Fenomena Raynaud - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 10, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 806.865 orang

Fenomena Raynaud adalah suatu kondisi di mana darah mengalir ke jari-jari tangan, kaki, telinga, atau hidung Anda terganggu. Ini terjadi ketika pembuluh darah di tangan atau kaki Anda mengerut. Episode penyempitan tersbut juga disebut vasospasme.

Fenomena Raynaud dapat menyertai kondisi medis yang mendasarinya. Vasospasme yang dipicu oleh kondisi lain, seperti radang sendi, radang dingin, atau penyakit autoimun, disebut Raynaud sekunder.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Fenomena Raynaud juga dapat terjadi dengan sendirinya. Orang yang mengalami Raynaud tetapi sehat dikatakan memiliki Raynaud primer. Suhu dingin dan stres emosional dapat memicu episode fenomena Raynaud.

Gejala Fenomena Raynaud

Gejala yang paling umum dari fenomena Raynaud adalah perubahan warna jari tangan, kaki, telinga, atau hidung. Ketika pembuluh darah yang membawa darah ke ekstremitas Anda tersumbat, daerah yang terkena menjadi putih bersih dan terasa sedingin es. 

Anda akan kehilangan sensasi di daerah yang terkena. Kulit Anda mungkin juga berwarna biru.

Orang dengan Raynaud primer biasanya merasakan penurunan suhu tubuh di wilayah yang terkena, tetapi sedikit rasa sakit. Mereka yang memiliki bentuk sekunder dari kondisi ini sering mengalami sakit parah, mati rasa, dan kesemutan di jari tangan atau kaki. 

Episode dapat berlangsung beberapa menit atau hingga beberapa jam.

Ketika vasospasme berakhir dan Anda memasuki lingkungan yang hangat, jari tangan dan kaki Anda mungkin berdenyut dan tampak merah cerah. Proses penghangatan kembali dimulai setelah sirkulasi Anda membaik. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Jari tangan dan kaki Anda mungkin tidak terasa hangat selama 15 menit atau lebih setelah sirkulasi dikembalikan.

Jika Anda memiliki Raynaud primer, Anda mungkin menemukan bahwa jari tangan atau kaki yang sama di setiap sisi tubuh Anda terpengaruh secara bersamaan.

Jika Anda memiliki bentuk sekunder dari kondisi ini, Anda mungkin memiliki gejala pada satu atau kedua sisi tubuh Anda.

Tidak ada dua episode vasospasme yang persis sama

Penyebab Fenomena Raynaud

Dokter tidak sepenuhnya memahami penyebab Raynaud. Raynaud sekunder biasanya terkait dengan kondisi medis atau kebiasaan gaya hidup yang memengaruhi pembuluh darah atau jaringan ikat Anda, seperti:

merokok

gunakan obat-obatan dan obat-obatan yang mempersempit arteri Anda, seperti beta-blocker dan amfetamin

radang sendi

aterosklerosis, yang merupakan pengerasan pembuluh darah.

Kondisi autoimun, seperti lupus, scleroderma, rheumatoid arthritis, atau penyakit Sjogren

Pemicu umum gejala Raynaud meliputi:

  • suhu dingin
  • stres emosional
  • bekerja dengan alat-alat tangan yang memancarkan getaran

Pekerja konstruksi yang menggunakan jackhammers,memiliki peningkatan risiko vasospasme. Namun. Penting untuk memperhatikan tubuh Anda dan mempelajari apa yang menjadi pemicu Anda.

Siapa yang mendapat Fenomena Raynaud?

Menurut National Institute of Arthritis dan Musculoskeletal dan Penyakit Kulit, wanita lebih mungkin daripada pria untuk mengembangkan fenomena Raynaud. 

Dewasa muda di bawah usia 30 tahun memiliki peningkatan risiko mengembangkan bentuk utama dari kondisi ini. Permulaan Raynaud sekunder lebih sering terjadi pada orang dewasa berusia 30-an dan 40-an.an.

Mereka yang tinggal di wilayah geografis yang lebih dingin lebih mungkin dipengaruhi oleh fenomena Raynaud daripada penduduk yang beriklim lebih hangat.

Diagnosis Fenomena Raynaud

Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik termasuk riwayat kesehatan Anda, dan melakukan pekerjaan darah untuk mendiagnosis fenomena Raynaud.

Mereka akan bertanya kepada Anda tentang gejala Anda dan dapat meminta pemeriksaan mikroskopis dari lipatan kuku di dekat kuku Anda untuk menentukan apakah Anda memiliki Raynaud primer atau sekunder. Prosedur ini disebut capillaroscopy.

Orang  dengan Raynaud sekunder sering mengalami pembesaran atau cacat pembuluh darah di dekat lipatan kuku mereka. Ini berbeda dengan Reynaud primer, di mana kapiler Anda sering tampak normal ketika vasospasme tidak terjadi.

Tes darah dapat mengungkapkan apakah Anda dites positif atau tidak untuk antibodi antinuklear (ANA). Kehadiran ANA dapat berarti Anda lebih cenderung mengalami gangguan jaringan otoimun atau ikat. Kondisi seperti itu membuat Anda berisiko terkena Raynaud sekunder.

Pengobatan Fenomena Raynaud

Perubahan Gaya Hidup

Perubahan gaya hidup adalah bagian besar dari proses perawatan untuk fenomena Raynaud. Menghindari zat yang menyebabkan pembuluh darah Anda mengerut adalah pengobatan pertama. 

Ini termasuk menghindari produk kafein dan nikotin. Tetap berolahraga juga dapat mencegah atau mengurangi intensitas beberapa serangan. Olahraga sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi dan mengelola stres.

Obat

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat jika Anda mengalami episode vasospasme yang sering, tahan lama, atau intens. Obat-obatan yang menyebabkan vasodilatasi membantu pembuluh darah Anda rileks. Ini termasuk:

  • Antidepresan
  • obat antihipertensi
  • obat disfungsi ereksi

Beberapa obat juga dapat memperburuk kondisi Anda karena mereka menyempitkan pembuluh darah. Contohnya termasuk:

  • beta-blocker
  • obat berbasis estrogen
  • obat-obatan migrain
  • pil KB
  • obat flu berbasis pseudoephedrine

Pandangan pada penderita Fenomena Raynaud

Padnangan terkait femona raynaud bergantung pada kondisi setiap orang. Dalam jangka panjang, Raynaud sekunder memiliki masalah yang lebih besar daripada bentuk primer. Orang yang memiliki Raynaud sekunder lebih mungkin menderita infeksi, borok kulit, dan gangren.

Mengatasi serangan Fenomena Raynaud

Jika Anda mengalami serangan vasospasme, penting untuk menjaga diri Anda tetap hangat. Untuk membantu mengatasi serangan, hal yang perlu dilakukan adalah:

  • Tutupi tangan atau kaki Anda dengan kaus kaki atau sarung tangan.
  • Hangatkan badan
  • Kompres atau rendam tangan atau kaki dengan air hangat
  • Memijat kaki

Menjaga ketenangan dapat membantu mengurangi keparahan serangan . Usahakan untuk tetap mengurangi stres dan rileks. Cara ini mungkin membantu secara fisik menghilangkan diri Anda dari situasi stres. Berkonsentrasi pada pernapasan Anda juga dapat membantu Anda tenang.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit