Kenali Serba-serbi Tentang Apa Itu Scaling Gigi

Dipublish tanggal: Nov 4, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Nov 9, 2019 Waktu baca: 5 menit
Kenali Serba-serbi Tentang Apa Itu Scaling Gigi

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Scaling gigi adalah salah satu jenis perawatan gigi untuk membersihkan serta menghilangkan plak atau karang yang menempel pada gigi. Biasanya plak gigi berasal dari bakteri bekas sisa makanan.
  • Tak hanya membersihkan karang gigi, scaling juga bermanfaat untuk mencegah penyakit periodontitis di area gigi, mengurangi risiko pembengkakan jaringan, serta menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  • Orang dewasa maupun anak-anak disarankan untuk rutin melakukan scaling, terutama mereka yang aktif merokok, suka makan makanan manis, sering minum kopi atau soda, serta malas menyikat gigi.
  • Sama seperti perawatan lainnya, scaling gigi mungkin menimbulkan efek samping tertentu seperti gigi sensitif, bibir kering, hingga infeksi. Maka dari itu, perlu berkonsultasi dengan dokter terkait perawatan pasca scaling.
  • Bandingkan harga paket dan dapatkan harga promo perawatan scaling gigi di HDmall sekarang, klik di sini.

Menyikat gigi secara rutin terkadang tidak cukup untuk menghilangkan plak dan karang yang menempel pada gigi. Namun, Anda tak perlu khawatir. Semua plak dan karang gigi yang mengganggu bisa diatasi dengan prosedur scaling. Sudah tahu apa saja manfaat dan risiko scaling gigi? Kalau belum, baca terus ulasan berikut ini, yuk!

Apa itu scaling gigi?

Scaling adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk membersihkan plak dan karang gigi. Tindakan atau prosedur ini tidak membutuhkan operasi, sehingga paling banyak dipilih dan sering dilakukan.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Polishing 1 Kali di AM Dental Care

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Pada beberapa pasien yang tidak tahan sakit terkadang membutuhkan anestesi (bius) lokal, biaya anestesi tidak termasuk pada paket ini. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan polishing   1 kali di am dental care

Plak sendiri adalah lapisan tipis berwarna putih atau kuning yang menempel di gigi. Plak di gigi umumnya berasal dari bakteri yang bercampur dengan sisa-sisa makanan, terutama makanan yang terbuat dari gula atau tepung. 

Kalau dibiarkan mengeras, maka plak tersebut lambat laun akan membentuk karang gigi atau tartar. Karang gigi dan plak ini mengandung banyak sekali bakteri yang bisa menyebabkan Anda mengalami sakit gigi. Tidak hanya sakit gigi, plak dan karang tersebut juga bisa membuat Anda kehilangan gigi alias gigi copot.

Baca Juga: 7 Penyebab Sakit Gigi yang Sering Terjadi 

Karena menyikat gigi secara rutin saja ternyata tidak akan mampu menghilangkan plak dan tartar dengan tuntas. Oleh karena itulah, Anda perlu mengambil cara lain yakni dengan scaling gigi. 

Manfaat scaling gigi yang paling utama memang untuk membersihkan plak dan tartar. Akan tetapi, masih ada banyak fungsi scaling lainnya, antara lain:

  • Mengurangi banyaknya asam dan enzim yang sudah diproduksi oleh bakteri di dalam mulut. Apabila terlalu banyak enzim di dalam mulut, maka dapat memicu kerusakan jaringan pada mulut dan gigi.
  • Mengurangi risiko pembengkakan jaringan yang disebabkan oleh respons imun tubuh terhadap plak. 
  • Mencegah penyakit periodontitis di daerah gigi. 
  • Memelihara kesehatan gigi dan tulang gigi. 

Siapa yang dianjurkan scaling gigi?

Plak dan juga karang gigi bisa muncul pada semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya, orang yang memiliki plak gigi tidak akan sadar hingga kemunculannya mulai terasa mengganggu.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Gigi di Brillo Dental Care (Buy 1 Get 1)

Pembersihan gigi rutin dilakukan untuk menghilangkan kotoran, plak, dan karang gigi agar lebih sehat dan kuat, menghilangkan noda, mengurangi bau mulut, dan mengurangi radang gusi. Paket ini tidak termasuk obat dan berlaku untuk 1x pemakaian.

Pembersihan gigi di brillo dental care %28pay 1 get 2%29

Plak yang menempel pada gigi umumnya tidak akan menimbulkan gejala apa pun, tidak sakit, dan tidak langsung berubah warna. Oleh karena itulah, Anda perlu rutin periksa gigi ke dokter gigi minimal 2 kali setahun untuk memantau kesehatan gigi dan mulut Anda.

Meskipun plak bisa menyerang semua orang, ternyata ada beberapa orang yang lebih rentan terkena plak sehingga dianjurkan untuk scaling gigi, antara lain:

  • Perokok aktif 
  • Orang yang suka makan makanan berkadar gula tinggi, contohnya cokelat
  • Sering meminum soda dan kopi
  • Tidak menyikat gigi dengan baik dan rutin

Bila Anda mengalami periodontitis kronis tapi ingin scaling, maka Anda tak perlu khawatir karena Anda masih bisa melakukan scaling gigi, lho! Namun agar lebih jelas mengenai boleh atau tidaknya scaling, sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter gigi kepercayaan Anda.

Yang harus diperhatikan sebelum scaling gigi

Jika Anda tertarik ingin scaling gigi, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah periksa ke dokter gigi. Dokter akan melakukan sejumlah pemeriksaan terlebih dahulu, mulai dari riwayat kesehatan secara menyeluruh hingga kondisi gigi dan mulut Anda.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum scaling dimulai, yaitu:

  • Beritahukan dokter gigi bila Anda memiliki alergi terhadap obat bius atau obat-obatan tertentu. 
  • Apabila Anda mengonsumsi obat-obatan atau suplemen, beri tahukan juga kepada dokter yang akan menangani Anda. Biasanya, dokter akan meminta pasien untuk berhenti minum obat-obatan tersebut sebelum melakukan scaling gigi
  • Apabila Anda menggunakan sendi buatan atau prostetik, maka Anda juga harus memberitahukan dokter. Dokter akan memberikan antibiotik untuk mengurangi risiko efek samping yang mungkin muncul.
  • Beri tahukan dokter bila Anda punya riwayat penyakit jantung, katup jantung, atau pernah melakukan prosedur transplantasi organ dalam.
  • Dianjurkan untuk makan dan minum yang cukup sebelum mulai scaling.
  • Sebaiknya menyikat gigi terlebih dahulu sebelum datang ke klinik.

Prosedur pelaksanaan scaling gigi 

Anda mungkin saja masih ragu saat ingin scaling, karena takut akan terasa sakit. Jangan ragu untuk menanyakan pada dokter mengenai prosedur scaling supaya Anda lebih yakin dan tidak takut menjalaninya.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Lama proses pembersihkan karang gigi berbeda-beda pada tiap pasien, tergantung dari seberapa parah plak yang ada pada gigi. Tindakan ini biasanya berlangsung selama 30 menit sampai 2 jam.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan dilakukan dokter saat melakukan scaling, antara lain:

  • Memberikan anestesi lokal yang berfungsi untuk menghilangkan rasa nyeri. 
  • Membersihkan karang gigi dengan alat pengikis tertentu.
  • Membersihkan plak dan karang secara manual.
  • Meminta pasien untuk berkumur.
  • Memoles gigi dengan alat tertentu.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi (Scaling)

Yang harus dilakukan setelah scaling gigi 

Pasien umumnya langsung boleh pulang setelah melakukan scaling gigi. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah scaling, yaitu:

  • Hindari makan atau minum apa pun 30 menit sampai 1 jam ke depan
  • Menyikat gigi dengan pasta gigi khusus, untuk merawat gigi yang baru dibersihkan atau scaling
  • Lakukan flossing gigi, untuk membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut
  • Hindari makanan keras, karena bisa menekan permukaan gigi dan merusak hasil scaling
  • Hindari makanan atau minuman manis, untuk mencegah pembentukan plak pada gigi.
  • Hindari makanan atau minuman yang suhunya terlalu panas maupun dingin, supaya gigi tidak ngilu setelah scaling gigi
  • Hindari merokok terlebih dahulu untuk mencegah timbunan plak pada gigi
  • Tetap rutin periksa gigi ke dokter demi menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda, minimal tiap 6 bulan sekali

Waspadai risiko dan efek samping scaling gigi

Sama seperti prosedur lainnya, proses pembersihkan karang gigi juga dapat menimbulkan efek samping tertentu pada sebagian orang. Namun efek samping tersebut biasanya cenderung ringan sehingga tak perlu dikhawatirkan.

Salah satunya, Anda mungkin akan merasakan tidak nyaman di bagian gigi dan mulut setelah scaling. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir sebab ini merupakan pengaruh obat bius yang belum hilang sepenuhnya. Setelah efek biusnya hilang, mulut Anda akan kembali normal seperti biasanya.

Selain itu, ada beberapa risiko dan efek samping scaling lainnya yang dapat terjadi, yakni:

  • Nyeri pada gigi
  • Gigi menjadi sensitif atua ngilu
  • Bibir menjadi kering 
  • Infeksi 

Bila Anda mengalami salah satunya, segera konsultasikan pada dokter. Yang terpenting, selalu ikuti aturan dan cara perawatan dari dokter gigi supaya gigi dan mulut Anda tetap sehat setelah scaling.

Biaya scaling gigi di setiap klinik

Harga scaling berbeda-beda tergantung masing-masing klinik dan metode scaling yang digunakan. Pasalnya, ada beberapa klinik menawarkan proses scaling dengan metode airflow hingga ultrasonic, bahkan ada juga yang dilengkapi dengan dental spa dan pengolesan topical fluoride. Semakin lengkap fasilitasnya, harga scaling gigi tentu akan semakin mahal.

Sebagai perbandingan, berikut biaya scaling di klinik yang bekerja sama dengan Honestdocs:

Ananta Dental: Rp 85.500

Luxe Dental and Aesthetic Center: Rp 94.050

Smile Up! Dental Clinic: Rp 189.050

Klinik Gigi Dewi: Rp 190.000

Pixel Dental: Rp 237.500

King Dental: Rp 285.000

Kj Dental Care: Rp 285.000

Tooth & Co Dental Clinic: Rp 299.000

Fre Dental Care: Rp 308.750

My Dental Studio: Rp 331.550

Empire Dental Studio: mulai dari Rp 332.500

Get Dentist: Rp 332.500

Schon Dental: Rp 332.500

Airis Dental Clinic: Rp 380.000

Primera Dental: mulai dari Rp 380.000

Tooth's Kingdom Dental Care: Rp 380.000

Dentaline Dental Care: Rp 394.250

Dentistique Clinic: mulai dari Rp 399.000

Upstairs Dental Clinic: Rp 470.250

A8 Dental: Rp 475.000

BSD Dental Care: Rp 475.000

DentaVille Dental Care: Rp 475.000

Host Dental Clinic: Rp 475.000

Tidi Dental Clinic: mulai dari Rp 475.000

Klinik drg. Monalia Heryadi: Rp 522.500

Klinik Gigi Senyum Ceria: mulai dari Rp 522.500

Klinikoo Dental Care: Rp 522.500

Smile Concept Cilandak: Rp 522.500

Denta Beauty: mulai dari Rp 617.500

FD Care: mulai dari Rp 617.500

My n Your Dentist: Rp 641.250

Medizen Clinic: mulai dari Rp 665.000

PI Dental: Rp 700.000

Agata Dental Clinic: mulai dari Rp 712.500

Dentalogy Dental Care: Rp 760.000

Klinik Dentist & Dentists: Rp 855.000

SDC Dental: Rp 855.000

South Dental: mulai dari Rp 969.000

Cek langsung pilihan paket scaling gigi dan bandingkan harganya di klinik yang terdekat dengan Anda di sini. Jangan lewatkan promo paket kesehatan terbaru lewat aplikasi Honestdocs yang bisa Anda download langsung di sini.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Teeth Scaling and Root Planing: How They May Save Your Teeth (https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/teeth-scaling)
Scaling and Root Planing for Gum Disease - American Dental Association (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/scaling-and-root-planing)
Periodontal (Gum) Disease - National Institute of Dental and Craniofacial Research (https://www.nidcr.nih.gov/oralhealth/Topics/GumDiseases/Documents/PeriodontalGum_Eng_101613_508C.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app