Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Makanan dan Diet Sehat

Kupas Tuntas Manfaat Durian dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.446.759 orang

Kupas Tuntas Manfaat Durian dan Bahayanya Bagi Kesehatan

Ada 2 jenis orang di dunia ini, yaitu orang yang suka durian dan tidak suka durian. Orang yang tidak suka makan durian biasanya tidak tahan dengan bau menyengat yang bikin pusing atau mual. Sementara sebagian lainnya justru menganggap bahwa bau durian sangat khas dan menggugah selera.

Dibalik baunya yang kadang bikin sakit kepala, ternyata ada banyak manfaat durian bagi kesehatan. Apa saja? Mari simak khasiatnya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Apa saja manfaat durian bagi kesehatan?

Manfaat durian bagi kesehatan tentu tidak terlepas dari nutrisi di dalamnya. Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 243 gram durian mengandung:

  • 357 kalori
  • 13 gram lemak
  • 66 gram karbohidrat
  • 9 gram serat
  • 4 gram protein
  • 80% nilai asupan vitamin C harian yang dianjurkan
  • 39% nilai asupan vitamin B6 harian harian yang dianjurkan
  • 30% nilai asupan kalium harian harian yang dianjurkan
  • 22% nilai asupan folat harian harian yang dianjurkan
  • 18% nilai asupan kalium magnesium harian yang dianjurkan

Baca Selengkapnya: Fakta Kandungan Gizi Buah Durian yang Kaya Manfaat

Dari keseluruhan nutrisi tersebut memberikan manfaat durian sebagai berikut:

1. Mengendalikan kadar gula darah

Durian memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu sekitar 55. Semakin rendah indeks glikemik makanan, maka tubuh akan semakin lambat menyerap karbohidrat sehingga gula darah tidak cepat melonjak. 

Nutrisi dalam durian juga dapat mencegah penyerapan glukosa berlebih dan merangsang pelepasan insulin. Dengan demikian, kadar gula darah Anda akan tetap dalam batas aman setelah makan durian. Namun ingat, manfaat durian ini bisa didapatkan selama dikonsumsi dalam batas wajar, ya.

2. Melawan infeksi

Baik kulit maupun daging durian mengandung sifat antibakteri yang bisa membantu melawan infeksi. Dengan makan durian saja, daya tahan tubuh Anda akan tetap terjaga sehingga Anda pun tidak mudah sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

3. Mencegah penyakit jantung

Siapa sangka bahwa makan durian ternyata juga baik untuk kesehatan jantung. Sebab, kandungan vitamin dan mineral pada durian dapat menurunkan kadar kolesterol, sehingga aliran darah ke jantung dan seluruh tubuh jadi tetap lancar.

Selain itu, dinding pembuluh darah Anda pun juga tetap sehat tanpa adanya timbunan plak maupun kolesterol. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Menurunkan risiko kanker

Kabar baiknya, manfaat durian juga dapat menurunkan risiko kanker, lho! Pasalnya, durian memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas. Bahkan menurut sebuah studi, ekstrak durian dapat mencegah penyebaran sel kanker payudara.

Apa saja bahaya durian bagi kesehatan?

Meskipun ada banyak manfaat durian yang menggiurkan, Anda tidak boleh terlena dengan kelezatan durian sampai menghabiskannya beberapa biji sekaligus. Perlu diketahui bahwa di balik manfaatnya, buah yang khas dengan durinya ini juga menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Bukan berarti durian itu beracun, tapi bahaya durian hanya bisa terjadi bila dikonsumsi secara berlebihan. Sejumlah bahaya durian bagi kesehatan di antaranya:

1. Memicu obesitas

Walaupun tidak mengandung kolesterol, jumlah kalori dalam durian ternyata cukup tinggi. Dilihat dari kandungan gizinya, setiap 100 gram atau sekitar 3-4 biji durian ukuran sedang, mengandung 150 kalori.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kandungan kalorinya yang tinggi memang bisa memicu obesitas. Ketika seseorang sudah terkena obesitas, maka ia akan lebih berisiko mengalami penyakit kronis lainnya seperti jantung dan diabetes.

2. Meningkatkan detak jantung

Bagi Anda yang punya riwayat penyakit jantung, sebaiknya hindari makan durian terlalu banyak. Sebab, kebanyakan makan durian bisa meningkatkan detak jantung sehingga berbahaya bagi orang yang jantungnya bermasalah.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam International Journal of Food Properties tahun 2015 silam. Para ahli menemukan bahwa peserta yang tubuhnya sehat mengalami peningkatkan detak jantung setelah makan 500 gram durian. 

Efek tersebut bahkan langsung terasa setelah 30 menit sampai 2 jam kemudian. Sementara bagi peserta yang hanya sedikit makan durian tidak mengalami hal serupa.

Baca Juga: Menyibak Mitos dan Fakta Buah Durian yang Jarang Diketahui

Apakah durian bisa menyebabkan kematian?

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa ada orang yang meninggal mendadak setelah makan durian. Berdasarkan kasus tersebut, muncul berbagai dugaan bahwa makan durian bisa menyebabkan kematian. Apa benar begitu?

Perlu ditegaskan bahwa durian merupakan buah yang aman dikonsumsi. Namun, bukan berarti Anda boleh menyantap durian dalam jumlah banyak, terutama bila Anda mengalami obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.

Durian terlalu matang mengalami fermentasi sehingga mengandung alkohol. Kandungan alkohol tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh (thermogenesis). Akibatnya, metabolisme tubuh jadi meningkat sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Bagi penderita hipertensi, hal ini tentu bisa meningkatkan tekanan darah hingga berkali-kali lipat. Pembuluh darah lama-kelamaan bisa pecah dan menyebabkan kematian.

Namun tak perlu khawatir. Orang yang tekanan darah dan gula darahnya normal semestinya tidak akan mengalami hal ini.

Kuncinya adalah pilihlah durian yang tidak terlalu matang dan konsumsi dalam batas wajar sekitar 1-2 biji. Dengan begitu, Anda bisa meraup manfaat durian dengan maksimal dan terhindar dari bahayanya.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Menyusui Makan Durian?

Referensi

Healthline. (2016). Durian Fruit - Smelly, But Also Incredibly Nutritious.

WebMD. Durian.

International Journal of Food Properties. (2015). Effects of Durian Intake on Blood Pressure and Heart Rate in Healthy Individuals.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit