Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Fluocinolone: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 6, 2019 Tinjau pada DEC 6, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.642.130 orang

Kortikosteroid, yang sering dikenal sebagai steroid, adalah obat anti-inflamasi yang diresepkan untuk berbagai kondisi. Kortikosteroid tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tablet (steroid oral), suntikan, inhaler (seperti semprotan mulut atau hidung), lotion, gel atau krim (steroid topikal). Kortikosteroid umumnya digunakan untuk mengurangi peradangan dan menekan sistem kekebalan tubuh.

Krim dan salep kortikosteroid topikal diterapkan pada kulit untuk mengurangi peradangan pada kondisi seperti eksim, dermatitis, dan reaksi alergi pada kulit. Hal yang paling penting untuk diingat mengenai krim dan salep kortikosteroid topikal yaitu harus dioleskan dengan sangat tipis. Hal ini untuk meminimalkan jumlah yang diserap melalui kulit ke dalam tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Nah, pada artikel ini akan membahas salah satu jenis kortikosteroid topikal atau krim yang biasa digunakan untuk mengatasi peradangan pada kulit. Obat tersebut yaitu Fluocinolone. Berikut pembahasan lebih lanjut mengenai pengunaan obat Fluocinolone. Selamat membaca.

Mengenai Fluocinolone

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Krim, salep, shampoo

Kandungan:

Kortikosteroid

Kegunaan Fluocinolone

Obat Fluocinolone merupakan obat topikal yang digunakan untuk mengobati gatal-gatal, kemerahan, kulit kering, pengerasan kulit, peradangan, dan ketidaknyamanan berbagai kondisi kulit termasuk dermatosis inflamasi, dermatitis, psoriasis, jaringan hipertrofik, jaringan keloid dan dermatitis atopik.

Fluocinolone termasuk dalam kelas obat yang disebut kortikosteroid, obat ini bekerja dengan cara mengaktifkan bahan alami di kulit untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal pada kulit. Obat Fluocinolone dapat digunakan sebagai bagian dari terapi kombinasi. Hal ini berarti mungkin perlu menggunakannya dengan obat-obatan lain.

Iklan dari HonestDocs
Beli DEXTAMINE Kaplet via HonestDocs

DEXTAMINE digunakan untuk mengurangi reaksi alergi yang serius dan menekan proses peradangan yang terjadi pada tubuh. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Dextamine tab 1

Dosis Fluocinolone

Obat Fluocinolone merupakan obat yang dapat diperoleh berdasarkan resep dokter. Obat ini tersedia dalam berbagai macam sediaan seperti, krim, salep, larutan, sampo, dan minyak. Berikut dosis obat Fluocinolone yang biasa diberikan:

  • Dosis obat Topikal / Kulit untuk Dermatosis kortikosteroid responsif: Dewasa: 0,0025-0,025% krim / gel / lotion / salep / lotion kulit kepala: Oleskan ke area yang terkena 3-4 kali sehari.

Dokter akan memberikan dosis obat sesuai dengan tanda dan gejala yang Anda alami. Ikuti petunjuk pada label resep dengan hati-hati, dan minta dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti. Gunakan obat Fluocinolone topikal persis seperti yang diarahkan. Kondisi kulit Anda harus membaik selama 2 minggu pertama saat penggunaan obat ini. Hubungi Anda jika gejala Anda tidak membaik selama waktu ini.

Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum mengkonsumsi obat.

Efek samping Fluocinolone

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama. Seperti halnya dalam penggunaan obat Fluocinolone topika yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Kulit kering atau pecah-pecah
  • Kemerahan
  • Iritasi kulit
  • Jerawat
  • Gatal
  • Rasa terbakar pada kulit

Jika setelah mengkonsumsi obat Fluocinolone terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera datangi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. 

Perhatian dan peringatan penggunaan Fluocinolone

Sebelum Anda menggunakan obat Fluocinolone, beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap obat tersebut atau bahan-bahan di dalamnya. Hati-hati penerapan jangka panjang obat Fluocinolone pada daerah kelopak mata dan kulit di sekitarnya karena dapat menyebabkan penipisan epidermal, telangiectasia, dan striae (terutama wajah), peningkatan tekanan intraokular, katarak, glaukoma, ulkus kornea dan peningkatan tekanan intrakranial.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Jangan gunakan obat Fluocinolone topikal masuk ke mata atau mulut Anda dan jangan menelan obat Fluocinolone. Hindari penggunaan pada daerah wajah, di area genital dan dubur, dan di lipatan kulit dan ketiak kecuali diarahkan oleh dokter untuk digunakan di area tersebut. Jangan menambah, mengurangi dan menghentikan dosis obat tanpa ada anjuran dan saran dari dokter.

Selama kehamilan, obat ini harus digunakan hanya ketika jelas dibutuhkan. Diskusikan kembali risiko dan manfaat obat tersebut dengan dokter. Tidak diketahui apakah obat ini masuk ke ASI saat dioleskan ke kulit. Konsultasikan dengan dokter sebelum menyusui.

Jangan gunakan obat ini jika ada infeksi atau luka di daerah yang akan diobati. Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker mengenai riwayat kesehatan Anda, terutama dari sirkulasi darah yang buruk, diabetes dan masalah sistem kekebalan tubuh.

Jangan membungkus atau membalut area yang sakit kecuali dokter menyarankan Anda untuk melakukannya. Penggunaan seperti itu dapat meningkatkan efek samping. Jangan menggunakan kosmetik atau produk lain di area yang sakit tanpa berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan terhadap kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp