Heberden's nodes - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Apr 30, 2020 Waktu baca: 3 menit

Nodul Heberden adalah pertumbuhan tulang yang berkembang pada sendi jari, atau dikenal sebagai sendi interphalangeal. Nodul Heberden paling sering berkembang pada sendi terdekat ke ujung jari dan dapat menyebabkan jari-jari tampak bengkok.

Nodul Heberden terjadi pada orang yang menderita osteoartritis, yang merupakan kondisi tulang degeneratif. Pertumbuhan ini dapat menyebabkan rasa sakit, kaku, dan tidak nyaman.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Apa penyebab terbentuknya Nodul Heberden?

Setiap sendi dalam tubuh memiliki lapisan tulang rawan yang membantu melindungi tulang. Pada seseorang yang menderita OA, tulang rawan pelindung tulang mengalami penipisan secara bertahap, yang menyebabkan tulang-tulang di persendian bergesekan secara langsung satu sama lain. 

Seiring waktu, tulang tulang yang terus bergesekan dapat rusak. Tubuh bereaksi terhadap kerusakan ini dengan memicu perkembangan formasi tulang baru, yang dikenal sebagai nodul.

Nodul Heberden adalah salah satu jenis tulang yang dapat terbentuk pada persendian akibat kasus OA yang parah. Nodul Heberden dapat berkembang pada orang dengan OA, tetapi penyebab pasti dari pertumbuhan tulang ini tidak diketahui. Beberapa faktor risiko yang menyebabkan kondisi ini meliputi:

Gejala akibat terbentuknya nodul Heberden

  • rasa sakit
  • peradangan di sekitar sendi jari
  • kekakuan di daerah yang terkena
  • gerakan jari yang mengalami gangguan

Bagaimana cara mencegah timbulnya Nodul Heberden?

Untuk mencegah terbentuknya Nodul Heberden, Anda harus mencegah terjadinya Osteoarthritis (OA). Dulu OA dianggap sebagai gangguan pada sendi yang tidak dapat dihindari. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa OA adalah proses yang kompleks dengan banyak penyebab. OA disebabkan oleh kombinasi banyak faktor, dan banyak di antaranya dapat dimodifikasi atau dicegah. Berikut adalah rekomendasi dokter untuk mengurangi risiko terjadinya OA:

  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Berolahraga secara teratur
  • Menghindari cedera saat beraktivitas
  • Menerapkan gaya hidup sehat

Pada akhirnya, pertahanan terbaik terhadap penyakit apapun, termasuk OA, adalah gaya hidup sehat. Cara Anda makan, berolahraga, tidur, mengelola stres, dan berinteraksi dengan orang lain, dan apakah Anda merokok atau minum dapat memiliki pengaruh luar biasa tidak hanya pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga pada kesehatan sendi Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores celery 7000 120 1

Penanganan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Nodul Heberden?

Tes Diagnostik
Nodul heberden dapat didiagnosa dengan evaluasi visual. Sedangkan untuk mengetahui apakah kelainan sendi disebabkan oleh kondisi OA, dapat ditegakkan setelah menjalani pemeriksaan:

  • Aspirasi cairan sendi, cairan akan diperiksa untuk mencari bukti adanya kristal atau kerusakan sendi
  • X-ray dapat menunjukkan kerusakan dan perubahan lain yang berkaitan dengan osteoarthritis untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Pilihan pengobatan
Saat ini tidak ada obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan osteoarthritis atau kondisi terkaitnya. Perawatan untuk mengatasi nodul Heberden sangat bervariasi. Perawatan bertujuan untuk meringankan rasa sakit dan mengembalikan fungsi sendi.

Pilihan perawatan Anda akan tergantung pada riwayat medis Anda dan penggunaan obat-obatan saat ini.

Perubahan gaya hidup
Olahraga adalah salah satu perawatan paling efektif untuk mengatasi osteoartritis. Aktivitas fisik dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas. Menjadi aktif juga dapat membantu dengan perasaan depresi yang mungkin menyertai kondisi ini. 

Namun yang perlu Anda ingat adalah pilihan olahraga juga sangat menentukan. Anda disarankan untuk tidak melakukan olahraga yang memberikan beban berlebihan pada sendi. Olahraga yang dianjurkan contohnya sepeda statis atau berenang

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, dokter Anda juga dapat menganjurkan perubahan pola makan. Anda mungkin dirujuk ke ahli gizi yang dapat membantu Anda menerapkan pola makan sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Obat-obatan

  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin atau ibuprofen, dapat membantu mengatasi rasa sakit dan peradangan. Namun, Anda harus berhati-hati dalam penggunaan obat NSAID, karena obat NSAID dapat memiliki efek samping yang serius seperti gagal jantung, kerusakan ginjal, dan pendarahan usus.
  • Inhibitor COX-2 adalah tipe lain dari NSAID. Obat-obatan ini memiliki efek samping lebih sedikit tetapi lebih mahal daripada aspirin atau ibuprofen.
  • Obat penahan rasa sakit topikal seperti krim yang dijual bebas juga dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman.
  • Kortikosteroid injeksi juga dapat memberikan bantuan jangka panjang untuk mengatasi nyeri sendi. Tetapi penggunaan kortikosteroid injeksi dapat menyebabkan masalah lain di kemudian hari.
  • Obat antidepresan untuk membantu meringankan stres terkait dengan osteoartritis.

Operasi

Perawatan bedah biasanya digunakan sebagai pilihan terakhir setelah opsi perawatan konvensional terbukti tidak berhasil. Perawatan bedah untuk mengatasi nodul Heberden umumnya dilakukan dengan cara:

  • pengangkatan pertumbuhan tulang berlebih
  • rekonstruksi sendi
  • joint fusion, yang dilakukan dengan menghubungkan tulang ke sendi sehingga mengurangi pergerakan jari Anda

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How Can I Get Rid of Heberden's Nodes?. MedicineNet. (Accessed via: https://www.medicinenet.com/how_can_i_get_rid_of_heberdens_nodes/ask.htm)
Heberden and Bouchard nodes. DermNet NZ. (Accessed via: https://www.dermnetnz.org/topics/heberden-bouchard-nodes/)
Heberden's nodes: Causes, symptoms, and treatment. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/322363)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app