Gejala Alergi Debu - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 717.300 orang

Alergi, ya alergi di jaman sekarang ini tentunya bukan menjadi hal asing yang jarang kamu dengar bukan. Banyak sekali orang – orang di dunia ini yang memiliki alergi. Baik itu alergi pada makanan, kulit, sentuhan, debu dan semacamnya.

Alergi sendiri bukan merupakan suatu penyakit, alergi hanyalah salah satu bentuk reaksi tubuh yang bisa muncul bila tubuh terkena allergennya atau zat tertentu yang membuat alergi tersebut menjadi muncul.

Contohnya misal seseorang yang alergi dengan udang, bila seseorang tersebut memakan sedikit saja udang ataupun produk olahannya, maka tidak lama kemudian bisa muncul reaksi alergi seperti gatal – gatal, kulit yang beruam merah dan sebagainya.

Nah disini khusus untuk kamu, akan dibahas mengenai alergi yang juga sering sekali terjadi di sekitar kita yaitu alergi debu.

Apa itu Alergi Debu ? Dan apa saja gejala Alergi Debu ?

Alergi debu atau biasa sering disebut sebagai Rhinitis Alergi ialah bentuk reaksi tubuh manusia dimana sistem imun tubuh bereaksi terlalu berlebihan bila terhirup atau bersentuhan dengan substansi yang tidak berbahaya yaitu debu.

Nah biasanya seseorang yang menderita alergi debu ini selain tidak boleh terkena debu, juga akan mengalami reaksi bila bersentuhan dengan tungau, polusi udara, bulu binatang dan sebagainya. Untuk si penderita alergi debu sendiri sebenarnya penderita tidak akan merasakan bahaya atau ancaman yang frontal.

Gejala yang umum terjadi pada penderita alergi debu ialah bersin – bersin, mata gatal, mata berair, hidung mampet, hidung berair, mata merah, batuk – batuk, sesak napas, napas menjadi lebih pendek dan berbunyi serta gatal – gatal pada kulit.

Gejala – gejala tersebut akan muncul apabila si penderita tersentuh atat terkena dengan zat pemicu nya. Umumnya akan semakin parah bila penderita sedang dalam proses membersihkan rumah, menyapu, mengelap perabotan barang dan berbagai kegiatan lainnya yang berkaitan dengan debu.

Lalu bagaimana agar terhindar dari Alergi Debu ?

Untuk mereka yang sudah menjadi penderita alergi debu, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk dapat mencegah diri dari timbulnya atau ‘kumat’nya kedatangan reaksi alergi debu seperti :

  • Rajin membersihkan seluruh rumah
    Ya memang dalam proses pembersihan akan terasa lebih parah ya bagi para penderita bila jarang membersihkan rumah. Oleh sebab itu sebaiknya kamu rajin – rajin dan rutin membersihkan setiap sudut rumah mu agar debu tidak keburu menempel dengan banyak di setiap perabotan dan lantai rumahmu.

  • Rajin mengganti sprei atau perlengkapan tidur lainnya
    Seperti yang kita ketahui bersama, ranjang beserta bantal dan guling serta sprei nya ialah perlengkapan yang hakiki dan selalu ada menemani kamu untuk tidur.

    Nah tapi tahukah kamu bahwa walaupun kelihatan bersih, tapi sprei dan berbagai sarung bantal guling dan boneka yang ada di kasurmu ternyata dapat menyimban debu dan tungau untuk waktu yang lama loh.

    Oleh sebab itu kamu seharusnya mengganti dan mencuci sprei dan seluruh perlengkapan tidurmu minimal dua minggu sekali dengan sabun detergen dan air hangat ya guys agar debu serta tungau dapat dibasmi hilang.

    Selain itu bila rumahmu ada karpet atau sofa dengan bahan kain, sebaiknya kamu rajin – rajin mengvakum barang – barang tersebut agar debu tidak tertempel terlalu banyak di rumahmu.

  • Jaga jarak dengan binatang peliharaanmu
    Ini khusus untuk kamu yang memelihara kucing ataupun anjing di rumahmu. Sebisa mungkin jangan biarkan binatang kesayanganmu untuk masuk ke kamar mu atau naik kasur mu bila kamu menderita alergi ya guys.

    Bukan karena bulunya yang akan membuat alergimu kumat, namum ternyata urin keringnya atau serpihan kulit mati si binatang kesayangan yang akan membawa reaksi alergi kembali kumat pada penderita alergi.

  • Pakai masker
    Nah untuk kamu yang menderita alergi debu, bila kamu harus keluar rumah dan terpapar oleh debu dan polusi udara. Sebaiknya kamu memakai masker yang dapat membuat kamu terhindar dari paparan debu dan polusi udara sehingga tidak mudah menyebabkan reaksi alergimu kembali datang dan kumat.

Semoga informasi ini berguna ya guys buat kamu.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit