3 Gejala Utama Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang Kerap Terlewatkan

Dipublish tanggal: Nov 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
3 Gejala Utama Systemic Lupus Erythematosus (SLE) yang Kerap Terlewatkan

Penyakit lupus ada banyak jenisnya, satu yang paling umum adalah Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Gejala SLE ini juga banyak macamnya, sebab tergantung dari organ mana yang diserang. Jarang sekali ditemukan gejala yang sama pada dua kasus berbeda. Gejala Systemic Lupus Erythematosus ini bisa muncul perlahan dari gejala ringan, tetapi bisa juga berkembang menjadi gejala yang berat atau parah sehingga perlu diwaspadai.

Tanda dan gejala systemic lupus erythematosus

Lupus adalah penyakit inflamasi atau peradangan kronis yang membuat sistem imun menyerang tubuhnya sendiri. Sel, jaringan, hingga organ tubuh yang mestinya dilindungi justru diserang karena dianggap sebagai zat asing.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Di antara banyak jenis lupus, salah satu jenis lupus yang paling umum adalah Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Disebut sistemik karena jenis lupus ini bisa terjadi pada berbagai organ dalam tubuh, terutama pada sendi, ginjal, dan kulit.

Ada tiga gejala Systemic Lupus Erythematosus yang paling utama, antara lain:

1. Ruam kulit

Ruam kulit merupakan gejala yang sangat khas bagi penderita SLE. Ruam ini terlihat menyebar di hidung dan kedua pipi menyerupai sayap kupu-kupu, sehingga biasa disebut juga dengan butterfly rash.

Ruam Systemic Lupus Erythematosus tidak hanya berada di wajah, namun juga bisa muncul di bagian tangan dan kaki. Ruam ini bisa hilang, tapi juga bisa menetap secara permanen yang terasa gatal dan nyeri. Gejala tersebut bisa bertambah parah saat terkena sinar matahari.

2. Rasa lelah berlebihan

Selain munculnya butterfly rush, gejala Systemic Lupus Erythematosus yang khas adalah rasa lelah yang ekstrem atau berlebihan. Gejala ini menyebabkan turunnya produktivitas para penderita SLE karena rasa letih yang berlebihan setelah menjalani kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan kantor ataupun pekerjaan rumah sehari-hari.

Namun, para penderita SLE ini pun sering kali merasakan rasa lelah yang berlebih meskipun mereka dalam keadaan cukup beristirahat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

3. Nyeri sendi

Penderita SLE juga kerap mengalami nyeri di bagian persendian. Biasanya, nyeri sering dirasakan di daerah tangan dan kaki dan keluhan nyerinya terasa memburuk saat pagi hari. 

Gejala nyeri sendi pada penderita SLE tidak menyebabkan kerusakan dan cacat permanen pada penderitanya. Akan tetapi, nyeri sendi ini dapat dengan cepat pindah dari satu sendi ke sendi yang lain.

Baca Juga: Ketahui Jenis Penyakit Lupus yang Bervariasi

Gejala lain yang kerap muncul akibat SLE

Selain tiga gejala Systemic Lupus Erythematosus utama yang telah disebutkan di atas, terdapat gejala lain yang bisa dialami oleh penderita SLE antara lain :

Bila Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala Systemic Lupus Erythematosus tersebut, segera konsultasikan ke dokter. Semakin cepat terdeteksi, maka penyakit lupus ini dapat ditangani dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Ciri-Ciri Penyakit Lupus yang Harus Anda Waspadai

31 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Systemic Lupus Erythematosus - an overview. ScienceDirect. (https://www.sciencedirect.com/topics/neuroscience/systemic-lupus-erythematosus)
Lupus. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/lupus/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app