Novalgin: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jul 20, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Novalgin adalah obat yang mengandung bahan aktif metamizole atau metampiron yang dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit
  • Novalgin merupakan obat anti nyeri untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, sakit punggung, nyeri kolik, ataupun pasca operasi
  • Novalgin tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan drop yang juga bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan menurunkan demam
  • Beberapa efek samping Novalgin antara lain ruam kemerahan pada kulit, gatal, pembengkakan, tekanan darah rendah, ataupun pusing
  • Novalgin harus diigunakan dengan hati-hati pada orang dengan gangguan pembentukan darah/kelainan darah, gangguan fungsi hati atau ginjal
  • Klik untuk mendapatkan Novalgin atau obat nyeri lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Novalgin adalah obat bermerek yang mengandung bahan aktif metamizole atau metampiron. Ini merupakan obat antinyeri yang digunakan untuk meredakan sakit derajat sedang hingga berat, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, sakit punggung, nyeri kolik, pasca operasi, dan lain-lain.

Mengenai Novalgin

Golongan

Harus dengan resep dokter

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kemasan

Di apotek obat ini tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan drop dengan komposisi sebagai berikut:

  • Novalgin Tablet : Dalam setiap tablet mengandung Metamizole natrium 500 mg.
  • Novalgin Syrup : Dalam setiap 5 ml (1 sendok takar) mengandung Metamizole natrium 250 mg.
  • Novalgin Drops : Dalam setiap 1 ml mengandung Metamizole natrium 500 mg.

Kandungan

Metamizole 

Metamizole adalah obat golongan antiinflamasi nonsteroid, nama lainnya Antalgin (metampiron). Bekerja dengan cara menghalangi sintesis pirogen endogen sehingga metamizole memiliki efek analgetik dan juga antiperadangan.

Dengan demikian, obat ini dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit, antispasmodic (meredakan nyeri kolik akibat kejang otot polos), meredakan peradangan dan menurunkan demam. Obat ini diserap baik melalui saluran pencernaan dengan waktu paruh 1 hingga 4 jam.

Manfaat Novalgin

Novalgin obat apa? Dengan memperhatikan mekanisme kerja kandungan obat di atas, maka obat ini dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit dengan derajat sedang sampai berat seperti:

Kontraindikasi

Seperti halnya obat-obatan lain, Novalgin juga tidak semua orang bisa menggunakannya. Obat ini dikontraindikasikan kepada:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11
  • Orang yang memiliki alergi terhadap metamizole (antalgin) dan komponen lain dari obat.
  • Bayi kurang dari 3 bulan atau 5 kg berat badan.
  • Wanita hamil dan menyusui.
  • Orang yang memiliki darah rendah (tekanan darah sistolik < 100 mmHg).
  • Gangguan perdarahan
  • Defisiensi G6PD
  • Porfiria hepatik

Dosis Novalgin

Dosis yang tepat ditentukan oleh dokter, adapaun dosis lazim yang direkomendasikan adalah:

  • Dewasa dan anak di atas 15 tahun : Novalgin tablet, 1 tablet, 3 – 4 kali sehari atau Novalgin sirup, 2 – 4 sendok takar, 3 – 4 kali sehari
  • Dosis anak usia 1-3 tahun 3-10 tetes Novalgin Drop.
  • Dosis anak usia 4-6 tahun 5-15 tetes sediaan Drop.
  • Dosis anak yang tepat diberikan berdasarkan berat badan sesuai dengan anjuran dokter.
  • Digunakan ketika perlu saja, tidak untuk penggunaan jangka panjang.

Sebaiknya diminum segera setelah makan dengan air putih secukupnya (minimal 1 gelas).

( ! ) Jangan gunakan Novalgin dalam jangka panjang, mengingat risiko efek samping yang merugikan. Apabila rasa sakit tak kunjung reda atau hilang timbul, maka sebaiknya periksakan ke dokter.

Efek Samping Novalgin

Seperti halnya obat-obatan lain, obat ini juga berpotensi menimbulkan efek samping. Adapun beberapa efek samping Novalgin yang telah diketahui antara lain.

Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, perhatikan beberapa aspek keamanan berikut ini:

  • Meskipun obat ini adalah antinyeri yang bersifat umum, namum tidak direkomendasikan untuk mengobati sakit otot pada gejala-gejala flu, rematik, bursitis, dan sindroma bahu-lengan.
  • Jangan digunakan dalam jangka waktu yang panjang, karena berpotensi menyebabkan agranulositosis yang bisa berakibat fatal.
  • Pada penggunaan jangka panjang juga dapat menimbulkan sindrom neuropati, namun untungnya dapat berangsur menghilang apabila penggunaan dihentikan.
  • Digunakan dengan hati-hati pada orang dengan gangguan pembentukan darah/kelainan darah, gangguan fungsi hati atau ginjal. Diperlukan pemantauan fungsi hati dan darah jika digunakan terus menerus.
  • Harap waspada apabila hendak menggunakan Novalgin pada penderita asma bronkial, terutama yang disertai rhinosinusitis; urtikaria kronik; intoleransi terhadap alkohol, zat pewarna atau pengawet; dan darah rendah.

Artikel terkait:



8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jasiecka-Mikołajczyk, Agnieszka & Maślanka, Tomasz & Jaroszewski, Jerzy. (2014). Pharmacological characteristics of metamizole. Polish journal of veterinary sciences. 17. 207-14. 10.2478/pjvs-2014-0030. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/261605997_Pharmacological_characteristics_of_metamizole)
Miljkovic, Milijana & Rancic, Nemanja & Simić, Radoje & Stamenkovic, Dusica & Dragojevic Simic, Viktorija. (2018). Metamizole: Current status of the safety and efficacy. Hospital Pharmacology - International Multidisciplinary Journal. 5. 694-704. 10.5937/hpimj1803694M. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/330814703_Metamizole_Current_status_of_the_safety_and_efficacy)
Metamizole (Dipyrone) and the Liver: A Review of the Literature - Lutz - 2019. American College of Clinical Pharmacology. (https://accp1.onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1002/jcph.1512)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app