Kehamilan

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil, Efektif dan Aman

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 28, 2020 Tinjau pada Mei 29, 2019 Waktu baca: 2 menit
Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil, Efektif dan Aman

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, tak peduli dengan kondisi kesehatan Anda saat ini, termasuk sakit gigi pada ibu hamil. Namun, ada yang berbeda dalam hal penanganannya karena tidak semua obat sakit gigi aman untuk ibu hamil.

Pilihan obat sakit gigi untuk ibu hamil

Faktanya, wanita hamil lebih rentan terhadap sakit gigi dan masalah peradangan pada gusi. Hal ini dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang membuat gusi menjadi lebih sensitif.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Karena itulah, obat-obatan yang dikonsumsi haruslah aman atau dalam artian tidak menimbulkan efek samping buruk terhadap janin dalam kandungan. Hal ini sangat penting karena obat sakit gigi yang biasa digunakan kebanyakan tidak dirokemdasikan untuk ibu hamil.

Berikut cara aman mengobati sakit gigi pada ibu hamil.

1. Minum obat pereda nyeri

Satu satunya obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil dan dijual bebas tanpa resep dokter adalah parasetamol. Obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Sedangkan obat lain yang lebih ampuh, namun penggunaan nya terbatas mengingat efek samping nya terhadap kehamilan, oleh karena itu harus menggunakan resep dokter agar terlebih dahulu dipertimbangkan untung ruginya.

2. Obat sakit gigi berbentuk oles (topikal)

Penggunaan obat gigi oles dapat dengan cepat meredakan rasa nyeri. Obat tersebut di antaranya mengandung benzocaine dan minyak cengkeh yang akan meresap langsung pada jaringan gigi dan gusi yang sakit, sehingga dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Obat sakit gigi ini bekerja secara lokal sehingga aman untuk ibu hamil.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

3. Berkumur dengan air hangat

Buatlah air hangat sekira setengah gelas, kemudian tambahkan seperempat sendok garam dapur, aduk hingga rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya selama 1 menit.

Dapat diulang 3-4 kali perhari 30 menit setelah makan. Selain dapat meringankan sakit gigi, juga dapat membantu membersihkan partkel-partikel atau sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi. Garam merupakan senyawa anti peradangan alami yang dapat meredakan radang.

4. Kompres dingin

Jika sakit gigi masih belum teratasi, lakukan kompres dingin pada daerah pipi tepat di sisi luar gigi yang sakit. Anda bisa menggunakan es batu yang dilapisi kain atau menggunakan handuk bersih yang dicelupkan pada air es. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.

Perlu diingat bahwa jangan menempelkan es langsung ke gigi. Alih-alih menyembuhkan, hal ini akan membuat gigi semakin sakit, karena pulpa gigi yang meradang akan sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin secara langsung.

Ketika gigi sakit sementara Anda sedang hamil, jangan sembarang minum obat. Tanyakan lebih lanjut pada dokter mengenai obat sakit gigi untuk ibu hamil yang cocok untuk Anda. 

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Women's Fertility Linked To Oral Health. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/230568.php)
Pregnancy Teeth Pain: Causes, Treatments, and Home Remedies. Healthline. (https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-teeth-pain)
Dental Care Before, During, and After Pregnancy. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/dental-care-pregnancy)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app