HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Manfaat Penting Magnesium Untuk Tubuh

Dipublish tanggal: Agu 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 26, 2020 Waktu baca: 3 menit
Manfaat Penting Magnesium Untuk Tubuh

Apakah Anda pernah mendengar magnesium sebelumnya? Magnesium adalah unsur mineral yang sangat penting untuk tubuh, namun sayang magnesium cenderung terabaikan. 

Fakta terbaru mengatakan bahwa 8 dari 10 orang kebutuhan magnesium dalam tubuh cenderung tidak terpenuhi, padahal sebenarnya tubuh manusia tidak bisa terlepas dari magnesium yang memiliki manfaat yang sangat penting untuk manusia.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Manfaat Penting Magnesium Untuk Tubuh

Manfaat penting magnesium berkaitan dengan komunikasi antar saraf dalam tubuh manusia, proses biologis, detoksifikasi hingga pergerakan otot. 

Kadar magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia cukup beragam tergantung pada usia dan jenis kelamin. 

Magnesium yang dibutuhkan seorang pria dewasa berbeda dengan wanita dewasa, dimana pria dewasa membutuhkan 400-420 mg magnesium per hari dan wanita dewasa membutuhkan 310-320 mg magnesium perhari, sedangkan anak anak membutuhkan 110-120 mg magnesium per harinya.

Tubuh akan menyimpan magnesium ini hingga 60% di dalam tulang karena memiliki manfaat yang sangat penting untuk tulang, sedangkan 40% sisanya tersebar di tubuh seperti jaringan otot, jaringan lunak dan sel darah.

Supaya lebih memahami manfaatnya, berikut ini adalah manfaat magnesium yang penting untuk tubuh.

1. Mengatasi masalah pencernaan

Magnesium memiliki manfaat yang sangat penting untuk sistem pencernaan tubuh seperti meredakan gejala sakit maag dan juga mengobati sembelit

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Ini dikarenakan kandungan magnesium mampu menetralkan asam lambung yang menjadi penyebab sakit maag, selain itu kandungan magnesium juga sangat berguna untuk membantu kotoran dalam usus supaya lebih mudah dikeluarkan sehingga terbebas dari masalah sembelit dan juga mengurangi resiko kanker usus akibat penumpukan makanan di dalam usus.

2. Menjaga kesehatan jantung

Magnesium dalam jumlah yang tepat dapat membantu Anda terhindar dari resiko penyumbatan pada pembuluh darah sehingga darah yang dipompa jantung akan memiliki kualitas yang lebih baik. 

Penyumbatan pembuluh darah sendiri akan memicu beberapa penyakit mulai dari hipertensi, preeklampsia dan eklamsia yang terjadi pada ibu hamil hingga serangan jantung, gagal jantung dan hipertensi. 

Untuk kasus ini biasanya magnesium diberikan dalam bentuk suplemen atau infus dan suntikan.

3. Mengurangi resiko penyakit diabetes

Magnesium sangat baik untuk membantu penderita diabetes ataupun pencegahan terhadap resiko penyakit diabetes karena dapat memaksimalkan kinerja hormon insulin untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap berada pada batas normal. 

Selain itu magnesium sangat bermanfaat untuk mengolah karbohidrat dalam tubuh yang sangat mempengaruhi kadar gula dalam darah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi magnesium baik itu suplemen ataupun makanan yang mengandung magnesium tingkat resiko terkena diabetes akan lebih rendah.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat magnesium yang utama adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Ini dikarenakan magnesium sangat baik untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dan vitamin D yang merupakan zat gizi utama dalam pembentukan tulang yang kuat dan padat. 

Tercukupinya kebutuhan magnesium dapat mencegah tulang keropos dan terhindar dari penyakit osteoporosis.

5. Mengurangi stres

Konsumsi magnesium dalam jumlah yang tepat akan membantu Anda dalam mengatasi stres karena dapat membuat interaksi saraf menjadi lebih baik sehingga membantu fungsi otak dalam mengatur mood supaya lebih baik. 

Konsumsi magnesium juga baik untuk para wanita yang mengalami PMS atau premenstrual syndrome. Selain dapat membantu mengatur mood menjadi lebih baik, magnesium dapat mengurangi kembung, kram pada perut dan kelelahan yang biasanya terjadi pada gejala pramenstruasi.

Apa saja makanan alami sumber Magnesium 

Selain suplemen magnesium yang bisa ditemui di pasaran, Anda juga bisa mengkonsumsi magnesium dari sumber alami yang ada di sekitar kita. 

Berikut ini adalah makanan alami sumber magnesium yang bisa ditemukan dengan mudah di sekitar kita.

  • Bayam, mengandung 160 mg magnesium dari secangkir bayam rebus.
  • Coklat, mengandung 65 mg magnesium dari 30 gram coklat.
  • Tahu, mengandung 40 mg magnesium dari setengah cangkir tahu.
  • Almond, mengandung 80 mg magnesium dari 25-30 gram kacang almond.
  • Edamame, mengandung 50 mg magnesium dari secangkir kacang edamame rebus

Jumlah Asupan Magnesium dalam satu hari

Seberapa banyak magnesium yang harus dikonsumsi dalam satu hari? Tentunya ini sangat tergantung dengan usia dan jenis kelamin serta kondisi tubuh Anda saat ini. 

Kalau Anda sedang berada dalam kondisi yang tidak sehat maka konsumsi magnesium akan lebih banyak dari biasanya. 

Untuk membantu Anda dalam mengkonsumsi magnesium sehari hari, berikut ini adalah angka kebutuhan rata rata magnesium dalam satu harinya sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan:

Anak-anak

0-6 bulan: 300 mg

7-11 bulan: 55 mg

1-3 tahun: 60 mg

4-6 tahun: 95 mg

7-9 tahun: 120 mg

Laki-laki

10-12 tahun: 150 mg

13-15 tahun: 200 mg

16-18 tahun:  250 mg

Lebih dari 19 tahun: 350 mg

Perempuan

10-12 tahun: 155 mg

13-15 tahun: 200 mg

16-18 tahun: 220 mg

Lebih dari 19 tahun: 320 mg

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Magnesium: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-998/magnesium)
Magnesium: Health benefits, deficiency, sources, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/286839)
Magnesium Supplements: Benefits, Deficiency, Dosage, Effects, and More. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-magnesium#1)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app