Kebiasaan Sehat

4 Jenis Penyakit Paru yang Menyerang Perokok Aktif

Dipublish tanggal: Mei 25, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Waktu baca: 2 menit
4 Jenis Penyakit Paru yang Menyerang Perokok Aktif

Di dalam rokok, terdapat 4.000 bahan kimia yang bisa masuk ke dalam tubuh, seperti karbon monoksida, nikotin, tar maupun yang lainnya. Paru-paru manusia seharusnya menghirup udara yang segar dan harus terhindarkan dari yang namanya zat asing. 

Karena zat bahaya itulah yang bisa merusak anggota tubuh manusia yang lebih sering menghirup asap rokok.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penyakit yang lebih sering dihisap oleh perokok aktif yaitu penyakit paru-paru. 

Apabila paru-paru Anda terserang, maka paru-paru tidak akan berfungsi dengan benar, hal ini menjadikan saluran pernapasan akan menghasilkan lendir dalam menjaga kelembaban sekaligus menyaring kotoran yang masuk ketika sedang menarik napas.

Zat kimia yang terkandung di dalam rokok bisa merangsang bagian sel-sel membran yang menghasilkan lendir jauh lebih produktif lagi. Hal ini pun bisa menimbulkan jumlah lendir yang dihasilkan semakin banyak lagi. Dengan begitu, maka lapisan tebal akan mengelilingi bagian paru-paru. 

Ada 4 jenis penyakit paru-paru yang dapat menyerang perokok aktif, diantaranya:

1. Penyakit emfisema, kantung udara paru yang mengalami kerusakan

Kerusakan yang terjadi pada kantung udara paru dapat menimbulkan paru menjadi melemah dan pada akhirnya membuat paru-paru menjadi pecah. Dalam kondisi ini, jumlah oksigen bisa mencapai hingga aliran darah. 

Bagi penderita penyakit emfisema memiliki kesulitan dalam bernafas, khususnya pada saat melakukan aktivitas maupun berolahraga.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Apabila penyakit emfisema tidak segera mendapat penanganannya yang tepat, maka hal ini menjadikan penyakit paru-paru semakin parah. 

Gejala dari penyakit emfisema yaitu seperti detak jantung yang lebih cepat, mudah merasa lelah, mengalami kesulitan bernafas meskipun sedang tidak melakukan aktivitas apapun, berat badan menurun dan kuku jari menjadi biru.

2. Kanker paru, di sekitar lapisan bronkus

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan kanker paru, hal ini dikarenakan zat kimia yang ada di dalam rokok bisa masuk ke dalam tubuh dan merangsang pada pertumbuhan sel di paru-paru menjadi tidak normal. Sedangkan untuk sel kanker bisa muncul pada bagian bronkus maupun di area yang lainnya di saluran pernafasan. 

Hal ini menyebabkan benjolan dan melakukan penyebaran pada jaringan yang lainnya.

3. Bronkitis kronis, tanda peradangan di lapisan tabung bronchial

Bronchitis kronis menjadi bagian dari PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis. Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini yaitu adanya peradangan pada bagian lapisan tabung bronchial maupun saluran yang akan membawakan udara menuju paru-paru. 

Peradangan yang terjadi pada lapisan tabung bronchial bisa menyebabkan lendir menjadi terlalu lengket, sehingga dapat menghambat aliran udara yang telah keluar maupun masuk ke paru-paru.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

4. Penyakit Pneumonia, yang bisa menurunkan sistem imun dalam tubuh

Penyakit Pneumonia tidak hanya disebabkan karena serangan virus, bakteri maupun jamur saja. akan tetapi untuk kebiasaan merokok pun juga bisa menjadi penyebabnya. Semakin sering Anda menghisap batang rokok, maka akan menurunkan sistem imun dalam tubuh. 

Sedangkan sistem imun tersebut berguna untuk melawan patogen yang menyebabkan penyebab pneumonia.

Semakin sering Anda merokok, maka akan semakin banyak sarang penyakit yang berada di dalam tubuh. Untuk itu, apabila Anda ingin menghindari serangan penyakit yang disebabkan oleh asap rokok, Anda harus menghentikan rokok yang sering kali Anda hisap. 

Ke 4 penyakit paru-paru yang ada di atas haruslah Anda perhatikan dengan baik, karena siapa pun bisa terserang oleh ke 4 penyakit paru di atas, terutama bagi Anda yang berstatus sebagai perokok aktif.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 effects of smoking cigarettes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/324644.php)
Smokers’ Lungs vs. Healthy Lungs: Know the Difference. Healthline. (https://www.healthline.com/health/smoker-lung-vs-healthy-lung)
COPD: Symptoms, Causes, Types, Diagnosis, Treatment. WebMD. (https://www.webmd.com/lung/copd/10-faqs-about-living-with-copd)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit