Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA
Kesehatan Mulut dan Gigi

Obat Sakit Gigi yang Terbukti Paling Manjur, Alami dan Medis

Update terakhir: DEC 10, 2019 Tinjau pada DEC 10, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.956.596 orang

Obat Sakit Gigi yang Terbukti Paling Manjur, Alami dan Medis

Sakit gigi alias nyut-nyutan terasa sangat mengganggu. Jangankan untuk makan, hanya sekadar berbicara saja terkadang jadi sulit karena terganggu dengan nyerinya. Ketika ini terjadi, langkah pertama yang sering Anda lakukan tentu langsung mencari obat sakit gigi yang paling ampuh dan tokcer. Tenang, ada beberapa pilihan obat sakit gigi medis dan obat sakit gigi alami yang bisa Anda coba. 

Apa penyebab sakit gigi?

Sakit gigi dapat terjadi ketika pulpa atau bagian tengah gigi yang sensitif mengalami peradangan. Peradangan pada pulpa ini disebabkan oleh berbagai alasan, antara lain gigi berlubang, benturan pada gigi, atau infeksi pada gusi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jaringan pula terdiri dari serabut saraf dan pembuluh darah yang berada di dalam dentin gigi. Ketika pulpa meradang, maka tentu rasanya akan sangat menyakitkan. Oleh karena itulah, Anda perlu segera minum obat sakit gigi yang ampuh untuk meredakan nyeri dan peradangannya.

Baca juga: 13 Penyebab Gigi Ngilu yang Mungkin Tak Terduga Sebelumnya

Obat sakit gigi yang ada di apotek

Gigi terasa senat-senut tentunya tak boleh dibiarkan terlalu lama. Selain rasanya menyakitkan, rasa sakitnya akan membuat Anda tidak fokus bekerja atau beraktivitas seperti biasanya.

Sebelum ke dokter gigi, ada baiknya coba dulu obat sakit gigi yang umumnya ada di apotek, antara lain:

1. Paracetamol

Acetaminophen atau paracetamol adalah salah satu obat analgesik (pereda nyeri) yang biasanya digunakan untuk menurunkan demam. Namun, paracetamol juga bisa diandalkan sebagai obat sakit gigi. 

Paracetamol bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin di otak yang menimbulkan rasa sakit pada gigi. Semakin dihambat, maka semakin berkurang pula sakit giginya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Ibuprofen

Selain paracetamol, ibuprofen juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Obat ini berasal dari golongan obat non-steroid anti-inflamasi (NSAID) yang bisa dibeli secara bebas alias tanpa resep dokter.

Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga cukup efektif untuk mengobati sakit gigi yang ringan hingga sedang.

3. Naproxen sodium

Bila paracetamol dan ibuprofen tak juga ampuh mengobati sakit gigi, maka Anda membutuhkan obat sakit gigi yang lebih berat kandungannya. Nah, di sini Anda bias menggunakan naproxen sodium.

Naproxen bekerja dengan menghambat produksi prostaglandin yang membuat Anda merasakan nyeri di bagian gigi. Dengan minum obat sakit gigi naproxen sodium, perlahan sakit gigi akan berkurang dan membuat Anda kembali nyaman beraktivitas.

4. Asam mefenamat

Asam mefenamat termasuk golongan obat non-steroid anti-inflamasi (NSAID) yang terbilang tokcer sebagai obat sakit gigi. Jenis obat ini dapat mengurangi berbagai rasa nyeri dan peradangan pada tulang dan otot, termasuk sakit gigi.

Asam mefenamat bekerja dengan cara menghambat zat siklo-oksigenase yang juga memproduksi prostaglandin. Ketika zat siklo-oksigenase terhambat, maka tubuh akan menurunkan produksi prostaglandin yang membuat Anda sakit gigi. Alhasil, rasa sakit di gigi akan berkurang sedikit demi sedikit.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ada 2 jenis asam mefenamat sebagai obat sakit gigi, yaitu berbentuk tablet dan sirup. Sesuaikan penggunaannya dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Baca Selengkapnya: Mengulas Manfaat Asam Mefenamat yang Ampuh Atasi Sakit Gigi

5. Cataflam

Cataflam mengandung kalium diklofenak, salah satu obat pereda nyeri yang ampuh dan cepat meredakan rasa sakit. Karena itulah, cataflam bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi paling manjur nan tokcer.

Terlebih bagi Anda yang mengalami sakit gigi parah, Anda hanya perlu waktu 10-30 menit setelah minum obat sampai sakit giginya berkurang. Namun biasanya, obat ini membutuhkan resep dokter.

Baca Selengkapnya: Obat Cataflam untuk Sakit Gigi yang Membandel

6. Obat oles

Tidak hanya berbentuk pil atau tablet saja, ada juga obat sakit gigi yang berbentuk gel atau cairan. Gel ini dapat dioleskan, sementara cairannya dapat diteteskan langsung pada gigi yang nyeri. Terutama pada bagian gigi yang berlubang. 

Salah satunya, Anda dapat menggunakan Dentasol untuk mengatasi nyeri akibat sakit gigi, radang gusi, sariawan, hingga nyeri karena tumbuh gigi. Obat sakit gigi jenis ini mengandung benzokain yang dapat mematikan saraf sementara (efek bius lokal atau mati rasa), sehingga dapat membantu meringankan rasa gigi ngilu dan nyenyut dengan cepat selama beberapa jam.

Dentasol dapat dibeli secara bebas alias tanpa resep dokter, asalkan digunakan sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan. Kabar baiknya, obat sakit gigi ini juga bisa digunakan untuk anak-anak serta ibu hamil dan menyusui, lho!

Meski efeknya cukup ampuh, tetap perhatikan kemungkinan efek samping sebab terkadang menyebabkan sensasi terbakar atau menyengat pada area yang diobati.

Apa pun obat sakit gigi yang Anda gunakan, selalu ikuti dosis dan aturan minum yang tertera. Perhatikan juga kontraindikasi dan efek samping yang mungkin terjadi. Kalau masih bingung dalam memilih obat sakit gigi mana yang ampuh dan sesuai kondisi Anda, segera tanyakan pada dokter.

Khusus pada ibu hamil, maka tidak boleh menggunakan obat sakit gigi tanpa resep atau anjuran dari dokter. Maka dari itu, segera konsultasikan pada dokter untuk mengatasi sakit gigi saat hamil.

Baca selengkapnya: Obat Sakit Gigi untuk Ibu hamil, Efektif dan Aman

Obat sakit gigi alami

Selain obat sakit gigi medis, ternyata ada beberapa bahan alami yang juga bisa diandalkan untuk mengatasi sakit gigi. Bahkan, kebanyakan di antaranya sudah ada di dapur Anda, lho!

Berikut ini beberapa daftar obat sakit gigi alami yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Kompres Dingin

Selain minum obat sakit gigi, Anda juga bisa sembari melakukan kompres dingin pada area pipi tempat sakit gigi berada. Kompres dingin bisa dilakukan dengan membungkus es dengan kain atau handuk, kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. 

Suhu dingin dapat membantu meringankan rasa sakit untuk sementara waktu dan tentunya tanpa menimbulkan efek samping yang membahayakan. Akan tetapi, hindari menempelkan es secara langsung karena berisiko iritasi atau menimbulkan sensasi menyengat.

Selain itu, es yang ditempelkan langsung ke gigi dapat membuat gigi makin sakit. Pasalnya, pulpa gigi yang merangan sedang sangat sensitif terhadap suhu panas ataupun dingin. Bukannya sembuh, salah cara kompres malah bisa memperparah sakit gigi.

2. Berkumur dengan air garam hangat

Sudah coba berkumur-kumur dengan air garam? Kalau belum, Anda patut mencobanya karena ini bisa menjadi obat sakit gigi alami, lho!

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengurangi gejala inflamasi atau peradangan pada gusi. Tak hanya itu, garam juga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

3. Kunyah bawang mentah

Bawang merah dan bawang putih ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai penambah cita rasa masakan, tapi juga ampuh mengobati sakit gigi. Pasalnya, kedua jenis bawang ini mempunyai sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. 

Cara menggunakannya adalah Anda perlu mengunyah bawang tersebut mentah-mentah. Kunyahlah dengan menggunakan sisi mulut yang senat-senut selama beberapa menit. 

Jika Anda tidak tahan dengan sensasi pedas bawang, solusi alternatifnya Anda bisa mengiris tipis bawang, lalu letakkan langsung di gigi yang sakit.

4. Berkumur air cuka

Tak tahan dengan sakit gigi yang menyiksa? Cobalah berkumur-kumur dengan air cuka yang bisa dibuat sendiri.

Baik cuka dapur maupun cuka apel sama-sama memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Namun, perhatikan cara penggunaannya.

Hindari berkumur dengan air cuka mentah-mentah, sebab sifat asam dari cuka malah bisa merusak lapisan enamel atau pelindung gigi. Sebaiknya larutkan 1/2 sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat, lalu kumur-kumur dan tahan di daerah yang sakit selama 30 detik sebelum dibuang.

Kalau Anda tidak tahan dengan rasa cuka yang asam, coba teteskan larutan cuka tadi pada kapas, kemudian tempelkan kapas pada gigi yang sakit. Bila sudah, segeralah berkumur-kumur dengan air biasa guna membilas bakteri-bakteri penyebab sakit gigi.

Selain menggunakan obat sakit gigi medis maupun obat sakit gigi alami di atas, Anda juga wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut setiap hari. Rutinlah menyikat gigi minimal 2 kali sehari (pagi dan malam hari sebelum tidur) untuk menjaga kesehatan gigi. Segera periksakan ke dokter bila sakit giginya tak juga berkurang, terlebih disebabkan oleh gigi berlubang, karang gigi, atau infeksi gusi.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Anak di Apotek yang Paling Manjur dan Aman

Referensi

WebMD. (2018). Home Remedies for Toothache.

Annals of Maxillofacial Surgery. (2014). Analgesic Efficacy of Acetaminophen for Controlling Postextraction Dental Pain.

Reader's Digest. 11 Home Remedies for a Toothache.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit