Kesehatan Mulut dan Gigi

Gigi Sensitif dan Berbagai Cara Mengatasinya

Dipublish tanggal: Agu 6, 2019 Update terakhir: Apr 24, 2020 Waktu baca: 3 menit
Gigi Sensitif dan Berbagai Cara Mengatasinya

Gigi sensitif menyerang sebagian besar orang. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan Anda ketika beraktivitas sehari-hari termasuk ketika Anda makan. 

Anda bisa merasakan nyeri atau rasa ngilu yang ringan hingga hebat saat Anda menggigit makanan, minum, atau mengunyah makanan. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Rasa ngilu ini bahkan bisa bertahan hingga berjam-jam walaupun Anda telah selesai makan dan minum.

Terjadinya gigi sensitif tidak memandang usia, anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia bisa saja mengalami rasa ngilu akibat gigi sensitif. 

Gigi sensitif ini terjadi dikarenakan zat makanan sampai ke lapisan dentin yang sensitif dan mengenainya. Mengapa bisa begitu ? Karena menipisnya lapisan terluar gigi yang disebut dengan enamel gigi. 

Rasa nyeri atau ngilu akibat gigi sensitif ini bisa dirasakan sesaat saja, ketika Anda makan atau minum-minuman tertentu, seperti es krim, minuman dingin, makanan panas, minuman panas. 

Tetapi bisa juga dirasakan sangat lama dan tak tertahankan bahkan seusai makan dan minum.

4 cara mengatasi gigi sensitif

Gigi sensitif sangat tidak nyaman dirasakan, apalagi untuk aktivitas. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Mulai dari kebiasaan yang baik dalam merawat gigi hingga melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Menyikat gigi dengan benar

Anda harus rajin menjaga kebersihan gigi Anda dengan menyikat gigi minimal sebanyak dua kali dalam sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur. 

Namun, perhatikan teknik menyikat gigi yang tepat agar mampu membersihkan seluruh bagian gigi dan mulut Anda. Sikatlah dengan perlahan dan hati-hati, lakukan dengan lembut apalagi di sekitar pinggir gigi dekat gusi agar tidak melukai gusi dan menyebabkan infeksi. 

Sikatlah gigi dengan tekanan yang cukup, jangan terlalu keras karena dapat mengikis lapisan terluar gigi yaitu enamel gigi. 

Menipisnya lapisan enamel gigi dapat meningkatkan sensitivitas pada gigi Anda. Pilih juga jenis bulu sikat yang lebih lembut agar lebih nyaman dan aman.

Gunakan pasta gigi khusus gigi sensitif

Sekarang ini, sudah banyak produk pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif dan Anda tidak sulit untuk mendapatkannya. 

Gunakanlah pasta gigi ini dengan rutin. Karena kandungan fluoride di dalamnya dapat membantu mengurangi gejala gigi sensitif. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Selain itu, beberapa produk pasta gigi sensitif juga mengandung potasium nitrat yang memiliki kemampuan untuk menghalangi tubulus kecil pada lapisan dentin gigi Anda. Sehingga ngilu akibat sensitivitas gigi dapat berkurang.

Periksa gigi ke dokter gigi

Memeriksakan kondisi kesehatan gigi Anda secara rutin dan berkala sangatlah penting. Untuk mengontrol dan mengetahui jika terdapat gangguan atau masalah pada gigi Anda. 

Anda dapat melakukannya minimal 6 bulan sekali atau tergantung kondisi dan kebutuhan gigi Anda. Jika mengalami keluhan, segera konsultasikan ke dokter gigi Anda. 

Dokter mungkin akan meresepkan obat atau memberikan perawatan pada gigi Anda dengan lebih tepat. Perawatan tersebut misalnya adalah :

  • Menyarankan Anda untuk menggunakan pasta gigi dengan formula khusus yang dirancang untuk gigi sensitif. Pasta gigi ini terbukti mampu mengurangi sensasi yang dirasakan pada permukaan gigi Anda mencapai ke lapisan dentin atau saraf gigi. Sehingga rasa ngilu akibat gigi sensitif bisa berkurang, atau bahkan hilang jika digunakan secara teratur.
  • Fluoride yang berfungsi untuk menguatkan lapisan enamel gigi dan mengurangi penyebaran rasa nyeri pada gigi Anda. Dokter Anda mungkin akan memberikan perawatan fluoride ini dengan mengoleskannya ke permukaan gigi Anda yang sensitif atau juga bisa meresepkan Anda untuk digunakan sehari-hari di rumah.
  • Penebalan atau pengikatan, dilakukan dengan cara mengaplikasikan lapisan (resin) pengikat di permukaan akar gigi sensitif yang terpapar. Prosedur ini mungkin akan membutuhkan obat bius.
  • Bedah gusi. Akar gigi yang kehilangan lapisan gusi berarti tidak terlindungi dan dapat meningkatkan sensitivitas, tetapi hal ini bisa diatasi dengan diberikan lapisan gusi lain yang dilekatkan pada jaringan gusi yang hilang tadi.
  • Saluran akar atau root canal merupakan prosedur perawatan gigi yang paling efektif dengan cara mengobati masalah pada lapisan pulpa gigi Anda.

Menghindari makanan dan minuman yang bersifat asam

Makanan dan minuman asam dapat menyerang lapisan enamel gigi. Sebaiknya sikatlah gigi Anda setelah 20 menit mengkonsumsinya. 

Jika jarak waktu makan dan menyikat gigi kurang dari itu, justru dapat merusak enamel gigi Anda. Jadi perhatikanlah apa yang Anda konsumsi.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Reduce Tooth Sensitivity: 6 Ways to Find Relief (http://besthealthus.com/conditions/oral-health/6-ways-reduce-tooth-sensitivity/)
Sensitive Teeth - Heat and Cold Sensitivity - American Dental Association (http://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/sensitive-teeth)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app