Khat: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 19, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 2 menit

Mengenai Khat

  • Golongan: resep dokter
  • Kemasan: teh, kapsul
  • Kandungan: senyawa stimulant

Manfaat Khat

Daun Khat dapat mengatasi depresi, kelelahan, obesitas, penyakit maag, dan kemandulan pada pria. Selain itu, Khat juga bisa menurunkan nafsu makan, keinginan untuk tidur , dan gairah seksual.

Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut tentang seberapa efektif Khat untuk dapat mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Efek samping Khat

  • Khat mungkin tidak aman bagi sebagian orang karena Khat dapat menyebabkan ketergantungan psikologis. Selain itu, konsumsi Khat juga bisa menyebabkan beberapa efek samping yaitu perubahan mood, meningkatkan kewaspadaan, terlalu banyak berbicara, hiperaktif, gembira berlebihan, dan gangguan kecemasan.
  • Selain itu, konsumsi Khat juga bisa menyebabkan paranoid, penyakit jiwa, insomnia atau gangguan tidur, serta menurunnya konsentrasi. Selain itu, denyut jantung menjadi lebih cepat, jantung berdebar, tekanan darah dan suhu tubuh meningkat, nafas menjadi lebih cepat,serta berkeringat setelah mengonsumsi Khat.
  • Selain itu, efek samping Khat juga berupa perubahan pada mata, sariawan, radang tenggorokan, penyakit gusi, sembelit atau konstipasi, dan masalah pada rahang.
  • Migraine, pendarahan otak, serangan jantung, kerusakan hati, penyakit paru-paru, impoten atau tidak bisa ereksi, dan perubahan pada gairah seksual juga menjadi efek samping dari konsumsi Khat.
  • Mengunyah daun Khat juga dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan sakit di tulang rusuk, perubahan sel darah putih, serta pembengkakkan hati.

Dosis Khat

  • Dosis penggunaan Khat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti umur, kesehatan, dan kondisi lainnya. Belum ada petunjuk dosis yang tepat untuk mengonsumsi Khat , maka sebaiknya Anda mengikuti saran dan resep dari dokter atau apoteker mengenai penggunaan tanaman herbal ini mengingat produk herbal tidak sepenuhnya aman dan tetap memiliki efek samping.
  • Tahap persiapan biasanya dilakukan dengan memberikan dosis Khat 0,8 mg / kg cathionine. Setelah itu, mengunyah 100-300 gram daun Khat segar sambil menelan airnya dan ini berlangsung selama 3-4 jam.

Interaksi Khat

Sebaiknya pasien mengikuti saran dari dokter atau apoteker yang menyarankan mengonsumsi Khat dan tidak mengombinasikannya dengan obat lain. Pasien juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke tenaga medis terdekat.

Informasi mengenai interaksi Khat ini juga masih kurang dan terbatas, sehingga sebaiknya tidak mengombinasikan tanaman herbal ini dengan obat lain supaya tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Perhatian

  • Ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengonsumsi Khat terlebih dahulu karena Khat dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah dan senyawa aktif dalam Khat dapat masuk ke ASI.
  • Bagi penderita diabetes, Khat dapat menurunkan nafsu makan dan menyebabkan seseorang menjadi malas makan dan akhirnya tidak makan. Apabila hal ini terjadi terus menerus, tentu saja akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah.
  • Bagi penderita tekanan darah tinggi, Khat dapat meningkatkan tekanan darah dan berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi. Maka dari itu, sebaiknya penderita tekanan darah tinggi tidak mengonsumsi Khat.
  • Khat termasuk dalam golongan stimulant yaitu amphetamine dan memiliki efek seperti cocaine dan tik. Maka dari itu, konsumsi Khat dalam jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan terganggunya gangguan mental. Konsumsi Khat secara legal seharusnya memerlukan resep dokter dan digunakan untuk pengobatan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Khat: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/khat/supplements.htm)
Khat Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/khat.html)
Chemistry, Pharmacology, and Toxicology of Khat (Catha Edulis Forsk): A Review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905534/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app