Mengenali Jenis-Jenis Kanker Tulang

Dipublish tanggal: Jul 23, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenali Jenis-Jenis Kanker Tulang

Tumor tulang adalah pertumbuhan sel-sel tulang yang membelah tanpa kontrol membentuk gumpalan massa jaringan. Sebagian besar tumor tulang bersifat jinak, yang berarti mereka bukan kanker dan tidak berpotensi menyebar ke area lain dari tubuh. 

Tetapi tumor tulang mungkin dapat melemahkan struktur tulang dan menyebabkan patah tulang atau menyebabkan masalah tulang lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Sedangkan tumor tulang ganas atau yang disebut kanker tulang dapat menghancurkan jaringan tulang normal. Kanker tulang dapat di mulai di tulang atau menyebar dari bagian lain tubuh (disebut metastasis).

Tumor Tulang Jinak

Prevalensi tumor tulang jinak lebih sering dibandingkan dengan kanker tulang. Berikut adalah beberapa jenis tumor tulang jinak yang cukup sering ditemukan :

  • Osteochondroma adalah tumor tulang jinak yang paling umum. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang di bawah usia 20 tahun.
  • Tumor sel raksasa adalah tumor jinak, yang biasanya muncul pada tulang kaki (tipe ganas tumor ini jarang terjadi).
  • Osteoid osteoma adalah tumor tulang, yang paling sering ditemukan pada tulang panjang, yang biasanya terjadi pada awal usia 20-an.
  • Osteoblastoma adalah tumor tunggal yang tumbuh di tulang belakang dan tulang panjang, kebanyakan terjadi pada orang dewasa muda.
  • Enchondroma adalah tumor yang biasanya muncul di tulang tangan dan kaki. Seringkali tumor jenis ini tidak memiliki gejala dan merupakan jenis tumor tangan yang paling umum.

Tumor tulang ganas

Penyebab tumor tulang ganas atau lesi tulang kanker tergantung pada apakah kanker tersebut primer atau sekunder. Penyebab paling umum dari lesi kanker tulang primer adalah:

Mieloma Multiple

Multiple myeloma biasanya terjadi pada seseorang yang berusia di atas 50 tahun, dan merupakan bentuk paling umum dari kanker tulang primer. Multiple myeloma adalah tumor ganas dari sumsum tulang, yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah.

Multiple myeloma dapat mempengaruhi tulang di dalam tubuh dan merupakan kanker tulang primer yang paling umum. Kondisi ini mempengaruhi sekitar enam orang per 100.000 setiap tahun. Sebagian besar orang yang mengalami multiple myeloma berusia antara 50 hingga 70 tahun.

Multiple myeloma biasanya ditangani dengan kemoterapi dan terapi radiasi. Kadang-kadang, operasi mungkin diperlukan. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun bagi penderita multiple myeloma adalah 50 persen. Itu berarti bahwa kurang dari setengah orang yang didiagnosis dengan kondisi tersebut akan hidup 5 tahun setelah diagnosis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Osteosarkoma

Osteosarkoma adalah kanker tulang primer kedua yang paling umum. Kondisi ini masih jarang, terjadi di antara dua dan lima orang dalam setiap juta setiap tahunnya.

Sebagian besar kasus osteosarkoma dapat muncul pada kedua sisi lutut di tulang paha atau tulang kering remaja dan anak-anak. Kadang-kadang kondisi ini juga bisa terjadi di pinggul atau bahu.

Perawatan osteosarkoma biasanya melibatkan kemoterapi dan operasi. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun bagi penderita osteosarkoma adalah 70 persen untuk anak-anak dan remaja ketika mereka didiagnosis. Pilihan pengobatan yang biasa dipilih untuk menangani osteosarkoma adalah kemoterapi, pembedahan, dan radiasi.

Ewing Sarcoma 

Anak-anak dan remaja yang berusia antara 5 hingga 20 tahun kemungkinan besar mengalami Ewing sarcoma. Tungkai atas dan bawah, panggul, lengan atas, atau tulang rusuk cenderung menjadi tulang yang dipengaruhi oleh jenis tumor ini. Tumor ini juga dapat berkembang di jaringan lunak yang mengelilingi tulang.

Sementara Ewing sarkoma dapat berkembang pada usia berapa pun, lebih dari setengah kasus, didiagnosis pada usia antara 10 dan 20 tahun. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun keseluruhan untuk anak-anak dan orang muda penderita Ewing sarcoma yang belum menyebar adalah sekitar 70 persen. Jika tumor telah menyebar pada saat diagnosis, maka harapan untuk sembuh sangat kecil.

Chondrosarcoma

Chondrosarcoma adalah tumor ganas yang terdiri dari sel-sel yang menghasilkan tulang rawan. Kanker jenis ini paling sering terjadi pada orang-orang berusia antara 40 hingga 70 tahun. Kanker ini cenderung berkembang di daerah pinggul, panggul, atau bahu.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Chondrosarcoma biasanya dapat ditangani dengan operasi, tetapi jenis operasi yang dibutuhkan akan tergantung pada stadium dan tingkat keparahan kanker. Kadang-kadang, jika sel kanker telah menyebar dari tulang ke saraf dan pembuluh darah, daerah yang terkena mungkin perlu diamputasi.

Chondrosarcoma adalah kanker yang tumbuh lambat, dan sebagian besar kasus memiliki harapan sembuh yang rendah ketika didiagnosis.

Kanker Tulang Sekunder

Kanker yang ada di tulang Anda paling sering berasal dari kanker di tempat lain di tubuh Anda. Misalnya, jika kanker paru-paru telah menyebar ke tulang, maka kondisi tersebut adalah kanker tulang sekunder. Setiap kanker yang bergerak dari satu bagian tubuh ke bagian lain disebut kanker metastasis. Kanker yang biasanya menyebar ke tulang meliputi:


12 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app