Modafinil: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 12, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Tinjau pada Apr 30, 2019 Waktu baca: 3 menit

Apa itu Modafinil?

Modafinil adalah obat minum yang digunakan untuk meningkatkan tingkat kesadaran pada pasien yang mengalami kelebihan tidur. Modafinil mirip dengan armodafinil (Nuvugil). Layaknya amfetamin, modafinil meningkatkan kesadaran dengan menstimulasi otak. 

Mekanisme aksi modafinil masih belum diketahui. Modafinil mungkin bekerja dengan meningkatkan jumlah dopamine (zat kimia neurotransmitter yang digunakan oleh sel saraf untuk berkomunikasi satu sama lain) yang ada pada otak dengan menurunkan penggunaan kembali dopamine menuju saraf.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Mengenai Modafinil

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet

Kandungan:

Stimulan

Manfaat Modafinil

Modafinil mengurangi rasa kantuk ekstrim karena narcolepsy dan kelainan tidur lainnya, seperti periode nafas yang berhenti selama tidur (apnea tidur obstruktif). Selain itu, modafinil juga digunakan untuk membantu Anda tetap terbangun selama waktu kerja jika Anda memiliki jadwal kerja yang menjaga Anda tetap memiliki waktu rutin tidur (gangguan tidur kerja shift). 

Modafinil tidak dapat menyembuhkan gangguan dan mungkin tidak menghilangkan rasa kantuk Anda secara menyeluruh. Obat ini bekerja dengan mengubah zat alami dalam otak yang mengatur siklus tidur dan terjaganya seseorang.

Modafinil tidak boleh digunakan untuk mengobati rasa lelah atau tidur yang tertahan pada orang yang tidak mengalami gangguan tidur.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Cara kerja Modafinil

Masih belum dapat diketahui bagaimana modafinil bekerja untuk menjaga Anda tetap terbangun. Diperkirakan modafinil bekerja dengan mempengaruhi zat tertentu pada otak yang mengatur siklus tidur atau bangun. 

Cara menggunakan Modafinil

Dosis yang direkomendasikan adalah 200 mg sekali sehari tidak boleh melebihi 400 mg. Modafinil harus diminum pada pagi hari untuk mengobati narcolepsi atau apnea tidur obstruktif, dan satu jam sebelum bekerja pada pasien gangguan kerja shift. 

Modafinil dapat diminum dengan atau tanpa makanan. Dosis 400 mg mungkin tidak lebih efektif daripada dosis 200 mg.

Efek samping Modafinil

Efek samping yang ditimbulkan akibat pengkonsumsi Modafinil : 

Jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau bahkan memburuk, beritahukan pada dokter atau farmasis promptly. Ingatlah bahwa dokter telah meresepkan modafinil karena dokter telah mempertimbangkan bahwa modafinil akan memberikan Anda lebih banyak manfaat daripada risiko efek samping. Kebanyakan orang yang menggunakan modafinil tidak mengalami efek samping yang serius. 

Beritahukan pada dokter segera apabila Anda mengalami efek samping yang serius seperti denyut jantung yang cepat, berdegup atau tidak teratur, perubahan mental atau suasana hati (seperti tertekan, kebingungan, depresi, halusinasi, dan pemikiran ingin bunuh diri yang jarang). Dapatkan bantuan media segera apabila Anda mengalami efek samping yang sangat serius seperti rasa nyeri di dada. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Reaksi alergi yang serius akibat modafinil termasuk jarang. Namun, dapatkan bantuan medis apabila Anda menyadari terjadinya gejala reaksi alergi seperti demam, nodus limpa yang membengkak, ruam, gatal-gatal atau pembengkakan (terutama pada wajah, lidah atau tenggorokan), rasa pusing yang parah dan kesulitan bernafas. 

Efek samping yang telah disebutkan belum efek samping yang mungkin terjadi yang lengkap. Jika Anda menyadari adanya efek samping yang tidak terdaftar, hubungi dokter atau farmasis.

Interaksi Modafinil

Obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lainnya termasuk;

Peringatan

Sebelum menggunakan modafinil, beritahukan ke dokter atau farmasis apabila Anda mengalami alergi terhadap modafinil, atau armodafinil, atau jika Anda mengalami alergi lainnya, Produk ini mungkin mengandung bahan tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Tanyakan pada farmasis Anda untuk mendapatkan detail lainnya. 

Sebelum menggunakan modafinil, beritahukan pada dokter atau farmasis Anda mengenai riwayat penyakit Anda terutama masalah hati (seperti pembesaran hati, masalah katup mitral, rasa nyeri di dada, serangan jantung, denyut jantung yang tidak teratur), masalah jantung setelah menggunakan obat stimulan seperti amfetamin (termasuk nyeri di dada, denyut jantung yang tidak teratur), tekanan darah tinggi, masalah hati, gangguan mental atau suasana hati (seperti depresi, mania, psychosis), riwayat penyalahgunaan obat baik personal atau keluarga (seperti penyalahgunaan atau kecanduan obat atau alkohol). 

Gangguan tidur dapat mengurangi kemampuan Anda untuk bereaksi dengan cepat. 

Meskipun modafinil membantu Anda tetap terjaga, Anda mungkin tidak dapat melakukan aktivitas secara aman terutama aktivitas yang membutuhkan reaksi cepat (seperti menyetir). Modafinil juga dapat menyebabkan pusing. Alkohol atau ganja dapat membuat Anda lebih pusing. 

Jangan menyetir, menjalankan mesin, atau melakukan aktivitas yang membutuhkan perhatian sampai Anda benar-benar dapat melakukannya dengan aman.

 


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app