Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Gangguan Metabolik - Gejala, Cara Menangani, dan Obat

Update terakhir: NOV 18, 2019 Tinjau pada NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.728.358 orang

Definisi pada Gangguan Metabolik

Metabolisme adalah reaksi kimia yang terjadi pada tubuh untuk mengubah atau menggunakan energi. Gangguan metabolik adalah gabungan berbagai kondisi seperti meningkatnya gula darah, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggul, dan kadar kolesterol yang abnormal atau level trigliserida, yang terjadi bersamaan, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes

Jika seseorang memiliki satu kondisi tersebut, bukan berarti seseorang tersebut memiliki gangguan metabolik, tetapi seseorang tersebut memiliki risiko tinggi dari penyakit serius. Jika memiliki lebih dari satu dari kondisi tersebut, risiko akan menjadi lebih tinggi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Apabila memiliki gangguan metabolik atau salah satu kondisi gangguan metabolik, pengubahan gaya hidup dapat menghambat atau mencegah perkembangan masalah penyakit berbahaya.

Gejala Gangguan Metabolik

Gangguan metabolik erat hubungannya dengan kelebihan berat badan atau obesitas dan ketidakaktifan. Selain itu, gangguan metabolik berhubungan dengan kondisi yang disebut resistansi insulin

Secara normal, alat pencernaan akan menguraikan makanan menjadi gula darah. Insulin adalah hormon yang dihasilkan pankreas, yang membantu gula darah masuk ke dalam sel sebagai energi. 

Seseorang dengan kondisi resistensi insulin, sel tidak dapat merespon insulin secara normal, sehingga gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel dengan mudah. Hal tersebut menyebabkan level gula darah meningkat meskipun tubuh sudah berusaha mengontrol gula darah dengan menghasilkan insulin terus menerus.

Faktor Risiko terjadi Gangguan Metabolik

Berikut adalah faktor yang meningkatkan kemungkinan seseorang memiliki gangguan metabolisme:

  • Umur. Semakin bertambah umur, akan semakin tinggi risiko memiliki gangguan metabolik.
  • Ras. Di Amerika Serikat, ras Meksiko-Amerika memiliki risiko tertinggi untuk memiliki gangguan metabolik.
  • Obesitas. Berat badan yang berlebih, terutama di abdomen, meningkatkan risiko gangguan metabolik.
  • Diabetes. Seseorang memiliki risiko memiliki gangguan metabolik jika memiliki diabetes saat kehamilan (diabetes gestatisional) atau jika terdapat riwayat keturunan yang memiliki diabetes tipe 2.
  • Penyakit lain. Risiko memiliki gangguan metabolik semakin tinggi jika seseorang pernah memiliki penyakit kardiovaskuler, penyakit liver yang disebabkan bukan dari alkohol, atau gangguan ovarium polisistik.

Komplikasi Gangguan Metabolik

Memiliki gangguan metabolik dapat memperbesar risiko terjangkit:

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

  • Diabetes. Jika seseorang tidak mengubah gaya hidup untuk mengontrol kelebihan berat badan, dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menyebabkan tingkat gula darah terus meningkat, yang dapat menyebabkan diabetes.
  • Penyakit kardiovaskuler. Tingginya kolesterol dan tekanan darah berkontribusi terhadap penumpukan plak pada arteri. Plak ini dapat mempersempit dan mempertebal arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Diagnosa Gangguan Metabolik

Beberapa organisasi memiliki kriteria dalam mendiagnosa gangguan metabolik. Berdasarkan pedoman yang digunakan National Institutes of Health, seseorang memiliki gangguan metabolik jika seserang tersebut memiliki tiga atau lebih karakteristik berikut atau sedang menjalani pengobatan untuk mengontrol hal berikut:

  • Lingkar pinggang — lingkar pinggang yang berukuran setidaknya 89 sentimeter untuk wanita dan 102 sentimeter untuk pria
  • Kadar trigliserida tinggi — 150 miligram per desiliter atau 1,7 milimol per liter, atau tipe lemak ini pada darah dengan kadar lebih tinggi
  • Berkurangnya kolesterol high-density lipoprotein (HDL) — kurang dari 40 mg/dL (104 mmol/L) pada pria atau kurang dari 50 mg/dL (1,3 mmol/L) pada wanita
  • Meningkatnya tekanan darah — 130/85 millimeter Merkuri (mmHg) atau lebih tinggi dari itu
  • Kenaikan gula darah puasa — 100 mg/dL (5,6 mmol/L) atau lebih tinggi dari itu   

Penanganan jika terjadinya Gangguan Metabolik

Jika pengubahan gaya hidup agresif seperti diet dan latihan tidak cukup, dokter dapat menyarankan pengobatan untuk mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah.

Penanganan di Rumah

  • Aktif secara fisik. Dokter merekomendasikan untuk melakukan 30 menit atau lebih latihan intensitas-moderat seperti jalan cepat setiap hari.
  • Mengurangi berat badan. Pengurangan berat badan dan memelihara kesehatan dapat mengurangi resistensi insulin dan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes
  • Makan makanan yang sehat. Menurut The Dietary Approches to Stop Hypertension (DASH), contoh makanan sehat adalah buah, sayur, ikan dan gandum utuh, selain itu mengurangi konsumsi lemak yang tidak sehat.
  • Berhenti merokok. Merokok dapat memperparah gangguan metabolik.
  • Mengendalikan stres. Aktivitas fisik, meditasi, yoga dan program lain yang dapat mengendalikan stes dan memperbaiki emosi dan fisik seseorang. 

Referensi

Heindel JJ. et al. (2017). Metabolism Disrupting Chemicals and Metabolic Disorders. Reproductive Toxicity, 68, pp. 3-33

Mayo Clinic (2017). Diseases and Conditions. Inherited Metabolic Disorders.

Navab, M. et al. (2008). Inflammation and Metabolic Disorders. Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care, 11(4), pp. 459-464

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini