Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR AHMAD MUHLISIN
Kesehatan Mulut dan Gigi

Ciri-Ciri Gigi Bungsu Tumbuh Yang Perlu Kamu Tahu

Update terakhir: Jun 25, 2019 Tinjau pada Jul 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.156.086 orang

Ciri-Ciri Gigi Bungsu Tumbuh Yang Perlu Kamu Tahu

Gigi bungsu tumbuh di bagian belakang mulut, yakni di belakang gigi geraham ke dua. Jumlahnya ada empat, 2 gigi berada di rahang atas dan dua lagi di rahang bawah. Sesuai dengan namanya, gigi bungsu memang merupakan gigi yang paling terakhir tumbuh, yakni di rentang usia 17-25 tahun.

Tahukah Anda bahwa tumbuhnya gigi bungsu kerap menimbulkan masalah, seperti rasa sakit dan pembengkakan sehingga banyak yang menyangka bahwa itu sakit gigi/gusi biasa, padahal yang dialaminya adalah gejala gigi bungsu tumbuh. Namun demikian, pada sebagian orang tumbuhnya gigi bungsu tidak menimbulkan masalah berarti.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Sebenarnya apa fungsi gigi bungsu, dan kenapa ia tumbuh saat dewasa?

Para ilmuwan percaya bahwa gigi bungsu membantu nenek moyang kita yang pada zaman dahulu jenis makanannya terdiri dari makanan yang lebih keras dan kasar. Kebersihan gigi dan mulut pada saat itu juga tak semaju sekarang sehingga membuat gigi cepat rusak.

Saat gigi geraham yang ada sudah rusak atau copot, maka gigi bungsu hadir sebagai gantinya. Sedangkan pada saat ini, dengan kemajuan dalam kebersihan mulut dan makanan yang lebih lunak, maka kita tidak lagi membutuhkan gigi pengganti ini, tetapi gigi bungsu tetap tumbuh.

Sayangnya, gigi bungsu yang tumbuh ini tidak didukung oleh ruangan yang cukup. Faktanya, sebagian besar tulang rahang orang dewasa dapat menampung 28 gigi, tetapi jika ditambah lagi dengan gigi bungsu, maka jumlahnya menjadi 32 gigi yang semuanya berlomba untuk mendapatkan ruang.

Dengan demikian, gejala gigi bungsu seperti kepadatan yang berlebihan, kerusakan tulang dan saraf, dan infeksi, semua bisa terjadi. Pada kondisi ini gigi bungsu dapat tumbuh bengkok, menyamping, atau tidak lurus. Pertumbuhan yang seperti ini dapat mendorong gigi lain, menyebabkan masalah kepadatan dan ketidaksejajaran antar gigi.

Bagaimana kita mengetahui bahwa gigi bungsu sedang tumbuh, apa ciri-cirinya?

Inilah ciri-ciri gigi bungsu mulai tumbuh:

1. Rasa sakit di bagian belakang mulut, di belakang geraham. 

Rasa sakit memang lumrah menyertai gigi bungsu yang sedang tumbuh. Tingkatannya bervariasi tergantung ada tidaknya yang menghalangi pertumbuhannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Rasa sakit secara bertahap akan meningkat seiring dengan waktu ketika gigi bungsu terus tumbuh secara tidak sejajar atau menyamping, menekan saraf dan tulang, dan berkerumun di sekitar gigi.

Terkadang sakitnya sampai menjalar ke telinga hingga kepala.

2. Bengkak dan Kemerahan

Selain rasa sakit, gejala utama gigi geraham bungsu tumbuh lainnya adalah bengkak dan kemerahan di gusi belakang. Jika hal ini terjadi, maka pastikan bahwa Anda belum memiliki gigi geraham bungsu sebelumnya. Jika Anda sudah memiliki gigi bungsu pada rahang tersebut, maka bengkak dan nyeri sangat mungkin disebabkan oleh infeksi dan peradangan, bukan ciri-ciri gigi bungsu tumbuh.

Cara mengetahuinya cukup mudah, bukalah mulut dengan lebar di depan cermin, lalu perhatikan gigi gerahammu. Gigi geraham lengkap alias sudah tumbuh semua berjumlah 3 buah, disebut Molar 1 (M1), M2, dan M3. M3 terletak paling belakang, dan inilah yang disebut gigi bungsu. Jika M3 tidak ada, berarti bengkak pada gusi belakang kemungkinan besar disebabkan oleh tumbuhnya gigi bungsu.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:

Gambar gigi rahang bawah dengan M1 dan M2, lingkaran kuning adalah tempat tumbuhnya gigi bungsu (M3).

2. Warna putih di permukaan gusi yang bengkak

Jika tidak ada yang menghalangi pertumbuhan gigi bungsu, maka ia akan mencuat keluar. Sebelum itu, saat gusi sedang membengkak terlihat warna putih di permukaannya. Hal ini menunjukkan bahwa gigi bungsu sebentar lagi mencuat keluar.

3. Gigi bungsu impaksi

Ada kalanya, dan ini sering terjadi, pertumbuhan gigi bungsu terhalang. Suatu keadaan di mana tulang rahang atau gigi tetangga menghalangi gigi bungsu agar tidak mencuat. Gigi bungsu menjadi terjebak di tempatnya. Namun akarnya akan terus tumbuh dan memanjang, dan semakin lama semakin menekan area sekitarnya (impaksi).

Akibatnya gigi bungsu hanya mencuat sebagian, tumbuhnya miring, atau bahkan tidak terlihat dari luar sama sekali. Gejala gigi bungsu akibat impaksi termasuk nyeri parah di belakang mulut, infeksi, dan komplikasi lainnya.

Napas busuk, rasa tidak enak saat mengunyah makanan, kemerahan dan bengkak semua bisa menjadi tanda infeksi. Jika tidak diobati, gigi bungsu yang impaksi dapat menyebabkan kista dan tumor (meskipun jarang).

Bagaimana cara mengatasi gusi bengkak dan sakit akibat gigi bungsu tumbuh?

Beberapa langkah di bawah ini dapat meringankan bengkak dan rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh

1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu mengatasi gusi yang bengkak nan meradang. Caranya mudah, larutkan setengah sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumur dan tahanlah di mulut selama 1 menit. Ulangi beberapa kali sehari jika diperlukan.

2. Obat penghilang nyeri

Tablet pereda nyeri seperti ibuprofen, asam mefenamat (Mefinal) dapat mengatasi rasa sakit gigi bungsu untuk sementara waktu. Jika sakitnya berlanjut, jangan sungkan untuk berkunjung ke dokter.

3. Kompres es

Tempelkan kompres es atau air dingin di pipi tempat gigi bungsu tumbuh selama 15-20 menit. Ulangi beberapa kali jika diperlukan. Ingat, jangan langsung menerapkan es batu secara langsung tanpa pelapis pada pipi, karena dapat merusak kulit.

Ingat, cara ini hanya untuk meringankan gejala sementara waktu. Apabila pembengkakan dan nyeri terus berlanjut, maka sebaiknya berkunjung ke dokter gigi. Siapa tahu yang terjadi adalah impaksi gigi bungsu yang penanganannya berupa pencabutan gigi. Baca: Operasi Gigi Bungsu, Kapan Harus Menjalaninya?

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit