Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Kesehatan Fisik

Efek Berbahaya Dari Kebiasaan Merokok

Update terakhir: NOV 14, 2019 Tinjau pada NOV 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.009.124 orang

Efek Berbahaya Dari Kebiasaan Merokok

Merokok dikenal sebagai faktor risiko utama yang dapat mengakibatkan kanker, gangguan pernapasan dan jantung, komplikasi kehamilan, permasalahan kesehatan mulut, dan juga peningkatan kemungkinan penyakit katarak.

Walau begitu, masih banyak perokok yang belum mewaspadai efek rokok terhadap tubuh. Padahal, peringatan bahaya merokok sering kita jumpai didalam setiap kemasan rokok. Namun, tampaknya peringatan ini tidak mempengaruhi seseorang untuk berhenti merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Kandungan zat rokok yang bersifat racun tersebut berpotensi merusak sel-sel tubuh manusia. Selain itu, kandungan zat karsinogenik yang terkandung di dalamnya dapat memicu kanker.

Jumlah senyawa yang saat ini yang baru diketahui bersifat karsinogenik sudah mencapai 70 jenis. Kandungan tersebut berasal dari bahan baku rokok itu sendiri, yaitu tembakau.

Oleh karena itu, sudah saatnya bagi Anda untuk mengatakan “Say No to Smoke!” sebelum kandungan-kandungan zat berbahaya ini merusak tubuh dan membahayakan para perokok pasif lainnya.

Kandungan zat dalam rokok

Dalam satu batang rokok terkandung berbagai zat kimia yang membahayakan bagi tubuh dan dapat menurunkan kualitas kesehatan, diantaranya adalah:

1. Nikotin

Kandungan yang mengakibatkan perokok merasa rileks, lebih bersemangat dan dapat membuat kecanduan. Nikotin merangsang otak dengan membuat zat endorphin lebih banyak dari keadaan normal. Zat endorphin ini memiliki efek yang sama dengan morphin yaitu memberikan rasa rileks bagi para pengguna. Selain itu, nikotin menjadi salah satu zat yang bisa membahayakan nyawa perokok dan orang yang menghirup asap rokok.

2. Tar

Salah satu kandungan lainnya yang berbahaya adalah tar. Tar adalah senyawa kimia yang terdapat dalam asap hasil pembakaran dan memiliki sifat karsinogenik. Oleh karena itu, tar menyebabkan para perokok kerap mengalami masalah jantung, pernapasan, dan juga kanker.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

3. Karbon Monoksida

Merupakan senyawa gas beracun yang tidak memiliki rasa dan bau. Akibatnya, tubuh menjadi kesulitan untuk membedakan karbon monoksida dan oksigen. Sel-sel darah merah akan lebih banyak mengikat karbon monoksida dibanding dengan oksigen. Apabila senyawa ini terhirup, maka fungsi otot dan jantung akan menurun, lelah, lemas, dan pusing.

4. Sianida

Merupakan zat beracun yang mematikan. Efek dari senyawa ini dapat melemahkan paru-paru, menyebabkan kelelahan, sakit kepala, dan mual.

5. Benzoapirena

Kandungan ini memiliki hubungan terkait dengan kanker paru-paru dan kanker kulit. Selain kanker, senyawa ini juga berpotensi merusak tingkat kesuburan seorang perokok baik pria maupun wanita. Dan dapat menyebabkan impotensi pada para pria.

6. Oksida Nitrat

Senyawa yang timbul akibat pembakaran dengan memakai bensin sebagai bahan bakar. Penelitian mengatakan bahwa oksida nitrat dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer, Parkinson, penyakit Huntington, dan asma.

7. Kromium

Senyawa ini terkait dengan kanker paru-paru.

8. Asetaldehida

Bahan karsiongen ini biasa dipakai dalam industri resin dan lem.Berpotensi dapat mempermudah penyerapan bahan kimia berbahaya dalam saluran bronkus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Efek rokok terhadap kesehatan tubuh

Merokok merusak hampir seluruh organ dalam tubuh Anda dan juga merusak sistem kekebalan tubuh. Terdapat berbagai penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan akibat merokok. 

Berikut adalah bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang dapat menjadi wawasan pertimbangan Anda untuk berhenti:

1. Kanker paru-paru

Sebanyak 87 % kematian disebabkan oleh kanker paru-paru. Angka kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru lebih banyak dibandingkan dengan jenis kanker lainnya.

Kanker jenis ini sangat mudah terjadi karena asap yang dihirup rokok akan masuk ke dalam paru-paru dan dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi saluran nafas dan jaringan paru-paru pada saluran napas besar. Terjadi peningkatan jumlah sel radang dan kerusakan alveoli.

2. Kanker kerongkongan

Hasil penelitian menemukan bahwa asap rokok merusak DNA dari sel-sel esofagus sehingga menyebabkan kanker kerongkongan. Sekitar 80% kasus kanker esofagus telah dikaitkan dengan merokok.

Asap rokok yang mengandung bahaya nikotin, tar yang merusak sel esofagus secara perlahan yang menyebabkan kanker kerongkongan. Gejalanya antara lain kerongkongan terasa perih, kesulitan menelan, suara menjadi serak, pembengkakakan sekitar leher, demam tinggi dan menggigil.

3. Kanker mulut

Tembakau adalah penyebab utama kanker mulut. Studi mengatakan bahwa perokok 6 kali lebih besar mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

4. Penyakit jantung

Selain paru-paru, organ tubuh lainnya yang dapat rusak akibat merokok adalah jantung. Merokok meningkatkan risiko kematian penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

Zat karbon monoksida yang terkandung dalam nikotin rokok dapat mengakibatkan jantung kesulitan memompa darah dengan normal. Jika darah yang dipompa tersendat sendat dan berjumlah sangat sedikit maka akan memicu serangan jantung mendadak.

Gejalanya antara lain adalah rasa nyeri, cepat lelah ketika berjalan jauh, detak jantung cepat, mudah lelah dan mudah haus.

5. Impotensi pada pria

Pada perokok aktif, zat nikotin akan mengakibatkan peningkatan disfungsi ereksi. Zat pada rokok merusak pembuluh darah dan arteri dan menyumbat aliran darah ke penis. Jika kondisi ini terus berlanjut, dapat mengakibatkan impotensi pada para pria.

6. Stroke

Kebiasaan merokok dapat menyebabkan stroke. Stroke terjadi karena suplai darah ke otak sementara terhenti. Hal itu menyebabkan sel otak kekurangan oksigen dan mulai mati. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan, susah berbicara, perubahan fungsi otak, dan kematian.

7. Penyakit asma

Bahaya asap rokok yang di hirup menyumbang timbulnya penyakit asma pada orang perokok pasif dan perokok aktif.

8. Gangguan kehamilan

Merokok pada saat hamil dapat menyebabkan pertumbuhan janin lambat dan meningkatkan risiko cacat bayi , berat badan rendah dan keguguran pada kehamilan.

9. Katarak

Merokok berpotensi menyebabkan gangguan mata katarak sekita 50% dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

10. Menyebabkan penebalan arteri

Nikotin dan tar yang ada pada rokok dapat menggagalkan proses penghancuran lemak dalam pencernaan sehingga menyumbat arteri yang ada dalam tubuh menjadi penuh yang diakibatkan pengendapan lemak.

Kondisi ini menyebabkan arteri menebal dan menyumbat aliran darah dan dapat menyebabkan kematian mendadak.

11. Penyakit paru obstruktif kronik

Kondisi ini menyebabkan aliran darah terhalangi sehingga membuat seseorang sulit bernapas, dan sekitar 80 persen kasus ini disebabkan oleh rokok. Kondisi ini bisa menyebabkan terjadinya emfisema dan bronkitis kronis (batuk dengan banyak lendir yang terjadi terus menerus selama 3 bulan).

12. Kerusakan pada jaringan bawah kulit

Zat yang ada pada rokok mampu mengikis kolagen kulit dan mengacaukan keseimbangan kulit dan berdampak pada penuaan dini, dehidrasi, kering, kusam, bersisik, mudah luka dan nampak tua.

Sekarang setelah Anda tahu kandungan zat dan penyakit berbahaya akibat merokok, mulailah belajar menghentikan kebiasaan merokok dan hidup sehat tanpa rokok agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit