Mengolah Manfaat Teripang Jadi Camilan dan Obat-obatan

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 23, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengolah Manfaat Teripang Jadi Camilan dan Obat-obatan

Olahan daging teripang sudah banyak dinikmati oleh banyak orang. Di Indonesia, daging teripang banyak di olah dalam bentuk keripik sehingga semakin banyak penikmatnya. 

Tanpa disadari, ternyata olahan daging teripang membawa dampak yang baik bagi kesehatan Anda. Apa saja menfaatnya? Simak ulasannya di bawah ini! 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Hipertensi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 34

Siapa yang tidak tahu teripang? Sejak menjadi makanan olahan yang banyak dinikmati, teripang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Teripang merupakan salah satu hewan laut yang tidak memiliki tulang dan memiliki tubuh yang panjang. 

Hewan ini biasanya ditemukan di dasar laut, paling banyak di Asia Pasifik. Sering disebut juga dengan gamat, di Tiongkok dan Jepang, teripang menjadi makanan olahan yang bernama bêche-de-mer. 

Manfaat teripang dalam mengobati penyakit 

Berdasarkan penelitian, ternyata hewan laut ini mengandung barbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan vitamin B3 (niacin). 

Tidak hanya vitamin, beragam jenis mineral, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium juga terkandung dalam teripang. Berbagai kandungan vitamin dan mineral inilah yang membuat teripang menjadi sumber makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Di Asia, teripang tidak hanya dikembangbiakan dan kemudian jual sebagai bahan dasar konsumsi manusia, tetapi juga sebagai bahan obat-obatan tradisional. Beberapa penelitian dalam dunia medis ternyata mendukung bahwa teripang sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit, yaitu kelompok penyakit artritis dan kanker. 

Dalam penggunaannya, teripang biasanya menjadi obat untuk mengatasi penyakit hipertensi, rematik, tukak lambung, dan menjaga kesehatan saluan pencernaan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Di Asia dan Amerika, secara modern tubuh teripang di olah dan dikemas dalam bentuk tablet sebagai nutrisi untuk mengatasi gangguan psikologis. Tidak hanya itu, di Malaysia, ekstrak dari kulit teripang juga digunakan untuk menangani penyakit asma, luka, dan hipertensi. 

Teripang juga dikenal sebagai hewan laut yang mampu meningkatkan performa seksual seseorang. Akan tetapi, manfaat-manfaat teripang diatas belum disertai dengan data pendukung yang akurat, sehingga masih memerlukan penelitian yang lebih dalam. 

Beberapa manfaat teripang yang baik bagi kesehatan, ialah:

Menunjang berbagai reaksi biologis 

Terdapat beberapa protein yang menempel pada dinding tubuh teripang, yaitu glisin, alanin, asam glutamat, dan arginin. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tingginya jumlah dan kualitas protein pada teripang diduga mampu mengurangi trigliserida dan kolestrol dalam darah. Protein tersebut juga bermanfaat untuk mengatur sistem imun tubuh seseorang. 

Selain itu, sekitar 70% protein yang ada pada dinding teripang terdiri atas kolagen yang dapat berperan sebagai bahan bioaktif ketika diproduksi menjadi gelatin

Di samping protein, teripang juga mengandung asam lemak yang berperan penting dalam perbaikan jaringan tubuh. Zat-zat lain yang terdapat dalam teripang adalah glikosida, triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Berbagai zat tersebut membantu tubuh meningkatkan sistem imun, melindungi jaringan saraf, serta mengurangi rasa sakit. Terlebih, beberapa penelitian menunjukkan adanya sifat antivirus dalam ekstrak teripang yang dapat melawan virus HIV dan herpes simpleks

Sebagai antitumor 

Terdapat beberapa komponen dalam tubuh teripang yang diduga mampu melawan tumor dan kanker, seperti desholothurin A, holothurinoside A, B, C, dan D. 

Berbagai komponen tersebut merupakan bahan aktif antitumor yang bekerja saat sel kanker bertumbuh pada tahap perkembangan dan juga pada saat proses metastatis. 

Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah 

Zat aktif yang mampu mencegah terjadinya pembekuan darah (bersifat antikoagulan) ternyata terkandung pula dalam tubuh hewan laut ini. 

Zat yang disebut fucosylated chondroitin sulfate (FSC) ini juga mampu membantu Anda menjada kesehatan pembuluh darah jantung dan dengan sifat antiradang yang dimiliki, zat ini mampu untuk menurunkan risiko terjadinya kerusakan pada jantung. 

Sebagai antimikroba 

Berdasarkan beberapa penelitian, telah dibuktikan bahwa kandungan yang terdapat dalam ekstrak teripang berfungsi sebagai agen antibakteri dan antijamur. 

Membantu terapi osteoartritis 

Teripang mengandung bahan kimia tertentu yang disebut kondroitin, glukosamin, dan mukopolisakarida. Beberapa bahan-bahan tersebut berperan penting dalam menjaga keseimbangan prostaglandin sehingga gangguan artritis dapat ditangani. 

Menyembuhkan luka 

Olahan teripang dalam bentuk obat ternyata mampu mempercepat penyembuhan luka, baik luka di luar tubuh, maupun di dalam (luka pada usus). Teripang juga dapat dioleskan secara langsung ke permukaan kulit yang mengalami luka, sehingga jaringan baru dapat terbentuk. 

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari teripang, perlu diingat bahwa manfaat tersebut masih memerlukan penelitian yang lebih dalam. 

Selain itu, perhatikan juga dosis dalam mengonsumsi teripang untuk kesehatan. Dosis yang tepat akan sangat bermanfaat secara maskimal bagi kesehatan. 


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pangestuti, Ratih & Arifin, Zainal. (2017). Medicinal and health benefit effects of functional sea cucumbers. Journal of Traditional and Complementary Medicine. 8. 10.1016/j.jtcme.2017.06.007. ResearchGate. (https://www.researchgate.net/publication/318472671_Medicinal_and_health_benefit_effects_of_functional_sea_cucumbers)
High-Value Components and Bioactives from Sea Cucumbers for Functional Foods—A Review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3210605/)
The Benefits of Eating Sea Cucumber. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/sea-cucumber)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app