Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Muntahan Seperti Bubuk Kopi - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 12, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.374.079 orang

Apa itu muntahan seperti kopi bubuk?

Muntahan seperti kopi bubuk adalah muntahan yang terlihat seperti ampas kopi. Hal ini terjadi karena adanya darah yang menggumpal di dalam muntahan. Muntah darah juga dikenal sebagai hematemesis atau emesis kopi bubuk.

Warna darah yang terdapat di dalam muntahan bervariasi tergantung pada lokasi pendarahan di dalam sistem pencernaan / gastrointestinal (GI) Anda. Jika pendarahan terjadi di sistem pencernaan bagian bawah (sudah melewati lambung), darah akan tampak merah gelap, coklat, atau hitam. Kehadiran darah yang membeku di dalam muntahan akan membuatnya terlihat seperti kopi bubuk.

Muntahan tampak seperti kopi bubuk adalah kondisi serius, dan memerlukan pertolongan medis segera. Pastikan untuk mencatat kapan dan berapa kali Anda muntah, dan apa yang menyebabkan Anda muntah. Jika memungkinkan, Anda bisa membawa sampel muntah ke dokter Anda untuk pengujian lebih lanjut.

Gejala apa yang dapat terjadi bersamaan dengan gejala muntah seperti kopi bubuk?

Jika Anda muntah darah atau muntahan yang terlihat seperti kopi bubuk dan Anda juga mengalami:

  • Kulit pucat luar biasa, atau pucat
  • Pusing
  • Pingsan
  • Pusing
  • Sakit dada
  • Darah merah cerah atau gumpalan besar di muntah
  • Sakit perut yang parah

Segera mencari pertolongan medis dengan menghubungi pusat penyedia layanan kesehatan di tempat Anda atau segera pergi ke UGD terdekat

Apa yang menyebabkan muntahan tampak seperti kopi bubuk?

Muntahan tampak seperti kopi bubuk dapat terjadi karena berbagai kondisi, termasuk tukak lambung , varises esofagus yang berhubungan dengan sirosis hati, atau gastritis (peradangan pada lambung). Jika Anda memiliki gejala ini, dapatkan bantuan medis sesegera mungkin untuk mengetahui apa penyebab yang mendasarinya.

Beberapa kemungkinan penyebab lain dari muntahan tampak seperti kopi bubuk meliputi:

Bagaimana mendiagnosis penyebab muntahan seperti kopi bubuk?

Muntahan tampak seperti kopi bubuk, sering menjadi indikator terjadinya pendarahan pada sistem pencernaan. Anda harus selalu menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan jika Anda mengalaminya.

Dokter Anda akan bertanya tentang gejala Anda, kondisi kesehatan lainnya, dan obat yang mungkin Anda pakai. Setelah meninjau riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan fisik, dokter Anda akan menyarankan Anda untuk menjalani satu atau lebih tes untuk menentukan penyebab terjadinya perdarahan.

Selain pemeriksaan rontgen dan tes darah dasar , dokter Anda dapat melakukan tes berikut:

  • Pemeriksaan darah samar lambung adalah tes yang dapat digunakan dokter Anda untuk mencari darah dalam muntahan.
  • Endoskopi saluran pencernaan bagian atas adalah prosedur di mana dokter Anda memasukkan kabel fleksibel kecil dengan kamera pada kerongkongan Anda untuk melihat organ dalam.
  • Studi barium adalah pemeriksaan menggunakan sinar-X khusus yang menggunakan pewarna kontras (disebut barium) yang akan Anda telan, untuk membantu dokter mengidentifikasi masalah dalam saluran pencernaan Anda.
  • Studi fungsi hati adalah tes darah yang dapat membantu dokter mengidentifikasi penyakit atau kerusakan hati Anda.
  • Pemeriksaan darah samar tinja adalah tes yang dapat mendeteksi darah di tinja Anda.
  • Selama sigmoidoskopi fleksibel atau kolonoskopi , dokter Anda memasukkan kabel kecil dengan kamera melalui anus Anda dan ke dalam usus besar dan dubur.

Dokter Anda akan membuat diagnosis berdasarkan tes-tes ini dan memulai rencana perawatan untuk mengatasi kondisi yang mendasari terjadinya muntahan seperti kopi bubuk.

Pengobatan muntahan seperti kopi bubuk

Pengobatan muntahan seperti kopi bubuk tergantung pada penyebab dan lokasi perdarahan yang terjadi di dalam saluran pencernaan Anda. Ada banyak kemungkinan penyebab perdarahan saluran cerna, dan tugas pertama yang harus dokter Anda lakukan adalah menentukan apa penyebabnya.

Dokter Anda biasanya dapat menentukan penyebab perdarahan saluran cerna Anda dengan melakukan tes dan prosedur diagnostik. Seringkali, perawatan dapat dilakukan secara bersamaan.

Sebagai contoh, selama endoskopi, dokter Anda mungkin dapat menghentikan pendarahan dengan memotong atau menjepit pembuluh darah, atau dengan menyuntikkan obat-obatan.

Jika penyebab perdarahan pada saluran cerna Anda adalah ulkus, dokter Anda mungkin dapat menghentikan pendarahan saat melakukan pemeriksaan endoskopi untuk mengendalikan perdarahan. Jika polip di usus yang menyebabkan pendarahan, dokter akan mengangkatnya saat menjalani pemeriksaan kolonoskopi.

Bergantung pada berapa banyak darah yang hilang dan apakah perdarahan pada saluran cerna Anda berlanjut, dokter Anda mungkin memberi Anda infus cairan atau transfusi darah.

Anda mungkin perlu minum obat untuk mengendalikan perdarahan saluran cerna. Sebagai contoh, dokter Anda mungkin meresepkan penghambat pompa proton (PPI) untuk mengendalikan tukak lambung yang menyebabkan pendarahan. PPI adalah jenis obat yang dapat mengurangi produksi asam lambung Anda.

Perdarahan saluran cerna berhenti secara spontan dengan sendirinya pada sekitar 80 persen pasien, menurut sebuah artikel dalam Manual Merck. Jika perdarahan saluran cerna Anda terus berlanjut, atau jika dokter Anda tidak dapat menentukan penyebabnya, operasi eksplorasi perut mungkin diperlukan.

Jika operasi diindikasikan, dokter biasanya akan menggunakan prosedur invasif minimal risiko rendah yang disebut laparoskopi . Dokter bedah akan membuat beberapa sayatan kecil pada perut Anda dan memasukkan sebuah instrumen kecil yang disebut laparoscope untuk memeriksa organ-organ internal Anda dan menentukan penyebab perdarahan saluran cerna Anda.

Kesimpulan

Muntahan tampak seperti kopi bubuk dianggap kondisi medis yang serius karena dapat disebabkan oleh kondisi mendasar yang serius. Jika tidak diobati, kasus yang parah dapat menyebabkan syok, atau bahkan kematian. Anda harus segera mengunjungi dokter sesegera mungkin untuk evaluasi lebih lanjut jika Anda mengalami muntah yang tampak seperti kopi bubuk.

Sebagian besar kasus muntah seperti kopi bubuk dapat diobati dan diatasi. Seringkali Anda dapat pulang pada hari yang sama setelah melakukan pemeriksaan dan penanganan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit