi seperti infeksi sinus, penyakit jantung, kanker paru-paru dan neuralgia. Rongga sinus letaknya berdekatan dengan akar-akar gigi bagian atas. Saat terjadi infeksi pada area ini, akar gigi atas juga bisa terdampak dan memicu munculnya sakit gigi.

Cataflam untuk sakit gigi yang membandel

Rasa nyeri yang begitu menyiksa dapat diredakan dengan obat antinyeri dari golongan NSAID, salah satunya Cataflam. Tak heran, karena obat ini mengandung kalium diklofenak yang diketahui sebagai salah satu obat pereda nyeri (analgesik) yang cukup ampuh dan cepat meredakan rasa sakit.

Selang waktu kerjanya berkisar 10 - 30 menit setelah dikonsumsi sudah bisa meredakan nyeri parah akibat sakit gigi. Obat ini umumnya diresepkan oleh dokter untuk mengatasi sakit gigi akut yang perlu diredakan segera.

Tapi perlu diingat, obat Cataflam tidak menyembuhkan penyebab dasar dari sakit gigi, melainkan hanya meredakan rasa sakit dan peradangan untuk sementara waktu. Paling tidak obat ini akan meredam sementara rasa sakitnya sebelum di bawa ke dokter gigi.

Jika sakit gigi menunjukkan ciri-ciri seperti pembengkakan di gusi, rasa sakit saat menggigit, dan rasa tidak enak di mulut yang semakin parah dan sangat menyakitkan, terutama jika sudah mengalami pembengkakan di rahang dan demam, maka lanjutkanlah dengan memeriksakannya ke dokter gigi.

Iklan dari HonestDocs
HonestDocs Health Shop - Pesan Obat Jadi Lebih Mudah!

GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia hingga Rp.30,000 (minimum transaksi Rp.50,000)

Medicine delivery 01

Dosis lazim dan cara menggunakan Cataflam

Obat Cataflam untuk sakit gigi ini tersedia dalam sediaan tablet salut gula, bubuk dan juga drop. Obat ini tergolong obat keras, terlihat dari kode merah dengan huruf K pada kemasanya. Jadi penggunaannya harus hati-hati dan memerlukan resep dari dokter.

Lazimnya dokter akan meresepkan Cataflam dalam bentuk tablet salut gula atau bubuk pada pasien dewasa dan dalam sediaan drop untuk anak-anak di atas umur 6 tahun. Dosis lazim dewasa adalah 100 - 150 mg dibagi dalam 2 - 3 bagian per harinya, atau satu butir tablet salut gula Cataflam 50 mg 2-3 kali sehari. Untuk anak-anak umur lebih dari 6 tahun dosis lazimnya 2 mg/kg Berat badan dibagi dalam 2 - 3 dosis per hari.

Ingat! dosis yang tepat adalah yang diresepkan oleh dokter setelah memperhatikan kondisi penyakit dan kesehatan Anda. Hindari mengonsumsi obat keras secara sembarangan, karena efek samping yang tidak diinginkan mungkin muncul.

Kontraindikasi obat Cataflam

Beberapa orang dengan kondisi penyakit tertentu tidak boleh mengonsumsi Cataflam karena interaksi obat ini dengan beberapa jenis penyakit dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya atau memperparah penyakit yang sudah ada. Kondisi berikut mengharuskan penderitanya untuk tidak mengonsumsi Cataflam:

Selain itu, beberapa kondisi seperti sakit jantung, hipertensi, retensi cairan mengharuskan pengguna Cataflam lebih berhati-hati karena efek samping obat dapat memperburuk kondisi ini.

Wanita hamil atau menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini. Jikapun diperlukan obat pereda nyeri dan peradangan, konsultasikan kembali dengan dokter Anda tentang obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil.

Waspadai efek samping Cataflam

Sebagai obat pereda nyeri dari jenis NSAID, cataflam tentunya memiliki efek samping sebagaimana obat lainnya. Efek samping Cataflam bisa berupa mual, nyeri ulu hati, kembung atau diare. Efek samping obat NSAID yang paling umum memang akan terjadi di saluran pencernaan. Namun efek seperti pusing, vertigo, ruam kulit juga mungkin terjadi.

Efek samping yang membahayakan mungkin terjadi pada pasien dengan latar belakang gangguan saluran pencernaan terutama tukak. Pada kondisi itu, sangat mungkin terjadi pendarahan saluran cerna yang ditandai adanya bercak darah di feses. Segera konsultasikan dengan dokter Anda jika ini terjadi.

Tips tambahan untuk mengatasi sakit gigi membandel

Sakit gigi bisa sangat menjengkelkan, bahkan setelah diberikan obat pereda nyeri seperti Cataflam, rasa sakitnya masih mungkin muncul. Beberapa tips berikut bisa Anda lakukan untuk membantu meredakan sakit gigi membandel dengan segera, namun tentu saja efeknya lebih ringan dari pada obat Cataflam.

  • Kumur larutan garam hangat. Air garam dapat sedikit meredakan rasa nyeri dan pembengkakan di gusi, namun jangan lupa untuk tidak menelan larutan garamnya.
  • Kompres hangat. Tempelkan kompres hangat pada rahang di bagian gigi yang sakit, panas dari alat kompres ini akan membantu mengurangi rasa sakit yang muncul. Jika tidak punya alat kompres, Anda bisa menggunakan beras yang dibungkus kain bersih dan diikat dan panaskan beras tadi di microwave dan gunakan saat sudah hangat.
  • Akupresur. Memberikan tekanan pada titik-titik tertentu di bagian tubuh dipercaya dapat membantu meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit. Mintalah bantuan ahli akupresur untuk membantu meringankan sakit gigi yang Anda derita.
  • Cuka Apel. Cuka apel terkenal dengan kemampuan anti inflamasinya, sifat asamnya juga dapat membantu membunuh bakteri yang menginfeksi gigi. Gunakan kapas yang sudah di basahi dengan cuka apal dan tempelkan pada gigi yang sakit untuk mengurangi pemebengkakan dan nyeri.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit