Diet Jeruk Nipis Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 1 Minggu

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Diet Jeruk Nipis Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu 1 Minggu

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat membuat metabolisme tubuh naik, sehingga bisa membakar kalori lebih banyak di tubuh.
  • Segelas air jeruk nipis hanya mengandung 11 kalori dan kaya vitamin C yang dapat membantu membakar lemak tubuh.
  • Jeruk nipis dapat membantu proses detoksifikasi dengan membersihkan liver dan memurnikan darah, sehingga sangat baik bagi tubuh.
  • Diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan harus tetap diseimbangi dengan pengaturan pola makan agar hasilnya maksimal.
  • Anda juga dapat melakukan diet dengan metode slimming yang pastinya menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Cek di sini yuk!
  • Hitung dan pantau terus indeks massa tubuh Anda dengan kalkulator Body Mass Index (BMI) di aplikasi Honestdocs. Download gratis di sini!

Tak sedikit orang yang melakukan diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan. Bila selama ini Anda sudah melakukan diet ketat namun belum melihat hasil yang memuaskan, maka cobalah melibatkan jeruk nipis dalam menu keseharian. Ya! Salah satu manfaat dari jeruk nipis adalah menurunkan berat badan sebab memang jeruk nipis mengandung asam sitrat yang bisa membuat metabolisme tubuh naik sehingga bisa membakar kalori lebih banyak ditubuh.

Sama seperti perasan lemon, air jeruk nipis juga mengandung agen antibakteri, antijamur, dan antivirus alami. Oleh karenanya, mengonsumsi segelas air jeruk nipis atau lemon setiap hari sangat disarankan karena dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Kalau membeli lemon dirasa terlalu mahal, Anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis saja. Lebih lanjut Anda bisa baca di sini: Manfaat Jeruk Nipis dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Mengapa jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan?

Segelas air jeruk nipis hanya mengandung 11 kalori saja, sehingga minuman ini takkan berdampak buruk pada berat badan tidak seperti soda atau minuman manis lainnya. Di samping itu, air jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin C yang dapat memenuhi 22% AKG (Angka Kecukupan Gizi).

Menurut studi tahun 2006 yang dipublikasikan dalam Nutrition and Metabolism, vitamin C memegang peranan penting karena selain dapat mendongkrak imun tubuh, nutrisi ini juga dapat membakar lemak ketika seseorang sedang berolahraga.

Sebenarnya kita dapat menurunkan berat badan hanya dengan minum banyak air putih setiap harinya. Namun kalau Anda ingin hasil yang lebih cepat, maka tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air. Selain membantu proses detoksifikasi dengan membersihkan liver dan memurnikan darah, jeruk nipis juga dapat memberi sifat alkali atau basa pada tubuh.

Pertanyaannya sekarang, benarkah minum jeruk nipis saja sudah cukup untuk membantu menurunkan berat badan? Sebenarnya tidak demikian, mengingat ada banyak faktor yang menentukan berat badan seseorang. Para ahli malah menegaskan bahwa tidak ada makanan atau minuman yang apabila dikonsumsi sendirian dapat menurunkan berat badan.

Jadi, kalau Anda rutin minum air jeruk nipis di pagi hari dan tidak menjaga pola makan, misalnya masih tetap mengonsumsi makanan hasil proses, minum soda dan alkohol, serta membiarkan diri stres, maka dampak alkaline dari jeruk nipis tadi takkan mampu membalikkan semua dampak buruk  dari gaya hidup yang dijalani. Akibatnya, penurunan berat badan takkan terjadi.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Oleh sebab itu, agar diet jeruk nipis benar-benar membawa hasil sesuai harapan, coba ikuti beberapa saran sederhana berikut.

  1. Banyaklah minum air setiap harinya.
  2. Minumlah 1-2 gelas air jeruk nipis setiap hari.
  3. Minumlah 250-500 ml air pada 15-30 menit sebelum makan.
  4. Hindari minum apapun selama makan. Kalaupun memang harus minum, seruput sedikit saja air atau teh hangat.
  5. Batasi konsumsi minuman manis seperti soda, jus, serta latte.
  6. Semaksimal mungkin konsumsilah makanan segar yang berkualitas baik, yang mengandung protein tanpa lemak dan lemak sehat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, minyak kelapa, salmon, dan sayuran berdaun hijau.
  7. Hindari mengonsumsi makanan kemasan atau hasil proses.
  8. Minimalisir konsumsi makanan yang sarat dengan zat tepung seperti roti, pasta, keripik, kue, muffin, dan lain sebagainya.
  9. Kurangi juga makanan manis.
  10. Rajinlah berolahraga minimal 15 menit setiap hari

Baca juga: 18 Jenis Olahraga Mengecilkan Perut, Selain Sit Up dan Crunch

Cara penyajian diet jeruk nipis untuk menurunkan berat badan

1. Gunakan air hangat

Ketika membuat air jeruk nipis, gunakan air hangat.  Selain lebih mudah dicerna oleh tubuh, air hangat juga membantu mempercepat proses metabolisme sehingga hasilnya akan lebih efektif.

2. Tak perlu menambahkan gula

Anda juga tak perlu menambahkan gula ke dalam air perasan jeruk nipis. Namun kalau memang belum terbiasa dengan rasanya, maka tambahkan gula sedikit saja. Untuk berikutnya, kurangi takaran gulanya sedikit demi sedikit hingga lidah Anda terbiasa minum air jeruk nipis tanpa gula.

3. Campur dengan jahe

Jahe dapat merangsang metabolisme dan membuat tubuh membakar kalori lebih cepat. Mengombinasikan jahe dengan jeruk nipis dapat membantu memaksimalkan program diet. Cara membuatnya, blender 2 inci jahe segar bersama segelas besar air, lalu saring ampasnya. Setelah itu, tambahkan perasan 1 buah jeruk nipis, minum segera.

4. Gunakan sebagai topping

Selain diminum, Anda juga boleh menggunakan perasan jeruk nipis sebagai bumbu atau topping makanan seperti memeras airnya ke dalam kuah bakso, soto, salad, steak, dan lain-lain.

5. Infused lime water

Dan bila pagi itu Anda cukup sibuk sehingga tak ada waktu lagi untuk memeras jeruk nipis, maka potong-potong saja jeruknya dan masukkan ke dalam botol atau gelas minum Anda.

Hanya dengan melakukan beberapa tips di atas, bukan mustahil kalau diet jeruk nipis akan berhasil menurunkan berat badan Anda dalam waktu 1 minggu.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lemonade Diet: This Strict Weight Loss Diet Includes Drinking Only Lemon Juice For 10 Days. NDTV Food. (https://food.ndtv.com/food-drinks/lemonade-diet-this-strict-weight-loss-diet-includes-drinking-only-lemon-juice-for-10-days-1843964)
Does Drinking Lime Water Make You Lose Weight?. Livestrong.com. (https://www.livestrong.com/article/299222-does-drinking-lime-water-make-you-lose-weight/)
8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss. Healthline. (https://www.healthline.com/health/food-nutrition/lime-water-benefits)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Diet
Memanfaatkan Jeruk Nipis Untuk Diet

Memang tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat badan dengan instan, semua harus dikombinasikan dengan pola hidup sehat. Berikut ini adalah berbagai manfaat jeruk nipis terhadap program diet Anda.

Buka di app