Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Kemangi: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 12, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.417.777 orang

Daun kemangi adalah sebuah tanaman. Asalnya dari India tetapi sekarang tumbuh di Australia, Afrika Barat, dan beberapa negara Timur Tengah. Daun kemangi digunakan dalam pengobatan Ayurveda sebagai "adaptogen" untuk melawan tekanan kehidupan. 

Daun kemangi dianggap sebagai tanaman suci oleh umat Hindu dan sering ditanam di sekitar kuil Hindu. Nama Hindu untuk daun kemangi, Tulsi, berarti "yang tak tertandingi." Obat dibuat dari daun, batang, dan biji.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Daun kemangi biasanya digunakan untuk membantu mengatasi kecemasan dan stres. Tetapi ada penelitian ilmiah terbatas untuk mendukung hal ini dan kegunaan lain.

Dalam memasak, daun kemangi sering ditambahkan ke masakan tumis dan sup pedas karena rasanya yang pedas. Buku memasak kadang-kadang menyebutnya "kemangi panas."

Bagaimana cara kerjanya?

Zat kimia dalam daun kemangi dianggap mengurangi rasa sakit dan pembengkakan (peradangan). Bahan kimia lain dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Ada minat menggunakan minyak biji kemangi untuk kanker. Penelitian awal menunjukkan bahwa minyaknya dapat memperlambat perkembangan dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup pada hewan dengan jenis kanker tertentu.
Para peneliti berpikir manfaat ini dapat dijelaskan oleh kemampuan minyak untuk bertindak sebagai antioksidan.

Kegunaan & Keefektifan Kemangi

Tidak cukup bukti untuk

  • Kegelisahan 
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak daun kemangi dua kali sehari setelah makan mengurangi kecemasan dan stres yang terkait dan depresi pada orang dengan kegelisahan.
  • Plak gigi
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menggunakan obat kumur yang mengandung 4% ekstrak daun kemangi dua kali sehari mengurangi plak dan radang gusi lebih baik daripada larutan garam dan mirip dengan obat kumur yang mengandung 0,12% klorheksidin. Klorheksidin dianggap sebagai "standar emas" untuk mengurangi plak.
  • Diabetes
    Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat menurunkan gula darah pada orang dengan diabetes tipe 2.
  • Stress
    Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi ekstrak basil suci melalui mulut di pagi dan malam hari mengurangi gejala stres, termasuk kelupaan, masalah seksual, kelelahan, dan gangguan tidur.
  • Pilek biasa
  • Influenza ("flu")
  • Asma
  • Bronkitis
  • Sakit telinga
  • Sakit kepala
  • Gangguan perut
  • Penyakit jantung
  • Demam
  • Insomnia
  • Virus hepatitis
  • Malaria
  • TBC
  • Keracunan air raksa
  • Kurap
  • Penangkal gigitan ular dan kalajengking
  • Kondisi lainnya

Dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas kemangi suci untuk penggunaan ini.

Efek Samping

Efek Samping & Keamanan

Daun kemangi MUNGKIN AMAN bila dikonsumsi melalui mulut untuk waktu singkat, hingga enam minggu. Mengkonsumsi kemangi suci melalui mulut dapat menyebabkan mual atau diare. Tidak diketahui apakah penggunaan jangka panjang aman.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Tindakan pencegahan & peringatan khusus

  • Kehamilan: Daun kemangi MUNGKIN TIDAK AMAN ketika dikonsumsi selama kehamilan atau ketika mencoba untuk hamil. Pada hewan, daun kemangi yang dikonsumsi dalam dosis besar nampaknya mengurangi kemungkinan sel telur yang dibuahi menempel pada rahim
  • Hal ini juga tampaknya mengurangi jumlah kehamilan jangka panjang. Tidak diketahui apakah hal ini terjadi pada manusia. Tetap aman dan hindari penggunaan.
  • Menyusui
    Tidak cukup diketahui tentang penggunaan daun kemangi selama menyusui. Tetap aman dan hindari penggunaan.
  • Diabetes
    Daun kemangi dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini mungkin mengganggu kontrol kadar gula darah. Orang dengan diabetes tipe 2 mungkin perlu menyesuaikan dosis untuk obat insulin atau antidiabetes.
  • Hipotiroidisme
    Orang dengan hipotiroidisme memiliki kadar hormon tiroid yang rendah yang disebut tiroksin. Daun kemangi dapat menurunkan kadar tiroksin. Secara teori, daun kemangi dapat memperburuk hipotiroidisme.
  • Pembedahan 
    Daun kemangi mungkin memperlambat pembekuan darah, sehingga ada kekhawatiran bahwa hal itu dapat meningkatkan risiko perdarahan selama dan setelah operasi. Berhenti menggunakan kemangi suci setidaknya 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Interaksi

Interaksi Sedang

Berhati-hatilah dengan kombinasi ini

Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat-obatan antikoagulan / antiplatelet) berinteraksi dengan DAUN KEMANGI

Daun kemangi mungkin memperlambat pembekuan darah. Mengkonsumsi daun kemangi bersama dengan obat-obatan yang juga memperlambat pembekuan darah dapat meningkatkan kemungkinan memar dan pendarahan

Tetapi tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah hal ini merupakan masalah besar. Beberapa obat yang memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel (Plavix), dalteparin (Fragmin), enoxaparin (Lovenox), heparin , ticlopidine (Ticlid), warfarin (Coumadin), dan lainnya.

Pentobarbital berinteraksi dengan DAUN KEMANGI

Pentobarbital menyebabkan kantuk. Ada beberapa kekhawatiran bahwa mengkonsumsi minyak biji kemangi dengan pentobarbital dapat menyebabkan kantuk berat. Tetapi tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah hal ini merupakan masalah besar.

Takaran

Dosis daun kemangi yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk daun kemangi. 

Ingatlah bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosisnya penting. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp