Nyeri Rusuk - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 2, 2019 Update terakhir: Feb 25, 2020 Waktu baca: 3 menit

Nyeri tulang rusuk bisa bervariasi, rasa nyeri bisa terasa tajam, tumpul atau terasa seperti pegal-pegal. Nyeri pada rusuk biasanya terasa pada daerah bawah dada hingga ke atas pusar pada kedua sisi tubuh. Nyeri tulang rusuk mungkin terjadi setelah mengalami cedera atau terjadi tanpa alasan yang jelas.

Nyeri tulang rusuk bisa disebabkan oleh apa saja mulai dari otot yang tertarik hingga patah tulang rusuk. Nyeri ini dapat terjadi segera setelah cedera atau berkembang perlahan seiring waktu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Nyeri tulang rusuk juga bisa menjadi tanda dari kondisi medis yang mendasarinya, jadi Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami sakit tulang rusuk yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya.

Apa yang menyebabkan nyeri tulang rusuk?

Penyebab paling umum dari nyeri tulang rusuk adalah otot yang tertarik atau tulang rusuk yang memar. Penyebab lain rasa sakit di daerah tulang rusuk adalah:

Bagaimana mendiagnosis nyeri tulang rusuk?

Saat Anda menemui dokter, jelaskan jenis rasa sakit yang Anda alami dan gerakan yang membuat rasa sakit bertambah parah. Jenis rasa sakit yang Anda alami serta area rasa sakit dapat membantu dokter menentukan pemeriksaan apa yang perlu dokter lakukan untuk membantu mereka menentukan diagnosis yang tepat.

Jika rasa sakit Anda dimulai setelah cedera, dokter Anda mungkin meminta pemeriksaan radiologi seperti foto X-ray. Sebuah foto X-ray dapat menunjukkan bukti terjadinya patah tulang atau kelainan pada tulang

Jika ada kelainan pada rontgen Anda, seperti pertumbuhan abnormal, dokter Anda akan memesan pemindaian jaringan lunak, seperti MRI. Sebuah MRI Scan memberikan dokter tampilan rinci dari tulang rusuk, otot, organ, dan jaringan sekitarnya.

Jika rasa sakit Anda kronis, dokter Anda mungkin akan meminta pemindaian tulang. Seorang dokter biasanya meminta Anda untuk melakukan pemindaian tulang jika mereka merasa bahwa rasa sakit yang Anda rasakan disebabkan oleh kanker tulang

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Untuk pemeriksaan ini, dokter akan menyuntik Anda dengan sejumlah kecil pewarna radioaktif yang disebut tracer / pelacak. Dokter Anda kemudian menggunakan kamera khusus untuk memindai tubuh Anda. Gambar dari kamera ini akan menemukan segala kelainan pada tulang Anda.

Apa saja pilihan perawatan untuk mengatasi nyeri tulang rusuk?

Perawatan yang direkomendasikan untuk mengatasi nyeri tulang rusuk tergantung pada penyebab timbulnya rasa sakit tersebut. Jika nyeri tulang rusuk disebabkan oleh cedera ringan seperti otot yang menegang atau memar, Anda dapat menggunakan kompres dingin di area tersebut untuk mengurangi pembengkakan. Jika Anda merasakan rasa sakit yang signifikan, Anda juga bisa menggunakan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti acetaminophen (Tylenol).

Jika obat yang dijual bebas tidak menghilangkan rasa sakit akibat cedera, dokter Anda dapat meresepkan obat lain. Anda juga dapat menerima compression wrap . Compression wrap adalah perban besar, elastis yang membungkus dada Anda. 

Compression wrap memberikan daerah dada tahanan yang erat sehingga dapat mencegah terjadi cedera lebih lanjut dan rasa nyeri yang lebih hebat. Namun, compression wrap ini jarang digunakan karena ketatnya compression wrap dapat membuat seseorang sulit untuk bernapas. Sehingga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami pneumonia (peradangan saluran pernapasan akibat infeksi).

Jika kanker tulang menyebabkan rasa sakit, dokter Anda akan mendiskusikan pilihan perawatan dengan Anda berdasarkan lokasi kanker, apakah kanker tersebut telah menyebar, atau jika ada pertumbuhan abnormal yang lainnya. Dokter Anda mungkin menyarankan operasi untuk menghilangkan pertumbuhan abnormal tersebut.

Dalam beberapa kasus, operasi pengangkatan mungkin tidak dapat dilakukan atau mungkin terlalu berbahaya untuk dilakukan. Dalam kasus ini, dokter dapat memilih untuk mengecilkannya menggunakan kemoterapi atau terapi radiasi. Setelah pertumbuhannya cukup kecil, mereka kemudian dapat mengangkatnya dengan cara operasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Otot, Tulang dan Sendi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 14

Kapan saat yang tepat untuk pergi ke dokter

Nyeri tulang rusuk mungkin dapat muncul bahkan tanpa gerakan sekalipun. Anda juga mungkin mengalami rasa sakit yang tajam saat bernafas atau ketika bergerak ke posisi tertentu.

Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengalami rasa sakit yang parah ketika menarik atau memindahkan tubuh Anda ke posisi tertentu, atau jika Anda mengalami kesulitan bernafas. Jika Anda merasa adanya penekanan atau rasa sakit di dada bersamaan dengan ketidaknyamanan tulang rusuk, segera cari bantuan darurat. Gejala-gejala ini mungkin merupakan tanda serangan jantung yang akan datang.

Hubungi call centre yang memberikan layanan medis di kota Anda jika Anda baru saja terjatuh dan Anda mengalami kesulitan dan rasa sakit saat bernapas, yang muncul bersamaan dengan memar yang signifikan di area dada Anda.

Bagaimana saya bisa mencegah rasa sakit pada tulang rusuk?

Anda dapat mencegah rasa sakit tulang rusuk yang disebabkan oleh otot yang menegang atau keseleo dengan meregangkan otot, menggunakan peralatan olahraga dengan benar, dan tetap terhidrasi. 

Jika suatu penyakit menyebabkan sakit tulang rusuk, Anda disarankan untuk banyak beristirahat dan mengikuti rencana perawatan yang dokter Anda berikan. Perawatan diri, seperti menaruh es pada lokasi terjadinya cedera atau mandi air hangat untuk bersantai, juga dapat membantu mencegah timbulnya rasa sakit.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app