Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR VINA SETIAWAN

Abciximab: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 21, 2019 Tinjau pada SEP 21, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.268.656 orang

Abciximab  adalah termasuk obat golongan anti koagulan yang biasa digunakan untuk keluhan nyeri dada seperti tertekan yang termasuk kedalam penyakit ACS (Acute Coronary Syndrome). Pengobatan menggunakan Abciximab harus dipantau oleh dokter karena bentuk sediannya yang merupakan sediaan injeksi.

Manfaat yang didapatkan dari obat Abciximab

Abciximab biasa digunakan dalam keluhan yang mengarah kepada penyakit jantung atau serangan jantung. Keluhan keluhan yang biasa terjadi antara lain nyeri dada seperti ditekan yang menjalar ke tangan kiri atau punggung kiri, sesak nafas disertai nyeri dada, dan tanda tanda penyakit jantung lainnya. 

Abciximab merupakan obat yang dibeli melalui resep dokter, sehingga kita pun sebagai konsumen harus bijak dalam menggunakan obat ini.  

Cara kerja Abciximab adalah dengan melakukan blokade pada permukaan platelet tepatnya pada glikoprotein IIb / IIIa sehingga mencegah pembentukan fibrinogen (penumpukan benang fibrin), dan juga menginhibisi platetet. 

Abciximab termasuk kedalam golongan obat antikoagulan, antiplatelet dan fibrinolitik. Obat ini bisa digunakan baik oleh dewasa atau lanjut usia.

Dosis dari obat Abciximab

Bentuk sediaan Abciximab adalah sediaan injeksi yang digunakan tergantung dari keluhan serta usia pemakainya. Sediaan Abciximab yang tersedia adalah 2mg/ml (5ml).

Stabilisasi pada pasien dengan angina pektoris

  • Dewasa: bersamaan dengan heparin dan aspirin, pasien yang dijadwalkan untuk menjalani PCI ( Percutaneous Coronary Intervention) dalam 24 jam yaitu 250mcg/kg bolus selama 1 menit dilanjutkan dengan 0.125 mcg/kg/min (maks: 10mcg/min) dalam infus kontinyu (Drip). Dosis bolus harus dilanjutkan dengan infus kontinyu sampai sebelum PCI dilakukan dan dilanjutkan 12 jam post PCI.

Profilaksis terjadinya komplikasi iskemik akut pada PCI

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal belanja Rp50.000.

Iklan obat
  • Dewasa: bersamaan dengan heparin dan aspirin yaitu 250mcg/kg bolus selama 1 menit, sekitar 10-60 menit sebelum pelaksanaan PCI dilanjutkan dengan 0.125 mcg/kg/min (maks: 10 mcg/min) dalam 12 jam sebagai infus kontinyu.

Penggunaan obat ini harus menggunakan resep dari dokter, konsultasikan lebih lanjut kepada dokter yang telah memeriksa anda secara langsung sehingga mengetahui kondisi medis anda. 

Saran kami, bila memang memiliki keluhan keluhan medis seperti diatas ataupun hal lainnya, segera periksakan diri anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Efek Samping dari penggunaan obat Abciximab

Efek samping yang dapat ditimbulkan oleh Abciximab adalah

  • Efek samping yang paling ditakutkan adalah terjadinya perdarahan yang dapat menyebabkan kematian.
  • Hipotensi atau tekanan darah rendah
  • Nyeri punggung belakang
  • Nyeri dada
  • Bradikardia atau denyut nadi yang melambat
  • Hematoma
  • Demam
  • Trombositopeni
  • Cardiac tamponade
  • Alergi seperti gatal, kesulitan bernafas, pembengkakan wajah, lidah dan tenggorokan atau bahkan sampai pingsan. Segera cari bantuan medis bila anda mengalami keluhan seperti ini.
  • Efek samping lain meliputi pusing, nyeri kepala serta mual dan muntah, dan fatigue.

Tentunya tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut diatas, bila anda merasa khawatir dalam penggunaan obat ini ataupun mengalami salah satu keluhan yang telah disebutkan diatas, konsultasikan keadaan medis anda kepada tenaga medis atau dokter terdekat.

Ibu hamil dan menyusui

Perlu diketahui bahwa penggunaan Abciximab untuk ibu hamil dan menyusui termasuk dalam kagetori C, yaitu studi pada binatang mengindikasikan adanya efek pada janin ataupun belum dilakukannya studi pada manusia 

Obat ini dapat digunakan hanya jika dirasakan bahwa manfaatnya akan lebih besar dibandingkan dengan efeknya kepada janin

Saran kami hubungi dan konsultasikan kembali kepada dokter anda bila anda ingin mengkonsumsi Abciximab  dalam keadaan hamil atau menyusui.

Peringatan penggunaan obat Abciximab

Dalam menggunakan Abciximab  ada beberapa hal yang perlu di waspadai, seperti:

  • Segera hentikan pengobatan bila terdapat tanda dan gejala hipersensitifitas dan alergi.
  • Berhati-hati dalam pemberian pada penderita retinopati hemoragik, pericarditis akut, diseksi aorta.
  • Tidak disarankan pemberian pada penderita dengan riwayat perdarahan organ dalam <6 minggu, terjadi perdarahan aktif yang terlihat, riwayat stroke atau CVA <2 tahun, gangguan pembekuan darah, riwayat operasi kepala <2 bulan yang lalu, tumor kepala, malformasi arterivena, gangguan ginjal berat yang memerlukan hemodialisa, dan gangguan hati berat, penggunaan obat antikoagulan oral dalam 7 hari kebelakang.
  • Beritahu kepada dokter bila sedang mengonsumsi obat-obatan lain ataupun herba.

Overdosis

Belum ada laporan yang menyeluruh tentang apa saja gejala overdosis dari penggunaan Abciximab dan begitu juga dengan pengobatan spesifiknya. Jika dicurigai terdapat gejala overdosis pada pengobatan Abciximab, Segera cari bantuan medis terdekat agar mendapat penanganan yang sesuai. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp