HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Manfaat Air Perasan Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Air Perasan Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis pada umumnya dikenal sebagai pelengkap masakan, seperti penghilang amis pada ikan atau penambah rasa pada sambal pecel. Jeruk nipis ternyata memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia, di antaranya jeruk pecel, jeruk alit, kelangsa, dan lemau nepi. 

Dalam bahasa latinnya, jeruk nipis memiliki istilah Citrus aurantifolia. Anda bisa bedakan antara jeruk nipis dan jeruk lemon?

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Sebab tidak sedikit orang yang kesulitan ketika membedakan kedua jenis jeruk tersebut. Hal yang pasti letak perbedaan antara lemon dan jeruk nipis secara kasat mata bisa dilihat dari bentuknya. 

Lemon bentuknya tidak bulat sempurna, lebih membentuk oval. Tapi jeruk nipis bentuknya bulat sempurna. Ada lagi jeruk limau yang bentuknya juga bulat, tapi ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan jeruk nipis.

Manfaat jeruk nipis

Bukan hanya untuk masakan, ternyata jeruk nipis juga memiliki berbagai fungsi penting bagi kesehatan. Tercatat berbagai fungsi penting itu adalah:

  • Untuk meremajakan kulit dengan kandungan vitamin c alami, flavonoid, serta antioksidan yang dapat membantu memperkuat kolagen. Kandungan tersebut bisa sangat bermanfaat untuk hidrasi dan peremajaan kulit.
  • Bisa melancarkan pencernaan karena kandungannya bersifat asam sehingga bisa membantu air liur memecah makanan. Kandungan flavonoid pada jeruk nipis juga membantu keluarnya enzim-enzim pencernaan.
  • Meningkatnya system kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin c serta antioksidan yang memperkuat system imun dan sebagai media untuk membunuh virus pilek serta flu.
  • Penurunan berat badan yang disebabkan oleh meningkatnya metabolisme tubuh yang notabene lebih menyimpan sedikit lemak serta melakukan porsi besar ketika pembakaran kalori. Untuk masuk ke proses tersebut, jeruk nipis ini didukung oleh kandungan asam sitrat.
  • Menjaga kadar gula darah tetap normal sebab kandungan gula darah pada jeruk nipis sangat rendah dan jug ada kandungan vitamin c yang amat bagus untuk penderita diabetes.
  • Berkurangnya risiko penyakit jantung, seperti serangan jantung, stroke, dan kolesterol berlebih pada tubuh. Jeruk nipis memiliki kandungan penting, yakni magnesium dan kalium.
  • Penurunan risiko kanker karena adanya kandungan antioksidan yang membantu menjaga fungsi sel, meningkatkan pertahanan sel, dari radikal bebas, dan meningkatnya sistem imun pada tubuh.
  • Mengobati penyakit radang dengan kandungan sejuta manfaat vitamin c di dalamnya.
  • Anda akan terhindar dari dehidrasi sebab akan ada sensasi ingin terus minum dalam jumlah banyak ketika sudah mencecap rasa asam dari jeruk nipis.

Kandungan Jeruk Nipis

Itu dia berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari perasan air jeruk nipis untuk kesehatan. Sekarang kita coba cari tahu apa saja kandungan dalam jeruk nipis. Secara garis besar ada 3 kandungan utama, yakni makronutrien, mineral, dan vitamin serta antioksidan.

Berbagai kandungan utama tersebut jika dijabarkan memiliki komposisi penting, seperti makronutrien kandungannya: energy, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan abu. 

Kemudian untuk kandungan mineral di antaranya ada kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, dan seng. Terakhir untuk kandungan vitamin serta antioksidan terdiri atas betakaroten, karoten total, thiamin, riboflavin, niasin, serta vitamin c.

Demikian berbagai kandungan serta manfaat penting dari si mungil jeruk nipis untuk kesehatan Anda. Jeruk nipis yang selama ini Anda kenal hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan ternyata memiliki segudang manfaat lainnya di dunia kesehatan. 

Walaupun rasanya asam, namun ketika Anda sudah tahu manfaat di atas, tentu bukan hal menyebalkan lagi untuk mulai mengonsumsi perasan air jeruk nipis dari sekarang. Jangan salah, sebab Anda bisa menambahkan perasan air jeruk nipis tersebut dengan madu.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Oranges: Health benefits, nutrition, diet, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/272782.php)
Oranges 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/oranges)
Oranges: Nutrition & Health Benefits. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-oranges)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app