Perawatan Wajah

Ketahui Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Anda

Dipublish tanggal: Mar 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 9, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Apa Saja Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah Anda

Kita pasti mengenal tanaman jeruk nipis. Buah Jeruk nipis ini memiliki bentuk seperti bola yang berukuran kecil dengan kulit berwarna hijau. Perlu anda ketahui bahwa jeruk nipis tumbuh pertama kali di dataran Indonesia. 

Pertumbuhan jeruk nipis sangat pesat di kawasan asia seperti China dan India. Negara lain seperti Brazil dan Meksiko juga menambahkan jeruk nipis untuk meningkatkan kenikmatan rasa. 

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Selain jeruk nipis dibutuhkan untuk membuat makanan, tetapi buah ini juga sangat bermanfaat bagi wajah kita. Apa saja kelebihannya?

Mengenai Jeruk Nipis

Buah jeruk nipis mengandung kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis mencapai 35%. Kandungan lain yang paling penting pada buah jeruk nipis adalah vitamin A, vitamin E, Vitamin K, kalsium, karbohidrat, potasium, fosfor, betaine, dan Choline.

Jeruk nipis berperan dalam beberapa penyakit seperti scurvy dan diabetes. Penyakit scurvy disebabkan oleh kekurangan vitamin C di tubuh. Maka vitamin C pada jeruk nipis akan membantu kebutuhan vitamin bagi penderita scurvy. 

Jeruk nipis berperan pada penyakit diabetes sebagai pengatur diet dan menurunkan gula darah yang meningkat tajam. 

Jeruk nipis memberi banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Jeruk nipis sering digunakan untuk membuat jus atau dicampurkan air hangat. Ini berguna untuk menyegarkan tenggorokan serta mengurangi dahak

Jeruk nipis juga dapat melengkapi kompisisi makanan yang akan Anda masak. Jeruk nipis bermanfaat untuk menghilangkan bau amis pada beberapa masakan. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Orang Indonesia memeras jeruk nipis untuk di tambahkan kedalam bumbu kacang pada siomay, ikan bakar, soto, dan makanan lainnya.

Lalu apakah manfaatnya untuk wajah? Tentu sangat banyak. Ingatlah bahwa vitamin C menjadi kandungan terbanyak pada jeruk nipis. Yang menjadi kebutuhan pokok bagi wajah kita. 

Dibawah ini adalah manfaatnya jeruk nipis untuk wajah Anda:

1. Menghambat Penuaan

Jeruk nipis memiliki kekuatan lebih untuk melawan sinar Ultraviolet yang dapat membentuk bercak hitam dan mengakibatkan penuaan lebih cepat. 

2. Mengobati Jerawat

Kadar asam dari jeruk nipis bermanfaat untuk membunuh infeksi kuman penyebab jerawat. Selain itu jeruk nipis memiliki kandungan anti-inflamasi untuk mencegah pertumbuhan jerawat yang membandel.

3. Membersihkan Bekas Luka Jerawat

Jerawat yang dicabut sendiri sering menimbulkan bekas luka yang berwarna gelap dan berkoreng. Kondisi ini tentu sangat menganggu penampilan anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Jeruk nipis menjadi pilihan bagi anda untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Cukup memberikan jeruk nipis pada lokasi bekas luka anda sebelum tidur. 

4. Mengecilkan pori

Kandungan astringen pada jeruk nipis bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori wajah Anda sehingga mengurangi debu dan infeksi yang dapat mudah masuk ke dalam pori-pori. 

5. Mengurangi inflamasi wajah 

Jeruk nipis memiliki kadar antioksidan tinggi yang bermanfaat sebagai desinfektan dan antibiotik. Cocok untuk menghilangkan bekas luka akibat trauma atau infeksi di wajah. Beberapa bakteri yang dapat disembuhkan dengan jeruk nipis antara lain E.coli dan Staphylococcus aureus. 

6. Mengangkat Sisa Kosmetik

Kosmetik yang telah digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu perlu dihapus. Tetapia ada beberapa merek kosmetik yang sulit dihapus. Kadar asam jeruk nipis sangat ampuh untuk mengangkat sisa make-up yang sulit dihilangkan dengan toner. 

7. Mencampur jeruk nipis dengan garam

Campuran jeruk nipis dengan garam ternyata bermanfaat menyembuhkan jerawat dan komedo. Jeruk nipis berperan dalam mencegah inflamasi bakteri. 

Sedangkan garam memiliki peran untuk mengurangi pembentukan minyak di wajah. Anda akan merasakan sedikit terbakar pada daerah jerawat dan bekas luka saat menggunakan campuran jeruk nipis dan garam.

Jeruk nipis sangat kaya akan manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari, terutama untuk wajah Anda. Dengan jeruk nipis maka kita akan mendapat hasil yang lebih maksimal dalam membersihkan wajah. 

Mulai dari berkurangnya jerawat, menyamarkan bercak hitam, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan mengencangkan kulit wajah. 

Kita dapat membuat sendiri masker jeruk nipis dengan hanya mengoleskannya ke wajah dan tidak lupa mencampurkan air dingin untuk menambah kesegaran. Lakukan sebelum tidur untuk hasil yang lebih maksimal. 

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Lemons: Benefits, nutrition, tips, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/283476.php)
Lemon for Face: Health Benefits, Side Effects, Uses, and Precautions. Healthline. (https://www.healthline.com/health/lemon-for-face)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app