Cara Membersihkan Karang Gigi (Scalling)

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Membersihkan Karang Gigi (Scalling)

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu sangat penting dan harus dimulai dari usia anak-anak. Beberapa di antaranya adalah dengan tidak mengonsumsi makanan manis yang berlebihan, rajin sikat gigi, serta memeriksakan diri ke dokter gigi
  • Salah satu jenis perawatan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi adalah scaling gigi atau pembersihan karang gigi yang sebaiknya rutin dilakukan setiap 6 bulan sekali
  • Scaling gigi merupakan prosedur pembersihan karang gigi yang dilakukan untuk mengangkat sisa makanan yang mungkin menumpuk di sela gigi dan bisa mengeras jika dibiarkan dalam waktu yang lama
  • Sisa kotoran yang mengendap dan semakin mengeras akan membentuk karang gigi yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi sehingga membutuhkan perawatan gigi scalling

Kesehatan gigi dan mulut hendaknya mulai diperhatikan tak hanya ketika dewasa, tetapi semenjak dini yaitu mulai dari anak-anak. Oleh sebab itu, penting mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut pada anak. Mulai dari cara sikat gigi yang benar, tidak mengonsumsi makanan manis yang mungkin dapat merusak gigi, cara menjaga gigi agar terhindar dari kerusakan dan juga perawatan kebersihan gigi dengan memeriksakan gigi ke dokter gigi secara berkala. 

Salah satu peran dokter gigi yang juga termasuk dalam metode perawatan gigi untuk anak dan orang dewasa adalah scaling gigi atau pembersihan karang gigi. Scaling sendiri adalah prosedur pembersihan karang gigi atau plak gigi yang bisa disebabkan akibat sisa-sisa makanan yang menumpuk dalam waktu lama dan mengeras. Anak-anak sangat rentan terkena karang gigi karena kebiasaan makan dan kurangnya menjaga kebersihan gigi.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Karang gigi dapat timbul akibat kebersihan gigi yang masih kurang serta tidak berkumur sehingga bakteri dalam plak akan menghasilkan asam yang dapat merusak gigi dan menimbulkan gigi berlubang. Ketika sisa makanan tersebut sudah menempel dan mengeras maka dibutuhkan penanganan oleh dokter gigi melalui scaling gigi atau pembersihan karang gigi.

Baca juga: 7 Langkah Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Anak-anak sangat rentan terkena karang gigi

Karang gigi atau yang disebut kalkulus dalam dunia medis adalah kumpulan mineral keras yang mengendap dan semakin mengeras dari hari ke hari di bagian sela gigi, permukaan gigi, dan juga di bawah garis gusi. Karang gigi biasanya akan mulai muncul pada usia anak-anak dan semakin meningkat potensi kemunculannya seiring bertambahnya usia anak. 

Proses terjadinya karang gigi dimulai dari tertinggalnya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi di mana sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan bercampur dengan zat-zat alami yang ada di mulut dan membentuk plak. Jika plak tersebut tidak segera dibersihkan akan mengeras dan lama-lama akan berubah menjadi karang gigi.

Awalnya plak yang keras ini akan berwarna kuning kecokletan, semakin lama plak semakin mengeras dan berubah warna menjadi hitam. Jika terus dibiarkan, karang gigi dapat merusak gigi terutama gigi anak-anak. Selain itu, keberadaan karang gigi juga semakin meningkatkan resiko terkena penyakit gusi yang disebut dengan gingivitis.

Berdasarkan beberapa penelitian dari para ahli, ada keterkaitan antara bakteri yang menginfeksi gusi akibat karang gigi dengan resiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Karang gigi yang sudah mengeras tidak dapat dibersihkan hanya dengan menyikat gigi sehingga perlu menjalani prosedur scalling di dokter gigi.

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare

Prosedur scaling gigi

Scalling merupakan prosedur yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi dan hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi. Alat yang digunakan dalam prosedur scaling gigi adalah sebuah bor mini yang disebut dengan ultrasonic scaler. Alat ini dapat membersihkan karang gigi dari bagian paling luar di sela-sela gigi hingga bagian terdalam gigi. 

Selain itu, bagian garis gusi yang tidak bisa dijangkau dengan sikat gigi pun dapat dibersihkan dengan mudah dengan scalling. Prosedur pembersihan gigi ini tidak menimbulkan rasa sakit dan tetap nyaman termasuk untuk anak kecil sekalipun, tetapi sebelum menjalani prosedur scalling sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Seseorang yang mudah mengalami infeksi parah juga perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena beberapa kondisi seperti penderita operasi katup jantung, penggantian sendi, dan mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah dapat diatasi dengan pemberian obat bius lokal ataupun antibiotik sebelum dan sesudah proses scalling.

Baca juga:Kenali Serba-serbi Tentang Apa Itu Scaling Gigi

Usia ideal bagi anak untuk scalling

Karang gigi pada anak akan mucul ketika susunan gigi susu anak sudah lengkap. Biasanya anak-anak berusia 2-6 tahun berpotensi memiliki plak dan karang gigi. Oleh sebab itu, Anda akan lebih mudah menemukan karies atau pembusukan gigi pada anak-anak di usia ini, apalagi anak-anak di usia ini gemar mengonsumsi makanan manis dan masih kurang bisa menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. 

Secara umum, usia ideal bagi anak untuk melakukan scaling gigi tidak dibatasi. Berapapun usianya asal giginya telah tumbuh lengkap dan terdapat kotoran di gignya maka scalling dapat dilakukan. Tetapi yang paling penting adalah hendaknya orangtua melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi sebelum melakukan scaling pada anak. 

Doker tentunya akan memeriksa dan memutuskan seberapa penting dan perlu scaling gigi dilakukan pada gigi anak, serta dokter juga perlu melihat riwayat kesehatan gigi si kecil sebelum melakukan tindakan. Jika dokter mengambil keputusan untuk melakukan scaling gigi, maka dokter akan menginformasikan hal-hal yang berkaitan dengan scalling mulai dari proses, prosedur, dan resikonya.

Maka dari itu, mulailah membiasakan dan mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut agar terhindar dari penyakit gigi dan periksakan diri ke dokter secara rutin untuk menjaga kesehatan gigi.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Scaling and Root Planing for Gum Disease. MouthHealthy - American Dental Association. (https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/s/scaling-and-root-planing)
Teeth Scaling and Root Planing: How They May Save Your Teeth. Healthline. (https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/teeth-scaling)
What is scaling and root planing?. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/qa/what-is-scaling-and-root-planing)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app