Sering Sakit Dada Sebelah Kiri? 6 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Dipublish tanggal: Sep 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Sering Sakit Dada Sebelah Kiri? 6 Hal Ini Mungkin Penyebabnya

Sakit di bagian dada, terutama di sebelah kiri, sering kali dikaitkan dengan serangan jantung. Padahal ini belum tentu, bisa saja nyeri dada disebabkan oleh hal lain. Maka dari itu, penting untuk mengetahui berbagai penyebab sakit dada sebelah kiri serta gejalanya masing-masing agar tidak tertukar maupun salah penanganan.

Penyebab sakit dada sebelah kiri dan gejalanya

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan dada kiri terasa sakit. Jika karena serangan jantung, maka hal ini perlu mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin. Tetapi jika ditimbulkan oleh gangguan lain, umumnya tidak memerlukan pertolongan darurat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Di bawah ini adalah sejumlah gangguan yang bisa menjadi penyebab sakit dada sebelah kiri, di antaranya:

1. Serangan jantung

Serangan jantung muncul saat aliran darah menuju otot jantung mendadak terhambat. Jika penyebab sakit dada sebelah kiri adalah serangan jantung, Anda akan merasakan dada seperti ditekan, diremas, lalu muncul rasa berat di rongga dada. 

Gejala serangan jantung bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tak jarang, gejalanya juga diikuti dengan nyeri nyeri pada ulu ati, sesak napas, rasa lelah yang luar hebat, keringat dingin, serta sakit kepala

Baca Selengkapnya: Nyeri Dada yang Berkaitan dengan Jantung dan Bukan Jantung

2. Angina 

Angina merupakan keadaan yang diakibatkan oleh menyempitnya arteri ke jantung, sehingga aliran darah tidak bisa mengalir normal. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab sakit dada sebelah kiri yang rasanya sangat tajam.

Selain itu, gejala angina juga meliputi sesak napas kelelahan yang berat. Angina rentan terjadi pada orang-orang yang baru saja melakukan aktivitas fisik yang berat, sehingga jantungnya harus bekerja ekstra sampai terasa sakit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

3. Masalah di saluran cerna

Tanpa disadari, nyeri di dada kiri juga bisa disebabkan oleh masalah cerna. Hal ini terjadi ketika ada banyak gas yang terkumpul di usus tapi tubuh tidak mampu mengeluarkan semuanya, akibatnya gas akan terdorong ke atas hingga mengakibatkan sakit dada. 

Selain menyebabkan nyeri dada, kondisi ini juga disertai gejala perut kembung dan sering bersendawa. Gangguan saluran pencernaan lain adalah GERD (Gastro-Esophageal Reflux Disease) yang membuat asam lambung kembali naik ke kerongkongan. Zat asamnya lambat laun bisa merusak kerongkongan dan  mengakibatkan nyeri ulu hati.

4. Gangguan pada paru-paru

Infeksi paru bisa menimbulkan peradangan paru (pneumonia) dan selaput di area paru (pleuritis). Salah satu gejala yang muncul adalah sakit dada di sebelah kiri yang makin terasa saat bernapas dan diikuti oleh batuk atau napas ngos-ngosan.

5. Stres 

Seringnya tak disadari, stres juga bisa menjadi penyebab sakit dada sebelah kiri. Diam-diam, stres yang tidak terkontrol bisa menimbulkan rasa sesak dan ini bisa diperburuk dengan gaya hidup tak sehat, seperti merokok atau minum alkohol berlebihan. Jika tidak tertangani dengan tepat, kondisi ini dapat memicu penyakit jantung.

6. Cedera 

Cedera pada dada, contohnya otot yang meregang atau saraf yang tertekan, bisa mengakibatkan sakit dada sebelah kiri. Kondisi ini juga dapat menyebabkan mati rasa pada lengan yang kerap disalahartikan sebagai gejala serangan jantung.

Bagaimana cara mengatasinya?

Upaya penanganan sakit dada sebelah kiri berbeda-beda, tentu saja tergantung penyebabnya masing-masing. Namun, yang terpenting adalah ketahui gejala-gejala penyakit yang diperlukan tindakan segara, contohnya pada kasus nyeri yang disebabkan oleh serangan jantung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Saat muncul sakit dada, cobalah berbaring lalu ambil napas pendek beberapa kali. Longgarkan pakaian Anda, lalu minum air putih guna membantu menenangkan diri.

Jika gejala semakin memburuk, segera cari pertolongan medis. Terlebih jika disertai sejumlah gejala berupa:

Ada baiknya jangan remehkan sakit dada sebelah kiri. Segera minta pertolongan dokter atau ahli medis guna mengetahui gejala yang dirasakan agar mendapat penanganan yang sesuai. 

Baca Juga: 8 Bahan Alami Ampuh Mengatasi Sakit Dada

46 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Pulmonary hypertension — high blood pressure in the heart-to-lung
Mayo Clinic Staff. (2017). Shingles: Symptoms and causes. (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/shingles/symptoms-causes/dxc-20346701)
Mayo Clinic Staff. (2017). Pneumothorax: Symptoms and causes. (http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pneumothorax/symptoms-causes/dxc-20179900)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app