Kesehatan Fisik

Setelah Patah Tulang Kaki, Berapa Lama Bisa Sembuh dan Jalan Lagi?

Dipublish tanggal: Agu 24, 2019 Update terakhir: Mei 18, 2020 Waktu baca: 3 menit

Saat Anda mengalami patah pada tulang kaki, pasti Anda akan berfikir berapa lama kondisi tersebut akan pulih sehingga Anda dapat kembali beraktivitas kembali. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai masa penyembuhan pasca patah tulang, berikut beberapa lokasi patah tulang kaki yang umum terjadi.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Fisioterapi via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket fisioterapi hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia p01 fisioterapi

Patah tulang kaki dapat terjadi pada:

Tiga tulang kaki tersebut merupakan tulang terpanjang di tubuh Anda. Tulang paha merupakan yang terpanjang dan terkuat dari tulang yang lainnya.

Tiga tahap penyembuhan tulang

Ketika seseorang mengalami patah tulang kaki, maka biasanya akan melewati tiga tahap penyembuhan:

Fase inflamasi

Fase inflamasi, juga disebut pembentukan fraktur hematoma, merupakan tahap pertama penyembuhan yang terjadi segera setelah cedera.

Menurut sebuah penelitian, sekitar 48 jam setelah cedera, pembuluh darah yang rusak oleh patah tulang umumnya akan melepaskan darah. Darah tersebut akan mulai membeku dan membentuk hematoma fraktur. 

Karena gangguan aliran darah ke tulang, beberapa sel tulang di sekitar patahan tulang akan mati. Tahap inflamasi tersebut akan berakhir kira-kira satu minggu setelah patah tulang terjadi.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Tahap perbaikan

Fase perbaikan atau reparatif dimulai dalam beberapa hari pertama setelah patah tulang dan berlangsung sekitar 2 - 3 minggu. Selama waktu tersebut, tubuh akan membangun tulang rawan dan jaringan di dalam dan di sekitar lokasi patahan tulang.

Jaringan membentuk jaringan lembut di ujung tulang yang patah, dan jaringan tumbuh sampai kedua ujung bertemu. Pertumbuhan tersebut dikenal sebagai kalus, dan pertumbuhan kalus tujuannya untuk menstabilkan patahan tulang. 

Selama minggu-minggu berikutnya, kalus tulang yang terbuat dari tulang spons yang disebut tulang trabekular akan menggantikan jaringan kalus .

Renovasi tulang

Fase remodeling merupakan fase terakhir dalam penyembuhan patah tulang. Pada tahap tersebut, tulang padat menggantikan tulang spons, menyelesaikan proses penyembuhan. 

Terkadang, permukaan luar tulang sedikit membengkak selama beberapa waktu, yang seharusnya dapat sembuh dengan sendirinya.

Apa yang diharapkan selama pemulihan dari Patah Tulang Kaki

Butuh waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk kaki Anda yang patah kembali pulih. Waktu pemulihan akan tergantung pada tingkat keparahan cedera dan bagaimana Anda mengikuti arahan dokter.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Jika Anda menggunakan belat atau gips, dokter mungkin akan menyarankan Anda menggunakan kruk atau tongkat untuk menjaga berat badan dari kaki yang patah selama enam hingga delapan minggu atau lebih. 

Jika Anda menggunakan perangkat fiksasi eksternal, dokter kemungkinan besar akan mengangkat kembali perangkat tersebut setelah sekitar enam hingga delapan minggu.

Selama masa pemulihan tersebut, kemungkinan besar rasa nyeri akan berhenti setelah patah tulang cukup kuat untuk menangani aktivitas normal.

Setelah penggunaan gips, brace, atau perangkat imobilisasi lainnya dilepas, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk terus membatasi gerakan atau aktivitas sampai tulang Anda cukup solid untuk kembali ke tingkat aktivitas sehari-hari Anda.

Jika dokter merekomendasikan terapi fisik dan olahraga, mungkin diperlukan beberapa bulan atau bahkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan penyembuhan patah kaki yang parah.

Faktor lain yang mempengaruhi masa penyembuhan pasca patah tulang yaitu:

  • Usia
  • Cedera lain yang terjadi saat Anda patah kaki
  • Infeksi
  • Kondisi yang mendasari atau masalah kesehatan yang tidak secara langsung terkait dengan patah kaki Anda, seperti obesitas, penggunaan alkohol berat, diabetes, merokok, kekurangan gizi, dll.

Bagaimana Prognosis Tulang Kaki yang patah?

Jika ditangani dengan segera dan benar, tulang kaki yang patah biasanya akan kembali berfungsi normal. Lalu, bagaimana prognosis pada tulang kaki yang patah? Berikut penjelasannya.

  • Karena tulang utama dari kaki berfungsi untuk menopang berat badan, setidaknya proses penyembuhan membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 minggu.
  • Tingkat keparahan cedera dan usia pasien dapat menyebabkan komplikasi. Misalnya, orang lanjut usia dengan patah tulang pinggul mungkin mengalami kesulitan mendapatkan kembali kekuatan dan mobilitasnya kembali.
  • Seseorang dengan fraktur terbuka (di mana tulang menempel melalui kulit), mungkin berisiko lebih tinggi terhadap infeksi tulang. Jika infeksi terjadi, hal tersebut dapat menunda proses penyembuhan secara signifikan.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Broken Leg: Symptoms, Treatment, and Recovery Time. Healthline. (https://www.healthline.com/health/broken-leg)
How do broken bones heal?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318961.php)
Broken Leg: Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/first-aid/broken-leg)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app