6 Penyebab Fungsi Tulang Kering Menurun dan Cara Mencegah Risiko Cedera

Dipublish tanggal: Agu 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 7, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Penyebab Fungsi Tulang Kering Menurun dan Cara Mencegah Risiko Cedera

Tulang kering merupakan penghubung antara lutut dan pergelangan kaki. Tulang ini merupakan tulang terbesar kedua yang terletak di tungkai kaki. Nama lain dari tulang kering adalah tibia yang memiliki arti seruling. Pemberian nama ini sebenarnya didasari pada alat musik zaman dahulu yang pembuatannya dari tulang kering hewan. 

Secara garis besar, fungsi utama dari tulang kering adalah untuk menopang dan menjaga postur tubuh dalam aktivitas sehari-hari. Di samping itu, struktur tulang pada tungkai bawah terdiri dari dua bagian, yakni tibia dan fibula. Fibula sendiri dihubungkan dengan ujung tulang kering menggunakan ligamen

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Fungsi dari kedua tulang ini adalah untuk menstabilkan tubuh kita sewaktu berdiri, menopang berat badan, menjadi penyangga otot-otot tungkai kaki, dan menggerakkan pergelangan kaki.

6 Penyebab Fungsi Tulang Kering Menurun

Tak bisa dipungkiri dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain, kaki manusia paling sering mengalami masalah cedera. Mulai dari cedera ringan sampai berat bisa dialami di bagian tungkai, terutama pada bagian tulang kering. Berikut merupakan beberapa cedera atau kondisi yang dapat menurunkan fungsi dari tulang kering:

1. Cedera Tulang Kering (Shin Splints)

Cedera ini ditandai dengan adanya rasa nyeri di sepanjang tulang kering. Biasanya cedera tulang kering sering dialami oleh penari, atlet lari, hingga anggota militer. Peningkatan aktivitas yang membuat bagian otot, sendi, dan jaringan pada tulang bekerja terlalu keras biasanya menjadi penyebab dari cedera tulang kering. 

2. Tulang Kering Patah

Keadaan ini dapat Anda alami ketika tulang kering mengalami benturan atau hantaman melebihi kekuatan dari tulang tersebut. Contohnya kecelakaan yang menyebabkan patah tulang, cedera ketika berolahraga, hingga cedera karena jatuh dari ketinggian.

3. Infeksi Tulang (Osteomielitis)

Osteomielitis adalah kondisi yang sering terjadi karena karena infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut dapat menginfeksi bagian tulang Anda melalui aliran darah. Normalnya, bakteri Staphylococcus aureus berada di permukaan kulit bagian atas dan tidak menimbulkan masalah. Meski begitu, Anda tetap harus waspada. Pasalnya, sewaktu tubuh berada di kondisi yang kurang baik, bakteri tersebut dapat berbalik menyerang tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

4. Pelemahan Tulang (Osteomalacia)

Osteomalacia merupakan kondisi tulang mengalami kelainan yang membuat tulang mudah melengkung, atau bahkan membuat tulang menjadi patah. Kelainan ini terjadi sewaktu proses pembentukan tulang mengalami masalah. Hal inilah yang membuat tulang tidak bisa mengeras. Umumnya, pelemahan tulang sering terjadi karena kekurangan asupan vitamin D.

5. Tulang Keropos (Osteoporosis)

Penyebab utama dari masalah tulang ini adalah kekurangan kalsium. Osteoporosis sendiri merupakan kondisi tulang yang mudah keropos dan rapuh, sehingga tulang tersebut menjadi mudah patah. Sedangkan patahnya tulang akibat osteoporosis sering kali terjadi bagian pinggul, pergelangan tangan dan area tulang belakang

6. Kanker Osteosarcoma

Kanker jenis ini merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh anak-anak dan remaja. Kanker osteosarcoma umumnya menyerang bagian tulang dengan ukuran yang besar dan tingkat pertumbuhannya paling cepat. Mulai dari tulang paha, tulang kering, serta tulang leher bagian atas.

Selain beberapa kondisi yang telah disebutkan di atas, kelainan bawaan pada tulang juga dapat menurunkan fungsi tulang kering. Oleh karena itu, agar tulang kering dapat menjalankan fungsinya secara normal diperlukan penanganan khusus.

Cara Mencegah Risiko Cedera Tulang Kering

Bagi Anda yang belum pernah mengalami cedera tulang kering ataupun terserang penyakit yang sudah dibahas sebelumnya, ada baiknya jika Anda melakukan pencegahan dan menjaga kesehatan tulang. Berikut beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mencegah terjadinya cedera tulang kering:

  • Untuk menghindari cedera, silahkan lakukan peregangan ataupun pemanasan sebelum mulai berolahraga.
  • Anda perlu mengombinasikan olahraga fisik yang berat dan ringan, misalnya lari dan berenang.
  • Apabila ingin melakukan olahraga lari, pilihlah sepatu lari yang tepat dan permukaan lari yang rata untuk menghindari cedera.
  • Apabila Anda memiliki berat badan berlebih, lakukan latihan untuk menurunkan berat badan Anda. 

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
MedicineNet (2013). Medical Definition of Shinbone. (https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=8460)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
8 Kesalahan Saat Lari yang Sering Dilakukan
8 Kesalahan Saat Lari yang Sering Dilakukan

Kesalahan kecil yang dilakukan saat lari dapat mengurangi manfaatnya pada kesehatan, bahkan memungkinkan terjadinya masalah baru bagi tubuh, seperti lecet, nyeri kaki, cedera otot, dan lebam.

Cara Mudah Sembuhkan Cedera Menggunakan Metode RICE
Cara Mudah Sembuhkan Cedera Menggunakan Metode RICE

Perlu anda ketahui bahwa metode RICE merupakan singkatan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation. Bagi anda yang baru pertama kali mendengar metode RICE ini mungkin masih terasa asing. Untuk lebih jelasnya maka dalam artikel ini akan dijelaskan cara menyembuhkan cedera menggunakan metode RICE yang bisa menambah wawasan anda.

Buka di app