Kesehatan Fisik

Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Kardiovaskuler

Dipublish tanggal: Sep 4, 2019 Update terakhir: Sep 16, 2020 Waktu baca: 3 menit

Apakah Anda mengetahui contoh penyakit kardiovaskuler paling umum? Penyakit kardiovaskuler paling umum contohnya adalah stroke dan penyakit jantung

Beberapa faktor penyebab terjadinya penyakit kardiovaskuler adalah pola hidup tidak sehat, merokok, tidak aktif bergerak atau jarang berolahraga, sering makan makanan berlemak dan tidak bergizi, serta terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Penyakit kardiovaskuler tergolong dalam penyakit berbahaya karena menurut WHO, sebanyak 17,6 juta kasus kematian tiap tahunnya disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler. 

Jenis-jenis Penyakit Kardiovaskuler

Sistem kardiovaskuler dalam tubuh berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Apabila sistem kardiovaskuler terganggu atau mengalami penyumbatan, maka bisa menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskuler. Selain stroke dan serangan jantung, ada beberapa jenis penyakit kardiovaskuler lainnya, antara lain : 

Penyakit jantung koroner 

Penyakit jantung koroner terjadi akibat penumpukan plak sehingga menyebabkan pembuluh arteri menyempit. Akibatnya, pasokan darah kejantung menjadi berkurang dan terhambat alirannya. Penyakit jantung koroner harus segera ditangani karena apabila tidak, akan menimbulkan penyakit lain seperti aritmia, seragan jantung, hingga gagal jantung.

Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan penyakit akibat adanya gangguan pada otot jantung serta dapat menyebabkan penyakit serius lain seperti gangguan katup jantung, penggumpalan darah, henti jantung, hingga gagal jantung.

Aritmia

Aritmia merupakan penyakit akibat tidak normalnya detak jantung misalnya terlalu lambat terlalu cepat, dan bahkan tidak teratur. Aritmia biasanya disebabkan karena implus elektrik pengatur detak jantung mengalami gangguan dan tidak bisa bekerja secara optimal. 

Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer merupakan kondisi saat terjadinya penumpukan plak di pembuluh arteri sehingga menyebabkan aliran darah ke kaki terhambat. Akibatnya, kaki akan sakit ketika dibuat brjalan karena kaki kekurangan pasokan darah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Deep vein thrombosis (DVT)

Deep vein thrombosis (DVT) merupakan kondisi saat adanya gumpalan darah di pembuluh darah vena, biasanya terjadi di betis dan paha. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa gumpalan darah akan sampai ke paru-paru dan menyebabkan penyakit paru-paru seperti emboli paru

Biasanya kondisi ini terjadi di bagian paha dan betis. Pada beberapa kasus, gumpalan darah ini dapat mengalir ke paru-paru dan menyebabkan komplikasi serius, seperti emboli paru.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovakuler?

Cara menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler bermacam-macam, diantaranya : 

Meningkatkan konsumsi serat

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, maka kadar kolesterol jahat (LDL) dapat dikurangi. Maka, perlu banyak konsumsi serat minimal 30 gram per hari untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler.

Membatasi makanan berlemak 

Makan makanan berlemak secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda, karena kolesterol akan menumpuk dan nantinya akan menyumbat pembuluh darah jantung. 

Olahraga rutin

Dengan berolahraga minimal 30 menit sehari secara rutin, maka resiko terkena penyakit jantung akan menurun. 

Berhenti merokok

Kebiasaan merokok adalah kebiasaan buruk dan membahayakan kesehatan tubuh. Di dalam rokok, terdapat bahan kimia yang dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit bahkan rusak. 

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan paru-paru. Maka, dengan mengetahui efek samping rokok, sebaiknya Anda membatasi kegiatan merokok Anda dan menggantinya dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

  • Istirahat cukup
  • Menjaga berat badan
  • Mengelola stress
  • Periksa secara rutin ke dokter

Jadi, sebaiknya Anda mulai dari sekarang menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda., karena penyakit kardiovaskuler merupakan suatu penyakit serius dan tidak bisa dianggap remeh. Aabila terjadi keluhan segera konsultasikan dengan dokter terdekat.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cardiovascular disease: Types, symptoms, prevention, and causes. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/257484.php)
Heart Disease: Risk Factors, Prevention, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/heart-disease)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app